Selasa, 05 Agustus 2025

Materi Ajar Selasa 05 Agustus 2025

 Terjual Dompet KW SUPER | LEVIS - DUNHILL - HERMES - IMPERIAL HORSE | KASKUS

Hari / Tanggal             : Selasa 05 Agustus 2024

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :  Matematika  dan B.indonesia 

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan

Metode Pembelajaran: Diskusi dan Latihan soal ( Lkpd)

Media Pembelajaran : Vidio PB, lKPD, Buku lks cerdas, dan  flashcard
         

 💥  Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia 

 Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukan minat pada tuturan yang di dengar yang penuh perhatian. Murid menunjukkan minat pada tuturan                yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

 💥Tujuan Pembelajaran ( TP) B.Indonesia 

    💫1.1  Murid  dapat   Menyimpulkan informasi dalam teks cerita gambar

💥  Capaian Penbelajaran Matematika 

    Murid mampu  menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan

 💥Tujuan Pembelajaran Matematika 

💫1.1 Murid dapat Menghitung banyak benda sampai 10. 


2. Materi ajar

Let's Check This Video 

Matematika 




💫Matematika 

Bilangan adalah angka yang kita gunakan untuk menghitung benda.

Contohnya:

  • 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya.

Kita bisa menggunakan bilangan untuk:

  • Menghitung pensil: "Ada 3 pensil."

  • Menyebut urutan: "Saya duduk di bangku nomor 2."

  • Menunjukkan umur: "Umur saya 6 tahun."

Berikut contoh bilangan 1- 10 



💫Bahasa Indonesia 
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
             

  Let’s check this video                 

 
            

 Membaca permulaan merupakan tahap awal dalam belajar membaca yang difokuskan kepada mengenal simbol- simbol atau tanda-tanda yang berkaitan dengan hurf-huruf sehingga menjadi pondasi agar anak dapat melanjutkan ketahap membaca permulaan

Melafalkan huruf, membaca suku kata yang diawali dengan huruf ‘b’, dan menulis nama sendiri

Yuuk  kita simakk


Diskusikan gambar di atas dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

  1. Pernahkah kalian mendengar suara “Duk! Duk!”?
  2. Biasanya, apa yang berbunyi “Duk! Duk!”?
  3. Apa yang kalian lihat pada gambar di atas?
  4. Menurut kalian, apa isi ceritanya?


Menyimak

Duk! Duk! Duk!

Itu bola Boni

Bola Boni biru.

Duk duk duk

Bola kena batu.

Aduh! Bola jadi basah.

Wah, ada yang bermain dengan bola Boni!

Di mana bola Boni kini?

Membaca

Huruf apa ini?

Bagaimana bunyinya?

Bacalah bersama teman-teman.



Huruf a-z

Huruf kapital dan huruf kecil berbeda bentuknya.

Huruf besar dan kecil

Membaca

Lafalkan huruf ini: B b

Lalu, lafalkan huruf yang terdapat pada kata-kata berikut





.

Baju 

ba - ju

b - a-j-u

 
 

 
 4.Contoh Soal 
💥Matematika 

1. Tuliskan angka setelah 9!
Jawaban: 10

2. Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil: 7, 3, 5
Jawaban: 3, 5, 7

3. Tulis lambang bilangan dari: Lima
Jawaban: 5

4. 2 + 3 = ...
Jawaban: 5

5. Bilangan sebelum 6 adalah ...
Jawaban: 5

💫B.Indonesia 

💥Penilaian Sumatif Harian Bab : 1


1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS

5.  Evaluasi   
💫 Kerjakan soal berikut dengan benar!  💫
 
Berikut ini Lkpd Matematika 

6. Kesimpulan 

    Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran matematika  ialahBilangan adalah angka yang kita gunakan untuk menghitung benda.  dan kesimpulan pembelajaran b.indonesia Membaca permulaan merupakan tahap awal dalam belajar membaca yang difokuskan kepada mengenal simbol- simbol atau tanda-tanda yang berkaitan dengan hurf-huruf sehingga menjadi pondasi agar anak dapat melanjutkan ketahap membaca permulaan

7. Penutup 

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 06 Agustus   2025  kita yaitu  Pendidikan anti korupsi dan sbdp 




Wassalamuaaliakum ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar