Subtema 3 : Bangga terhadap Daerah Tempat Tinggalku
Pembelajaran : 1 & 2
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran 1 :
KD 3.4 IPA (Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar )
1. Dengan kegiatan mengamati berbagai contoh hubungan antara gaya dan gerak, siswa dapat menjelaskan hubungan antara gaya dan gerak.
KD 3.9. Bahasa Indonesia (Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.)
2. Dengan kegiatan menemukan jawaban berdasarkan cerita fiksi, siswa dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh dan sifat tokoh dalam cerita fiksi.
Kompetensi Dasar ( KD) danTujuan Pembelajaran 2:
KD 3.1 SBDP (Mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi.
Dengan kegiatan membaca karya seni tiga dimensi, siswa dapat memahami pengertian karya seni tiga dimensi.
Assalamu'alaikum wr wb
good morning my lovely students. How are you this morning?
hopely you are healthy and happiness.
Apersepsi
Baik anak solehah, pada hari Selasakemarin kita telah mempelajari Pembelajaran 5 dan & 6 tentang ciri-ciri gerak tari tradisional dan keunikan provinsi Papua. Dan hari ini kita akan membahas materi di subtema 3 tentang Bangga terhadap Daerah Tempat tinggalku, pembelajaran 1 dan 2 yang akan membahas mengenai materi hubungan antara gaya dan gerak, cerita fiksi dan berbagai macam contoh benda yang termasuk ke dalam karya seni rupa tiga dimensi
Mari Kita simak pembelajaran hari ini.
Ringkasan Materi
Pembelajaran 1
IPA
Gaya adalah tarikan atau dorongan. Gaya dapat mengubah bentuk benda dan mempengaruhi geraknya. Berikut ini adalah contoh gaya dalam kehidupan sehari-hari yang dapat ananda sholeh dan sholehah perhatikan gambar dengan seksama (dibuku tematik halaman 124 -125 )
1. Gaya dapat mempengaruhi benda diam menjadi bergerak. Contohnya, membuka dan menutup pintu
2. Gaya mempengaruhi benda bergerak menjadi diam. Contohnya, bus melaju kemudian berhenti.
3. Gaya mempengaruhi perubahan bentuk benda. Contohnya, membentuk berbagai bentuk dari plastisin.
4. gaya mempengaruhi perubahan arah gerak benda. Contohnya, melambungkan bola ke atas, lalu memukul bola ke depan.
Bahasa Indonesia
Cerita fiksi adalah cerita yang dibuat oleh pengarangberdasarkan hasil imajinasi, pemikiran, tafsiran dan openilaian pengarang. contoh ceita fiksi adalah legenda, drama, cerpen , novel, mite fabel, sage dan ceita jenaka. Contoh ceita fiksi ananda sholeh dan sholehah dapat membacanya di buku tematik halaman 127 tentang " Angsa dan Telur Emas " . Dari cerita tersebut kita dapat mengambil hikmah atau pembelajaran. Kita sebagai manusia pandai bersyukur terhadap apa yang sudah kita miliki. Jangan serakah hanya karena ingin cepat kaya. Sesungguhnya Allah Maha Mengatur rejeki manusia.
Pembelajaran 2
Mari Kita simak video berikut ini ya nak:)
SBdP
perhatikan gambar diatas yang merupakan gambar benda tiga dimensi. Apakah yang dimaksud dengan gambar tiga dimensi? gambar tiga dimensidalah karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume. Unsur volume inilah yang menjadi pembeda antara benda dua dimensi dan benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi misalnya benda hias dan benda yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas bunga, meja, kursi, lemari, dan lampu hias. Berdasarkan pengertian karya seni tiga dimensi di atas, dapat kamu pahami adanya ciri-ciri tiga dimensi sebagai berikut.
1. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
2. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
3. Memiliki volume.
Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tiga jenis benda yang dimaksud sebagai berikut.
1. Benda Kubistis
Benda kubistis adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai bangunan kubus atau balok. Contohnya kotak pensil, kotak tisu, meja, kursi, lemari, bak sampah, dan kulkas.
2. Benda Silindris
Benda silindris adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai silinder (elips). Contohnya botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan guci.
3. Benda Bebas
Benda Bebas adalah benda-benda yang bentuknya tidak beraturan. Contohnya buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan benda alam lain.
Baik ananda sholeh dan sholehah setelah menyimak materi di atas, ananda hari ini mengerjakan Penilaian Harian Tema 8 Subtema 2.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar