Tanggal : Jumat/ 19 Agustus 2022
Kelas : IV
Tema : 2 ( Selalu Berhemat Energi)
Sub tema : 1 (Sumber Energi)
Pembelajaran : 3 dan 4
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi perubahan bentuk energi angin dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
2. Dengan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan sistematis.
3. Dengan membaca teks visual, siswa mampu mengidentifikasi informasi yang ada dengan cermat
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat.
5. Setelah mengerjakan soal, siswa mampu menjelaskan cara melakukan penaksiran perkalian dan pembagian dengan benar
Assalamu'alaikum,
Good morning everyone..
Semoga hari ini matahari bersinar cerah dan membawa banyak manfaat untuk kita.. Seperti pembelajaran kita sebelumnya tentang manfaat dari energi matahari bagi kita dalam kehidupan sehari hari, dimana kalian sudah menulis tentang manfaat energi matahari.
Dan pembelajaran berikutnya adalah tentang energi angin, dan bagaimna hak dan kewajiban kita dalam memanfaatkan sumber energi yang ada.
Lets check this video..
Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3
Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2
Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2
Ringkasan Materi
Pembelajaran 3
Pada saat berada dilapangan membuat rambut sering bergerak. ernergi apakah yang membuatnya bergerak?
Siti memiliki kincir yang terbuat dari kertas. Ia senang memainkannya. Kincirnya berputar jika tertiup angin. Siti belajar membuat kincir angin dari ayahnya. Menurut ayahnya, kincir angin yang sebenarnya bisa digunakan untuk menggerakkan alat penumbuk padi atau gandum. Selain itu, juga bisa digunakan untuk menggerakkan alat untuk memompa air.
Kincir angin dari Kertas Alat dan bahan:
• Lidi/sumpit kayu
• Gunting • Lem
• Kertas berbentuk persegi
• Jarum/pin/paku payung Langkah-langkah pembuatan:
• Ambil kertas lalu ikuti instruksi pada gambar
• Setelah baling-baling kertas siap, tempelkan ke ujung sumpit menggunakan jarum. Pastikan baling-baling bisa berputar.
Kincir angin dari Plastik Alat dan bahan:
• Botol plastik bekas • Gabus bekas tutup botol
• Lidi/sumpit • Gunting Langkah-langkah pembuatan:
• Gunting botol plastik menjadi 4 bentuk persegi untuk baling-baling
• Buatlah 4 sayatan sepanjang baling-baling plastik, atur agar jaraknya sama.
• Masuk an baling-baling ke dalam setiap sayatan tersebut.
• pasang sumpit/lidi di bagian tengah gabus
• Kincir siap digunakan Tambahan: Potongan bagian dasar botol, buat dua lubang di sisi kanan dan kiri badan botol. Masukan dan pasangkan balingbaling plastik ke dalam
Salah satu sumber energi adalah energi listrik, energi listrik digunakan manusia dalam kehidupan sehari hari.
Perhatikan gambar berikut
Menceritakan aktifitas sesorang dirumah sedang menonto televisi. telvisi memanfaatkan energi listrik agar bisa bekerja.selain itu dalam ruangan juga terdapat kulkas dan AC.
2. Sebutkan peristiwa pada gambar yang terkait dengan sumber energi?
Menghidupkan televisi
Menghidupkan AC
Menghidupkan kulkas
Menghidupkan AC
Pembelajaran 4
Gagasan pokok pada gambar tersebut adalah manfaat energi listrik dalam kehidupan sehari hari.
Listrik merupakan sumber energi yang membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan adanya energi listrik, kita dapat menyalakan lampu, televisi, radio , setrika listrik dan lain-lain. Kita semua berhak mendapatkan energi listrik. Kewajiban kita adalah menghemat penggunaannya
Sekedar mematikan lampu saat tidur. Menyalakan barang elektronik hanya ketika kita butuhkan adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi listrik. Menggunakan listrik dengan bijak adalah ketika kita menghematnya. Hemat energi listrik artinya kita sudah melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar