Senin, 28 November 2022

Materi Ajar Review Tema 4 Subtema 3

 Hari/ Tanggal  : Senin/ 28 November 2022

Materi               : Review tema 4 Subtema 3


Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari pembelajaran 2 tentang berbagai jenis pekerjaan di lingkungan sekitar mu serta kaitannya dengan sila ke 3 Pancasila. Hari ini kita belajar tentang  mengidentifikasi cara mengolah sampah yang dapat di manfaatkan kembali bagi kita

 Materi Ajar

Pembelajaran 3



Pekerjaan ibuku adalah pengrajin cindera mata. 

Barang yang diciptakannya sangatlah unik, karena dibuat dari barang-barang bekas. Cenderamata yang dihasilkan oleh ibuku adalah tempat tisu dan gantungan kunci.

Memanfaatkan barang-barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai merupakan pekerjaan yang mulia. Di samping dapat mendatangkan uang, juga dapat menjaga lingkungan dari pencemaran yang berdampak buruk bagi kehidupan.

Seorang pengrajin barang bekas, mengolah barang bekas atau sampah menjadi benda yang bisa dijual dan menghasilkan uang. Selain itu, pekerjaan ini juga mengurangi tumpukan sampah yang ada di sekitar kita.

Bacalah teks berikut dalam hati. Tahukah kamu cara lain pengolahan sampah?

Mengolah sampah bisa kita lakukan dengan berbagai cara.

Cara yang pertama, kita bisa mengurangi pemakaiannya. 
Istilah ini dikenal dengan nama reduce (mengurangi). Sebisa mungkin kita kurangi penggunaan kemasan barang. Semakin banyak kita menggunakan kemasan barang, semakin banyak sampah yang dihasilkan.


Cara yang kedua, kita bisa memakai kembali. Istilah ini dikenal dengan reuse (memakai kembali). Sebisa mungkin pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang disposable (sekali pakai). 

Hal itu dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum ia menjadi sampah.

Cara yang ketiga, kita bisa mendaur ulang. Istilah ini dikenal dengan recycle(mendaur ulang). Sebisa mungkin, barang-barang yang sudah tidak berguna lagi, bisa didaur ulang. Tidak semua barang bisa didaur ulang, namun saat ini sudah banyak industri yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain.


Cara yang keempat, kita bisa mengganti ulang. Istilah ini dikenal dengan replace (mengganti). Teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barang￾barang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama. 

Telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan, misalnya ganti kantong keresek kita dengan keranjang bila berbelanja.

Pembelajaran 4



Pak Tulus bekerja sebagai kepala desa di Desa Sereh Wangi. Pak Tulus ingin 
warga desanya mempunyai rasa persatuan dan kesatuan. 

Ayo kita cari tahu cerita Pak Tulus.









Berdasarkan cerita pak Tulus diatas kita bisa menuliskan unsur intrinsik pada bacaan dengan melakukan peta konsep. Dan dari bacaan tersebut dapatkan kalian hubungkan apakah sikap dan kejiasan pak tulis sesuai dengan pancasila? Jika iya.. Cobalah untuk menyebutkannya.. 


Baiklah anak sholeha dan sholehah itulah tadi pembelajaran kita Hari ini. 

Ayo biasakan untuk memperbanyak litersi kalian dengan banyak membaca.. 

pembelajaran 5



Tahukah kamu bahwa pekerjaan pamanku adalah membuat sarung tenun samarinda? Tahukah kamu  bagaimana proses pembuatan sarung tenun tersebut?

Berikut ini adalah gambar proses pembuatan kain dan baju


Ternyata untuk membuat kapas menjadi baju yang kita pakai, prosesnya sangat panjang. Bagaimana cara menghargai baju yang kita gunakan? Jawab dengan cara merawatnya dengan baik, dicuci kemudian baju dilipat dan disimpan  rapi dalam lemari.

Bisakah kalian menyebut kan beberapa kain dan asal daerahnya? 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar