Hari/Tanggal : Senin, 25 April 2022
Tema : 9 ( Kekayaan Negeriku)
Pembelajaran : Mereview tema 9
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :
KD PKN
KD Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
Tujuan Pembelajaran
2. Dengan mengamati, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang merusak lingkungan alam dengan penuh kepedulian.
3. Dengan wawancara, siswa dapat mengetahui bentuk-bentuk usaha pelestarian lingkungan alam dengan penuh kepedulian
Assalamu'alaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Good morning my lovely students??
How are you this morning?
Hopely you are always in good condition 😇😇
Semoga di pagi yang cerah ini kalian selalu siap menerima materi pelajaran yang akan ibu guru berikan yaa.
Dan sebelum kita memulai pelajaran. Sebaiknya ananda semua sudah melaksanakan solat dhuha dan tak lupa pula selalu murojaah surat surat pendek ya
Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan review materi tema 9 ... yuk kita simak materi dibawah ini.
Yuk simak ringkasan materi dibawah ini....
A. Bahasa Indonesia
A.1. Wawancara
Wawancara: percakapan antara narasumber dan pewawancara untuk mendapatkan suatu informasi
Narasumber: orang yang memiliki pengetahuan atau penguasaan di bidang yang relevan dengan tema wawancara
Pewawancara: orang yang mewawancarai dan menggali informasi dari narasumber
Unsur Teks Wawancara: 5W + 1H
What (Apa): menanyakan kejadian
Who (Siapa): menanyakan pelaku (khusus untuk orang)
Where (Di mana): menanyakan tempat kejadian
When (Kapan): menanyakan waktu kejadian
Why (Mengapa): menanyakan alasan terjadinya sesuatu
How (Bagaimana): menanyakan proses terjadinya sesuatu
Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Informasi Penting dari Wawancara:
Simak berbagai jawaban yang disampaikan narasumber
Buat kata kunci dari setiap kata yang disampaikan narasumber
Fokus pada topik yang dibahas
Tandai hal-hal penting terkait wawancara saat menuliskan kembali hasil wawancara
Langkah Pelaksanaan Wawancara:
Menentukan topik yang akan dibahas
Mencari dan menghubungi narasumber yang relevan dengan topik
Menyusun daftar pertanyaan berdasarkan unsur 5W + 1H
Melaksanakan tanya jawab wawancara sambil merekam dan/atau mencatat jawaban narasumber
Membuat laporan hasil wawancara, berisi informasi yang didapat dari wawancara yang dilakukan
Langkah Menarasikan Wawancara:
Baca teks wawancara dengan cermat
Catat pokok-pokok isi wawancara
Buat pengantar ke arah isi wawancara
Narasikan isi wawancara dengan mengembangkan pokok isi wawancara
Lengkapi narasi dengan bagian penutup
Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mempresentasikan Hasil Wawancara:
Sikap badan tegak dan percaya diri
Menguasai materi laporan hasil wawancara
Pelafalan kata tepat dan jelas
Pemenggalan kata dilakukan dengan tepat agar tidak mengubah makna
A.2. Teks Petunjuk
Teks Petunjuk Penggunaan Alat: teks yang memberi arahan untuk menggunakan alat tertentu dengan benar
Langkah Menyusun Teks Petunjuk Penggunaan Alat:
Tentukan alat apa yang akan diinformasikan petunjuk penggunaannya
Pahami semua hal yang berhubungan dengan penggunaan alat yang akan diinformasikan
Tulis petunjuk penggunaan secara berurutan dan sistematis
Lengkapi setiap tahapan dengan keterangan yang jelas, akan lebih baik jika disertakan gambar untuk memperjelas petunjuk
B. IPS
Sumber Daya Alam: segala sesuatu yang ada di alam yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia
Jenis Sumber Daya Alam:
- Dapat Diperbarui: dipakai terus-menerus tidak habis. Contoh: air, tanah, tumbuhan, hewan
- Tidak Dapat Diperbarui: dipakai terus-menerus akan habis. Contoh: minyak bumi, batu bara, emas
B.1. Persebaran Hasil Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Peternakan, Perikanan
B.3. Hutan Indonesia
Jenis Hutan:
- Hutan Heterogen: ditumbuhi berbagai jenis pohon. Contoh: Kebun Raya Bogor
- Hutan Homogen: ditumbuhi satu jenis pohon. Contoh: hutan jati, hutan pinus
Manfaat Hutan:
- Menyimpan air
- Habitat hewan
- Mencegah erosi
- Penghasil kayu
- Objek wisata
Akibat Jika Hutan Rusak:
- Banjir
- Tanah longsor
- Kebakaran hutan
Tindakan Pelestarian Hutan:
- Pembuatan kawasan cagar alam, taman nasional, dan suaka margasatwa
- Melaksanakan tebang pilih
C. PPKN
Hak: Segala sesuatu yang harus diterima oleh siapa saja setelah melaksanakan kewajiban
Kewajiban: Sesuatu yang harus dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab
Hak Anak di Rumah:
- Mendapat kasih sayang dari orang tua
- Mendapat perlindungan
- Mendapat perhatian
Kewajiban Anak di Rumah:
- Menjaga kebersihan rumah
- Mematuhi nasihat orang tua
- Menghormati, menyayangi, dan menghargai anggota keluarga
- Mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah
Hak Anak di Sekolah:
- Mendapatkan pengajaran dan bimbingan dari guru tanpa ada perbedaan sesama siswa
- Bertanya apabila ada pelajaran yang sulit dipahami
- Mendapatkan nilai hasil belajar
Kewajiban Anak di Sekolah:
- Mengenakan seragam sekolah lengkap sesuai jadwal
- Mengerjakan tugas dari guru dengan jujur
- Menyerahkan SPP tepat waktu
- Dihasilkan terus-menerus sepanjang musim karena tidak memerlukan penyimpanan energi
- Hanya melepaskan sedikit gas rumah kaca
E.5. Nuklir
Nuklir: penerapan bidang ilmu inti atom yang memanfaatkan atom Uranium sebagai sumber energi panas
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN): pembangkit listrik yang menggunakan satu atau lebih reaktor nuklir, menggunakan uap bertekanan tinggi untuk memutar turbin
Keunggulan Energi Nuklir:
- Tidak menghasilkan limbah berbahaya
- Mampu bertahan lebih lama
- Menghasilkan tenaga lebih besar daripada bahan bakar fosil
- Tidak menyebabkan efek rumah kaca
Tidak ada komentar:
Posting Komentar