Hari/ Tanggal : Jumat/ 20 Agustus 2021
Kelas : IV
Tema : 2 ( Selalu Berhemat Energi)
Sub tema : 1 (Sumber Energi)
Pembelajaran : 3 dan 4
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi perubahan bentuk
energi angin dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
2. Dengan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan
tentang perubahan bentuk energi angin menggunakan kosakata baku
dan kalimat efektif dengan sistematis.
3. Dengan membaca teks visual, siswa mampu mengidentifikasi informasi
yang ada dengan cermat
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri
melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan
masyarakat.
5. Setelah mengerjakan soal, siswa mampu menjelaskan cara melakukan
penaksiran perkalian dan pembagian dengan benar
Assalamu'alaikum,
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition.
Are you ready for the great day??
Before we come to our lesson, lets saya Basmallah.
Bismillahirrahmanirrahim.
Semoga semangat kalian sama seperti semangat para pejuang kita terdahulu ya..
Walau pun kita masih dalam pembelajaran daring semoga tidak mengurangi semangat kalian dalam belajar !!
Dan sebelum memulai pembelajaran, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya dan juga sarapan agar pembelajaran kitaenjadi lancar dan di ridhoi oleh Allah. Amiiin
Sebelumnya kita sudah mempelajari tema 2 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 tentang energi matahari , penggunaan sumber daya alam, tinggi rendah nada dan juga penaksiran bilangan.
Untuk hari ini kita memasuki tema 2 sub tema 1 pembelajaran 3 dan 4
Lets check this video..
Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3
Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2
Ringkasan Materi
Pembelajaran 3
Pada saat berada dilapangan membuat rambut sering bergerak. ernergi apakah yang membuatnya bergerak?
Siti memiliki kincir yang terbuat dari kertas. Ia senang memainkannya.
Kincirnya berputar jika tertiup angin.
Siti belajar membuat kincir angin dari ayahnya. Menurut ayahnya, kincir angin
yang sebenarnya bisa digunakan untuk menggerakkan alat penumbuk padi
atau gandum. Selain itu, juga bisa digunakan untuk menggerakkan alat untuk
memompa air.
Kincir angin dari Kertas
Alat dan bahan:
• Lidi/sumpit kayu
• Gunting
• Lem
• Kertas berbentuk persegi
• Jarum/pin/paku payung
Langkah-langkah pembuatan:
• Ambil kertas lalu ikuti instruksi
pada gambar
• Setelah baling-baling kertas
siap, tempelkan ke ujung sumpit
menggunakan jarum. Pastikan
baling-baling bisa berputar.
Kincir angin dari Plastik
Alat dan bahan:
• Botol plastik bekas
• Gabus bekas tutup botol
• Lidi/sumpit
• Gunting
Langkah-langkah pembuatan:
• Gunting botol plastik menjadi 4
bentuk persegi untuk baling-baling
• Buatlah 4 sayatan sepanjang
baling-baling plastik, atur agar
jaraknya sama.
• Masuk an baling-baling ke dalam
setiap sayatan tersebut.
• pasang sumpit/lidi di bagian
tengah gabus
• Kincir siap digunakan
Tambahan:
Potongan bagian dasar botol, buat dua
lubang di sisi kanan dan kiri badan
botol. Masukan dan pasangkan balingbaling plastik ke dalam
Salah satu sumber energi adalah energi listrik, energi listrik digunakan manusia dalam kehidupan sehari hari.
Perhatikan gambar berikut
Menceritakan aktifitas sesorang dirumah sedang menonto televisi. telvisi memanfaatkan energi listrik agar bisa bekerja.selain itu dalam ruangan juga terdapat kulkas dan AC.
2. Sebutkan peristiwa pada gambar yang terkait dengan sumber energi?
Menghidupkan televisi
Menghidupkan AC
Menghidupkan kulkas
Menghidupkan AC
Pembelajaran 4
Gagasan pokok pada gambar tersebut adalah manfaat energi listrik dalam kehidupan sehari hari.
Listrik merupakan sumber energi yang membantu kita melakukan aktivitas
sehari-hari. Dengan adanya energi listrik, kita dapat menyalakan lampu,
televisi, radio , setrika listrik dan lain-lain. Kita semua berhak mendapatkan
energi listrik. Kewajiban kita adalah menghemat penggunaannya
Sekedar mematikan lampu saat tidur. Menyalakan barang
elektronik hanya ketika kita butuhkan adalah hal sederhana
yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi listrik.
Menggunakan listrik dengan bijak adalah ketika kita
menghematnya. Hemat energi listrik artinya kita sudah
melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang.
Lihatlah contoh soal berikut ini
1. Ayah Siti ingin membeli 4 bola lampu. Berapa taksiran uang yang Siti bayar?
Siti membeli 4 buah lampu
Bearti 4 X bola lampu
4 X 15.350
lalu dilakukan penaksiran dari 15.350 menjadi 15. 500
jadi 4 X 15.500 = 60.000
2. Ayah Siti membawa uang Rp. 100.000. Berapa meter taksiran kabel yang bisa dibeli?
Harga kabel 9.450 per meter. Artinya taksiran kabel 9.450 menjadi 10.000
100.000 : 10.000 = 10 meter kabel.
Tugas
Membuat kincir angin dari kertas.
Selamat mengerjakan!!
Dan tetap semangat ya😊😊
Tidak ada komentar:
Posting Komentar