Kamis, 27 Juli 2023

Kamis 27 Juli 2023

Hari / Tanggal             : Kamis 27 Juli 2023

Kelas                            :  1 A

Mapel                           : Pendidikan Pancasila dan P5

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan
         

1. 💥  Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila

    💫 Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah

💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila

    💫1.1  Peserta didik  dapat menjelaskan lambang negara Garuda Pancasila

2. . Apersepsi

 Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas  kemarin  yaitu  menceritakan cara membaca permulaan dengan benar dan makna Bilangan 1 sampai dengan 10 dan SBDP BaB 1 Tentang " Seni Rupa"  .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai  pembelajaran Pendidikan Pancasila " Aku cinta Pancasila " dan Pembelajaran P5 .

3. Materi ajar



                                       Let’s check this video

                                        VIDEO PEMBELAJARAN  

                                    Bahaasa Indonesia 

                                        BaB 1 Aku Cinta Pancasila


 

💫Pendidikan Pncasila 

Pancasila berasal dari bahasa sansekerta yaitu panca dan sila. kata panca berarti lima dan sila berarti sendi/dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.

Bunyi Sila-Sila Pancasila

  • Ketuhanan yang Maha Esa.
  • Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.
  • Persatuan Indonesia.
  • Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan.
  • Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
 
 
 

 
 
💫P5
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 

  Let’s check this video

                                  


 
    P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Ini yang terkadang terjadi miskonsepsi dalam penerapan P5 di satuan pendidikan yang hanya berfokus pada hasil ataupun produk akhir dari setiap kegiatan P5 padahal proses setiap peserta didik dalam kegiatan P5 ini yang menjadi sangat penting. Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek adalah hal utamanya.

    P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD AL AZHAR 3 yaitu
 " LEKUNG " ( Lele dan Kangkung ).
 
 
 
 4, Contoh Soal
 
 Yukk perhatikan unsur seni berikut ini ..
 

1. Sila kedua Pancasila mengajarkan kita tentang ….
a. ketuhanan
b. persatuan
c. kemanusiaan
Jawaban: kemanusiaan.

2. Simbol pohon beringin berwarna …
a. hijau
b. emas
c. merah
Jawaban: hijau.

3. Sila kedua pancasila dilambangkan dengan gambar rantai emas, yang berbentuk lingkaran dan ….
a. persegi
b. segitiga
c. segilima
Jawaban: persegi.

4. Simbol sila kelima Pancasila mempunyai latar yang berwarna ….
a. hitam
b. merah
c. putih
Jawaban: putih.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia merupakan bunyi sila …. Pancasila.
a. kelima
b. keempat
c. kedua
Jawaban: kelima.

1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS

5.  Evaluasi   
💫 Kerjakan soal berikut dengan benar!  💫
 

1. Berapa banyak sila pada Pancasila?

Jawaban:

2. Apa saja warna pada simbol sila keempat Pancasila?

Jawaban:

3. Kamu sangat ingin menerapkan sila ketiga Pancasila. Apa yang bisa kamu lakukan utuk hal tersebut?

Jawaban:

4. Tuliskan semboyan yang terdapat pada Garuda Pancasila!

Jawaban:

5. Ketika pendapatmu berbeda dengan pendapat temanmu, apa yang kamu lakukan?

Jawaban:


Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini. Tetap semangat. 

W assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar