Selasa, 07 September 2021

Materi ajar Rabu, 08 september 2021

Hari/ Tanggal  : Rabu/ 08 September 2021

Kelas                : IV

Tema                :3 ( Peduli terhadap mahluk hidup) 

Sub tema         : 1 (Hewan dan Tumbuhan di lingkungan rumahku)

Pembelajaran  :  5 dan 6 


Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran 5

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka. 

2. Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan diberikan panduan pertanyaan, siswa mampu menjelaskan cara mengapresiasi karya seni kolase. 

3. Setelah mencermati langkah-langkah melakukan penaksiran, siswa mampu menjelaskan konsep penaksiran operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan. 


Pembelajaran 6

1. Setelah membaca, mencermati langkah-langkah, dan berlatih, siswa mampu menerapkan keterampilan dalam melakukan wawancara dengan tepat. 

2. Dengan melakukan refleksi, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. 




Assalamu'alaikum, 
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

Are you ready for the great day?? 
Before we come to our lesson,  lets saya Basmallah. 
Bismillahirrahmanirrahim. 

Semoga semangat kalian sama seperti semangat para pejuang kita terdahulu ya..
Walau pun kita masih dalam pembelajaran daring semoga tidak mengurangi semangat kalian dalam belajar !! 
Dan sebelum memulai pembelajaran, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya dan juga sarapan agar pembelajaran kita meenjadi lancar dan di ridhoi oleh Allah. Amiiin

Sebelumnya kita sudah mempelajari tema 3 subtema 1 pembelajaran 3 dan 4 dan tentang bagian bagian tumbuhan.
Untuk hari ini kita memasuki tema 3 sub tema 1 pembelajaran 5 dan 6

Lets check this video..

Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 5 



Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 6




Ringkasan Materi

Pembelajaran 5

Dipembelajaran sebelumnya kita sudah belajar tentang padi. Perhatikan gambar berikut.



Dari teks diatas bisa kita simpulkan bahwa Kondisi dan karakteristik alam yang berbeda mempengaruhi jenis tumbuhan yang hidup di sekitar wilayah tersebut.

Tumbuhan di sekitar kita memberi banyak manfaat bagi manusia. Selain untuk makanan, tumbuhan juga dapat dimanfaatkan untuk karya seni, seperti karya seni kolase yang telah kamu buat.
Karya seni kolase itu bisa dipresiasikan. Apresiasi seni merupakan suatu penilaian terhadap suatu karya seni, mulai dari mengenali, menilai, dan menghargai makna atau nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni tersebut. Hasil karya seni kolase yang telah kalian buat menurut Miss sudah sangat bagus, ada yang membuat kolase ikan, bunga, tumbuhan, burung merak,dan lain lain. Miss harapkan kedepannya kalian bisa membuat kolase dengan lebih baik lagi. 

Apakah kamu masih ingat cara melakukan penaksiran terhadap pecahan? Sekarang ayo kita coba menaksir penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Kamu akan berlatih melakukan penaksiran terhadap penjumlahan dan pengurangan pecahan. Sebelumnya perhatikan soal cerita berikut. Contoh: Seorang petani berjalan 3 1/10 km dari rumahnya menuju sawah. Setelah itu, ia berjalan lagi sejauh 2 4/5 km ke ladangnya. Taksirlah berapa km petani tersebut berjalan? Kamu hanya perlu mengetahui berapa km petani tersebut berjalan. Oleh sebab itu, kamu bisa menaksir jumlah 3 1/10 dan 2 4/5 . Bagaimana caranya?







Berikut Miss berikan contoh melalui video 


Pembelajaran 6

Sebelumnya kamu telah belajar bagaimana membuat pertanyaan yang baik untuk wawancara.
Agar hasil wawancara maksimal, maka pewancara perlu memperhatikan hal-hal penting berikut, baik sebelum melakukan wawancara, ketika melakukan wawancara, maupun setelah melakukan wawancara

Sebelum Melakukan Wawancara 
1. Buat janji dan minta kesediaan narasumber untuk diwawancarai. 
2. Tunjukkan kesan yang baik, misalnya datang tepat waktu. 
3. Berpakaian dengan sopan. 
4. Berbicara dan bersikap santun. 
5. Menyiapkan daftar pertanyaan yang sesuai dengan pokok permasalahan. 
6. Pertanyaan yang baik mengandung unsur ADIK SIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana). 
7. Berlatih agar tidak selalu membaca pertanyaan yang telah disusun.

Ketika Sedang Melakukan Wawancara 
1. Perkenalkan diri sebelum wawancara. 
2. Sampaikan tujuan wawancara. 
3. Mulai wawancara dengan pertanyaan yang ringan. 
4. Cairkan suasana dengan menanyakan tentang kegemaran tokoh. Jika suasana sudah cair, baru hubungkan dengan persoalan yang menjadi topik wawancara. 
5. Sebutkan nama narasumber secara lengkap. 
6. Bawa buku catatan, alat tulis, atau alat perekam saat melakukan wawancara. 
7. Dengarkan pendapat dan informasi dari narasumber secara saksama.
8. Hindari memotong ucapan nara sumber agar keterangan tidak terputus. 
9. Hindari minta pengulangan jawaban dari narasumber. 
10. Hindari pertanyaan yang berbelit-belit. 
11. Hormati petunjuk narasumber. 
12. Hindari pertanyaan yang menyinggung dan menyudutkan narasumber. 
13. Mampu mengambil kesimpulan dan tidak semua jawaban dicatat

Setelah Melakukan Wawancara 
1. Mohon diri. 
2. Ucapkan terima kasih. 
3. Sampaikan permohonan maaf jika selama wawancara ada hal yang kurang berkenan


TUGAS
*Buatlah video wawancara singkat  dengan anggota keluarga dengan tema tumbuhan * 

Selamat mengerjakan!! 
Dan tetap semangat ya😊😊

Dan jangan lupa tetap jaga kesehatan dan terapkan Protokol Kesehatan demi menghindarkan kita dari wabah covid 19.

Terimakasih ayah bunda yang sudah membantu membimbing ananda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar