Senin, 03 April 2023

Materi Ajar T9 ST1 PB 3

Hari/Tanggal : Selasa /4 April 2023

Tema 9            : Kayanya Negeriku

Subtema 1      : Sumber Energi di Indonesia

Pembelajaran : 3

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Tujuan Pembelajaran 3 :

KD 3.5. IPA

Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari. 

1. Dengan membaca dan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai sumber energi yang ada di sekitarnya dengan penuh tanggung jawab.

KD 3.3. B. Indonesia

Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

1. Dengan melakukan wawancara, siswa dapat mengetahui kondisi lingkungan sekitar tempat tinggal dengan penuh kepedulian.

Baik anak soleh solehah kelas 4. Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang tema 9 sub tema 1 pembelajaran 2 yaitu tentang hal dan kewajiban di lingkungan. .Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 1 pembelajaran 3. 

Yuk simak materi berikut ini🤓🤓🤓

Pembelajaran 3



Indonesia adalah bangsa yang memiliki 
banyak sumber energi. Sumber energi mulai 
dari minyak dan gas bumi (migas) sampai 
yang bukan minyak dan gas bumi (nonmigas). 
Sumber-sumber energi tersebut tersebar di 
seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia. 
Kesemuanya harus dimanfaatkan secara bijak 
demi kesejahteraan penduduknya.

Ada dua macam energi

1. Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui
Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui artinya sumber energi tersebut akan habis. Contohnya :Batubara, gas alam, minyak bumi

2. Sumber energi dapat diperbaharui
Sumber energi yang dapat diperbaharui yaitu sumber energi yang tidak akan habis bila digunakan terus menerus. 
Contohnya : air, matahari, hewan dan tumbuhan

Berdasarkan identifikasi sumber energi, dapatkah kalian mencari tau sumber energi yang ada disekitar kalian dengan melakukan wawancara. 

Sebelum memulai wawancara ada baiknya hal pertama yang dilakukan adalah menentukan narasumber lalu membuat daftar pertanyaan yang berhubungan dengan sumber energi di sekitar kalian. 

Tugas. 

1. Apa yang dimaksud dengan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui? 

2. Sebutkan contoh sumber energi yang dapat diperbaharui? 

3. Apa hal pertama yang dilakukan sebelum memulai wawancara? 

Baiklah itulah tadi pembelajaran hari ini. Besok kita akan bertemu kembali pada pembelajaran tema9 subtema1 pembelajaran 4.

Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar