Senin, 13 Mei 2024

Materi Ajar Senin 13 Mei 2024


Hari / Tanggal                : Senin 13 Mei 2024

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :   Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan
         

1.   Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia :

    💫 Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali nmenggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru,
dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan. Elemen Capaian Pembelajaran

💥  Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:

    💫 2.1  peserta didid dapat Menyimak, Membaca dan Memirsa,
💫2.2  Peserta didik dapat Berbicara dan Mempresentasikan, Menulis

  💥  Capaian PenbelajaranPendidikan Pancasila 

 💫 Peserta didik mampu mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah, sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila 

   💫Mengidentifikasi dan menceritakan bentuk 

kerja sama dalam keberagaman di lingkungan 

keluarga dan sekolah.

•💫 Mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga 

dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan 

dari wilayah NKRI.

• 💫Menyebutkan contoh sikap dan perilaku 

menjaga lingkungan sekitar serta 

mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan 

sekolah.

2. . Apersepsi

 Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas  kemarin  yaitu pembe;lajaran P5  dengan Tema " Kearifan lokal  " membuat tempat pensil dari tutup botol   .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai  Bahasa Indonesia  "menceritakan cara membaca permulaan dengan benar. dan 7 Pendidikan Pancasila   tentang "Aku Suka Bergotong Royong "

3. Materi ajar


Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN  

Bahaasa Indonesia 





 
💫Bahasa Indonesia 

  Petunjuk arah adalah diagram arah mata angin, biasanya hanya menunjukkan arah utara ke atas. Ini membantu pembaca peta untuk mengetahui arah mata angin pada suatu wilayah. Petunjuk arah sang8at penting dalam bidang transportasi.









 
💫Pendidikan Pncasila 

 Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN  


Pendidikan Pancasila 

Negara Kesatuan Republik Indonesia 

  



💫Pendidikan Pncasila 


Aku Suka Bergotong Royong

Gotong royong berasal dari kata gotong yang berarti bekerja dan juga royong yang berarti bersama.

Sehingga gotong royong bisa juga diartikan sebagai tindakan untuk melakukan sebuah pekerjaan secara bersama-sama.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gotong royong adalah bekerja bersama-sama.

Jadi gotong royong juga memiliki keterkaitan dengan tolong menolong atau saling membantu yang bisa dilakukan antar anggota

Jenis-Jenis Gotong Royong
  • Kerja Bakti.
  • Tanggap Bencana.
  • Musyawarah.
  • Panen Raya.
  • Belajar Bersama.


 ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah

 Bagian bagian rumah tujuannya untuk memudahkan pelayanan ketika anggota keluarga atau teman sedang berkunjung ke rumah.
  • Ruang Keluarga. Bagian rumah selanjutnya yang akan kita bahas adalah ruang keluarga atau ruang tengah. ...
  •  Ruang Makan. ...
  • Dapur Rumah. ...
  •  Kamar Tidur. ...
  •  Kamar Mandi. ...
  • Ruang Ibadah. ...
  •  Gudang. ...
  •  Taman Rumah.

 


5.  Evaluasi   

Kerjakan soal berikut dengan benar!  
Pendidikan Pancasila   
Sebelum menulis latihan soal berikut jagan lupa menulis di buku tulis Pendidikan Pancasila, di beri Bismillah, hari tanggal dan garis tutup .. Selamat mengerjakan ananda sholeh sholeha ...


1. Apa yang di maksud dengan gotong royong ?

2.Apa manfaat gotong royong ?

3.mengapa kita harus menanamkan budaya gotong royong?

4.Sebutkan5 pekerjaan membersihkan Rumah?

5. Sebutkan contoh gotong royong di masyarakat?

6.Dengan bergotong royong pekerjaan akan terasa lebih?

7.Kebersihan lingkungan rumah menjadi tanggung jawab?

8.Dengan kebersamaan di sekolah semua murid menjadi?

9. Kepedulian di sekolah dapat diciptakan dengan ?

10.Sebutkan 5 kegiatan yang biasa di lakukan ketika sedang libur sekolah?  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar