Hari/tanggal : Rabu/28 Juli 2021
Kelas : IV
Tema : 1 (Indahnya Kebersamaan)
Sub tema : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran Ke : 4 dan 5
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu memberikan contoh segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan dengan benar.
2. Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf teks yang dibaca dengan terstruktur.
3. Setelah melakukan demontrasi, siswa mampu menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan terperinci.
4. Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menjelaskan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas Bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan secara terperinci.
5. Dengan mengamati gambar dan langkah-langkah serta peragaan dari guru, siswa mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan benar.
5. Setelah berdiskusi tentang bangun segi banyak pada tangram, siswa mampu menjelaskan perbedaan segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan dengan benar.
💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛
Assalamu'alaikum,
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition.
Are you ready for the great day??
Before we come to our lesson, lets saya Basmallah.
Bismillahirrahmanirrahim.
Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan masih tetap semangat ya😍
Dan sebelum memulai pembelajaran, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya dan juga sarapan agar pembelajaran kita menjadi lancar dan di ridhoi oleh Allah. Amiiin
Untuk hari ini kita akan mempelajari tema 1 sub tema 1 pembelajaran ke 4 dan 5.
Lets check this video..
Pembelajaran 4
Indonesia memiliki banyak keberagaman salah satu nya adalah kain tradisional. Misalnya batik, songket, dan ulos. Jenis jenis kain tersebut merupakan kekayaan bangsa Indonesia.
Perhatikan macam macam kain dibawah ini
Pada kain tersebut diatas terdapat segi banyak. Baik beraturan atau tidak beraturan
Seperti yang telah kamu ketahui sebelumnya, kita hidup penuh dengan keberagaman. Di dalam keluarga, hampir setiap anggotanya berbeda. Di sekolah, kamu mempunyai teman-teman yang berbeda. Di masyarakat, kamu mempunyai tetangga yang berbeda-beda. Tahukah kamu? Perbedaan yang ada di keluarga, sekolah, dan masyarakat akan menjadi indah apabila dilandasi oleh persatuan dan kesatuan.
Apa sebenarnya makna persatuan dan kesatuan?
Untuk menjawabnya, mari kita lakukan kegiatan berikut.
• Ambil sebuah sapu lidi, cabut sebatang lidi
dari sapu tersebut.
• Gunakan sapu dan sebatang lidi tersebut
untuk menyapu.
• Bandingkan hasilnya
Pada umumnya, sapu lidi digunakan untuk menyapu. Bisakah sebatang lidi digunakan untuk menyapu? Tentu saja tidak! Lidi dapat digunakan untuk menyapu jika terdiri atas beberapa puluh atau ratus lidi yang diikat cukup erat menjadi satu.
Dengan menyatukan lidi-lidi dalam satu ikatan akan tercipta kekuatan yang besar. Jadi, persatuan dan kesatuan dapat diartikan kumpulan bagian-bagian yang dipersatukan. Hal itu merupakan bukti pentingnya kekompakan dalam mewujudkan persatuan. Dengan demikian,persatuan tidak mementingkan kepentingan diri sendiri atau kelompok,tetapi lebih mengutamakan kepentingan umum.
Bacalah teks berikut tentang suku minang, salah satu suku di Indonesia
Perhatikan tari buPada pertemuan sebelumnya kamu telah belajar gerakan dasar tari Bungong Jeumpa dalam posisi berdiri. Apakah kamu masih ingat gerakan dasar tersebut?
Sekarang kamu akan mempelajari gerakan dasar berikutnya, yaitu gerakan pada saat posisi duduk.
Amati dan baca keterangan pada gambar berikut
Tugas
Praktekan gerakan dasar tari Bungong Jeumpa pada posisi duduk seperti contoh diatas
Dan kirim ke tugas dalam bentuk foto kolase
Tetap semangat anak sholeh dan sholehah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar