Rabu, 21 April 2021

Materi Ajar hari rabu 21 April 2021

 MATERI AJAR

 

Hari/ tanggal               : Rabu, 21 April 2021

Kelas / Semester          : II (Dua) / 2

Tema                           : 8 (Keselamatan di Rumah dan Perjalanan)

Sub Tema 2                 : Menjaga Keselamatan di Rumah

Pembelajaran               : 3

 

FOKUS PEMBELAJARAN :   Bahasa Indonesia, Matematika

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Peserta didik mampu menemukan penggunaan tanda titik sesuai aturan pada kalimat yang telah dibaca.

2.      Peserta didik mampu menentukan konversi satuan waktu.

3.      Peserta didik mampu menentukan lama waktu kegiatan dalam satuan jam.

  

 


 Morning My beloved students. Are you ready for the awesome day!!

Before we come to our lesson Let's say Basmallah..

BIsmillahirrohmannirrohiim.

Sebelum kita mulai pembelajaran sudahkah anak sholeh dan sholehah melaksanakan sholat dhuha dan murojaah surat surat pendek nya? Jikalau sudah Alhamdulilah..

Kemarin kita sudah mempelajari tema 8 subtema 2 pembelajaran 1 dimana kita sudah mengetahui tentang Aturan keselamatan. Dan hari ini kita masuk ke pembelajaran tema 8 subtema 2 pembelajaran 3

Sebelum mulai belajar ada baiknya kita melihat video dibawah ini terlebih dahulu. Check it out


VIDEO PEMBELAJARAN


 

RINGKASAN MATERI

Masih ingatkah kamu aturan penggunaan tanda titik pada kalimat?

Bacalah kembali kalimat berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!

1. Teman-teman, piala ini aku peroleh ketika masih kelas I SD.

2. Waktu itu aku juara lomba mewarnai.

3. Aku selalu merawatnya sampai sekarang agar tahan lama.

Kalimat-kalimat di atas selalu diberi tanda titik di akhir kalimat.

Selain itu, tanda titik juga digunakan untuk memisahkan angka yang menunjukkan waktu.

Misalnya saja pukul delapan, ditulis pukul 08.00.

Pada pukul 08.00, tanda titik digunakan pemisah antara bilangan jam dan menit.

 


Tanda titik digunakan untuk memisahkan angka yang menunjukkan waktu. Misalnya, pemisah antara angka jam dan menit. Perhatikan gambar berikut dengan teliti!

Lama kegiatan selama 1 jam. 1 jam = 60 menit.

 


TUGAS

Buatlah kalimat darikegiatan mu sehari-hari (maksimal 5 kegiatan) dan sertakangambar jam nya! Jangan lupa tanda titik pemisah antara jam dan menitnya ya.

Misal :

1. Budi belajar pukul 20.00 malam


Senin, 19 April 2021

Materi ajar Bahasa Inggris Selasa 20 April 2021

 Hari /Tanggal               : Selasa, 20 April 2021

Kelas                            : 2 (Dua)
Bidang Study              : Bahasa Inggris
Tema                            : House
Sub tema                     : Parts of House
Pembelajaran ke-       : 13
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengetahui bagian-bagian rumah dalam Bahasa Inggris dengan baik
2. Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian rumah dalam Bahasa Inggris 






Hello my students. how are you today? 
I hope all of you in a good condition. 
 
Are you ready to study again?
Pasti semua sudah siap ya
Selamat pagi Ayah Bunda serta anak sholeh dan sholehah.
Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan dalam melaksanakan kegiatan sehari hari. Salah satunya kegiatan belajar mengajar yang kita lakukan secara daring ini.

Jangan lupa ya anak sholeh dan sholehah tetap istiqomah dalam beribadah, sholat 5 waktu, membaca alquran, murojaah dan doa sehari hari nya dilaksanakan setiap hari. 

Last week we have learned about part ob body and five senses, and today we are going to learn about part of house. 


Parts of house dalam bahasa Indonesia berarti Bagian-bagian rumah. Apakah anak-anak mengenal bagian-bagian rumah dengan baik? Dapatkan anak-anak menyebutkan bagian-bagian rumah dalam bahasa Inggris?
Mari simak video YouTube berikut ya:



PART OF HOUSE

1. Living room
In living room, there are sofa, TV, Bookshelf, pictures
2. Dining room
In dining room, there are table, chair, tea pot
3. Kitchen
In the kitchen, there are plate, cooker, spoon
4. Bathroom
In the bathroom, there are bath tub, towel, soap and shampoo

5. Bedroom
In the bedroom, there are pillow, blanket, bed, drawer

TUGAS
1 . You can find pillow in the.... 
2. You can find the soap and shampo in the.. 
3. You can find plate in the... 
4. You can find sofa in the... 
5. You can find tea pot in the... 
      

Materi Ajar Senin 19 April 2021

 MATERI AJAR

 

Hari/ tanggal               : Senin, 19 April 2021

Kelas / Semester          : II (Dua) / 2

Tema                           : 8 (Keselamatan di Rumah dan Perjalanan)

Sub Tema 2                 : Menjaga Keselamatan di Rumah

Pembelajaran               : 1

 

FOKUS PEMBELAJARAN :   Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Peserta didik mampu menemukan penggunaan huruf kapital (nama orang, nama agama) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca.

2.      Peserta didik mampu menentukan konversi satuan waktu.

3.      Peserta didik mampu menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam.

4.      Peserta didik mampu mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan.

KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonesia

3.10 Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan, nama orang, nama agama), serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar.

 

Matematika

3.6  Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

 

SBdP

3.3  Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.

4.3  Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari.

 

santun.

 


 


 Morning My beloved students. Are you ready for the awesome day!!

Before we come to our lesson Let's say Basmallah..

BIsmillahirrohmannirrohiim.

Sebelum kita mulai pembelajaran sudahkah anak sholeh dan sholehah melaksanakan sholat dhuha dan murojaah surat surat pendek nya? Jikalau sudah Alhamdulilah..

Kemarin kita sudah mempelajari tema 8 subtema 1 pembelajaran 1-5 dimana kita sudah mengetahui tentang kebersamaan. Dan hari ini kita masuk ke pembelajaran tema 8 subtema 2 pembelajaran 1

Sebelum mulai belajar ada baiknya kita melihat video dibawah ini terlebih dahulu. Check it out

Video pembelajaran


VIDEO PEMBELAJARAN


 

RINGKASAN MATERI

Udin membersihkan kartu pelajar kakak. Kartu pelajar juga merupakan dokumen penting. Kita harus menjaganya dengan baik. Bacalah identitas kartu pelajar kakak Udin berikut!



Setiap nama orang, harus ditulis dengan huruf kapital. Misalnya saja nama Mutiara.

Penulisannya harus mengikuti aturan penggunaan huruf kapital

 

Gerakan ketika membersihkan dokumen dengan kemoceng dapat dibuat dalam bentuk tari. Gerakan tari dilakukan dalam posisi duduk dan berdiri.


 Lama waktu kegiatan tersebut 1 jam.

Jika jarum panjang berputar 1 kali putaran, dikatakan 1 menit.

Jika jarum panjang berputar 60 kali putaran, dikatakan dengan 1 jam.

TUGAS

Kerjakan modul tematik Matematika halaman 92 no. 1-5

Jumat, 16 April 2021

Materi Ajar Jumat 16 april 2021

 MATERI AJAR

Hari/Tanggal                : Jumat, 16 April 2021

Kelas/Semester            : II (Dua) / 2

Tema   8                      : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Sub Tema 1                 : Keselamatan di Rumah

Pembelajaran               : 6

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan penugasan, siswa dapat mendemonstrasikan  isi teks permintaan maaf dalam  menjaga kerukunan hidup dalam keluarga dengan bahasa yang santun.

2.      Dengan menggunakan salah satu alat musik ritmis, siswa dapat mengidentifikasi pola irama rata dengan alat music ritmis dengan teliti.

3.      Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat membaca waktu yang ditunjukkan oleh jam dengan menggunakan satuan waktu (jam, menit) dengan teliti.

4.      Dengan penugasan, siswa dapat memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan waktu secara teliti.

 

yang santun.

 


 


 Morning My beloved students. Are you ready for the awesome day!!

Before we come to our lesson Let's say Basmallah..

BIsmillahirrohmannirrohiim.

Sebelum kita mulai pembelajaran sudahkah anak sholeh dan sholehah melaksanakan sholat dhuha dan murojaah surat surat pendek nya? Jikalau sudah Alhamdulilah..

Kemarin kita sudah mempelajari tema 8 subtema 1 pembelajaran 1-5 dimana kita sudah mengetahui tentang kebersamaan. Dan hari ini kita masuk ke pembelajaran tema 8 subtema 1 pembelajaran 6

Sebelum mulai belajar ada baiknya kita melihat video dibawah ini terlebih dahulu. Check it out

Video pembelajaran


 

Materi Pembelajaran

Bacalah kalimat-kalimat tanya berikut dengan nyaring!

1. Naik apa tadi ke sini?

2. Siapa saja yang diundang Udin?

3. Pukul berapa acaranya dimulai?

4. Di mana ibu guru, ya?

5. Bagaimana kalau sambil menunggu kita minum  saja dulu?  

Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya. Tentu kamu masih ingat dengan kalimat tanya,

bukan?

Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.

 

Udin dan teman-teman berdoa bersama sebelum minum. Berdoa merupakan salah satu contoh perwujudan menjalankan ibadah. Mereka berdoa sesuai ajaran agama masing-masing.

Mereka tidak saling memaksakan kehendak. Udin dan teman-teman menunjukkan sikap hidup rukun. Sikap hidup rukun merupakan wujud persatuan dalam keragaman.

 

Ada bilangan 1 sampai dengan 12, bukan?

Sehari semalam ada 24 jam.

Jadi dalam sehari, jam berputar penuh sebanyak 2 kali.

Setelah pukul 12.00 siang, penulisan waktu tidak kembali ke pukul 01.00. Penulisan diteruskan ke pukul 13.00 hingga pukul 24.00. Pukul 24.00 sama dengan pukul 12 malam.

 



 TUGAS

Hari ini kita akan melaksanakan ulangan tema 8 subtema 1 

silahkan klik link dibawah ini ya..

https://forms.gle/2QUVhM6JYHEJq5g9A

Selamat mengerjakan anak soleh soleha, semoga mendapatkan hasil yang memuaskan

Kamis, 15 April 2021

Materi Ajar Kamis 15 April 2021

 MATERI AJAR

 

Hari/Tanggal                : Kamis, 15 April 2021

Kelas/Semester            : II (Dua) / 2

Tema   8                      : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Sub Tema 1                 : Keselamatan di Rumah

Pembelajaran               : 5

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat membaca kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.

2.      Dengan tanya jawab, siswa dapat menceritakan pengalaman melakukankegiatan yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah menggunakan gambar/poster dengan bahasa yang santun.

 


 


 Morning My beloved students. Are you ready for the awesome day!!

Before we come to our lesson Let's say Basmallah..

BIsmillahirrohmannirrohiim.

Sebelum kita mulai pembelajaran sudahkah anak sholeh dan sholehah melaksanakan sholat dhuha dan murojaah surat surat pendek nya? Jikalau sudah Alhamdulilah..

Kemarin kita sudah mempelajari tema 8 subtema 1 pembelajaran 1-4 dimana kita sudah mengetahui tentang kebersamaan. Dan hari ini kita masuk ke pembelajaran tema 8 subtema 1 pembelajaran 5

Sebelum mulai belajar ada baiknya kita melihat video dibawah ini terlebih dahulu. Check it out


Video pembelajaran


 

Materi ajar

Udin dan teman-teman bermain di halaman rumah. Mereka bermain gerakan dasar memutar. Mereka juga bermain gerakan dasar menekuk. Gerakan dasar dapat dilakukan di halaman rumah. Keadaan halaman rumah perlu diperhatikan ketika bermain. Oleh karena itu, halaman rumah harus bersih dan

tidak licin. Halaman rumah yang kotor harus dibersihkan. Air yang tergenang juga harus dikeringkan terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk keselamatan ketika bermain.

 

Bacalah kutipan percakapan Udin dan temanteman

berikut dengan benar!

1. Bagaimana ya cara kita mengeringkannya?

2. Bagaimana kalau kita gunakan alat pel karet

untuk mengalirkan airnya?

3. Di mana kita mendapatkan alat pel karet?

4. Siapa yang punya?

Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya.

Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan

sesuatu.

Di setiap akhir kalimat tanya, selalu dibubuhkan

tanda tanya (?).

Kita dapat menggunakan kata siapa, di mana, dan

bagaimana pada kalimat tanya.

 

TUGAS :



Amati gambar di atas, 

lalu buatlah pertanyaan yang sesuai dengan gambar menggunakan kata tanya :

mengapa, kapan, siapa, di mana, dan bagaimana!

1. Mengapa ..... 

2. Kapan .....

3. Siapa ....

4. Dimana ...

5. Bagaimana....


Selamat mengerjakan Anak sholeh sholehah