Hari/tanggal : Senin, 08 November 2021
Kelas : IV
Tema : 4 (PAHLAWANKU)
Sub tema : 2 (pahlawanku Kebangganku)
Pembelajaran : 1 & 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi peninggalan kerajaan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat dengan benar.
2. Setelah melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin, siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan serta menulis laporan dengan benar.
3. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke lima Pancasila dengan benar dan juga memberikan contohnya.
Assalamu'alaikum,
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition.
Are you ready for the great day??
Before we come to our lesson, let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)
Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari Subtema 1 tentang Perjuangan Para Pahlawan dalam tema 5 ini, dan pastikan kalian sudah mengerjakan Penilaian Hariannya yaa. Dan untuk hari ini kita akan memasuki Subtema 2 ya tentang Pahlawanku Kebanggaanku.
Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin
Ringkasan Materi
Pembelajaran 1
Dari perjuangan Sultan Hasanuddin, kita belajar tentang ‘keberanian’ dan ‘kegigihan’ dalam melawan tindakan yang salah dan sewenang-wenang.
Sultan Hasanuddin berusaha untuk melawan kesewenang-wenangan Belanda. Perjuangan beliau layak diteladani dan diberi penghargaan. Berbagai peninggalan Sultan Hasanuddin juga perlu terus dilestarikan sebagai pelajaran bagi generasi berikutnya.
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.
Bagaimana cara kamu menghargai jasa para pahlawan? Jelaskan jawabanmu!
Amati gambar di samping.
Amati pula gambar skema pantulan sinar matahari pada cermin datar
Kamu akan mempraktikkan cara berkomunikasi menggunakan cahaya dan cermin. Amati gambar terlebih dahulu.
Pembelajaran 2
Silahkan di buka dulu video berikut
Salah satu sikap yang dimiliki oleh Yoga adalah kerja keras. Sikap itu sesuai dengan sila kelima.
Ayo kita pelajari lebih lanjut.
Sila kelima : Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Sila ini bermakna sebagai berikut.
• Adil, bukan harus sama.
• Mau bekerja keras.
• Mengakui kedaulatan bangsa sendiri dan bangsa lain.
• Menganggap bangsa sendiri sederajat dengan bangsa lain.
Lambang sila kelima adalah berikut.
Tugas hari ini
Buatlah cerita mu dalam mencerminkan sila ke lima (untuk contoh bacalah lagi cerita Gusnadi Wiyoga di atas ) . Tulislah ceritamu dalam tulisan halus kasar yang rapih dan indah ya.
Bu guru tunggu ya pengumpulan tugas daringnya yang tepat waktu!!!
terima kasih anak soleh solehah...Wassalamualaikm wr . wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar