Hari/ Tanggal : Senin/ 05 September 2022
Kelas : IV
Tema :3 ( Peduli terhadap mahluk hidup)
Sub tema : 1 (Hewan dan Tumbuhan di lingkungan rumahku)
Pembelajaran : 1
1. Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara dengan benar.
2. Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi masalah-masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.
3. Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
Sebagian masyarakat Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Nasi berasal dari beras dan beras berasal dari padi. Mari kita mengenal padi.
Berdasarkan wacana diatas kita dapat menjawab pertanyaan berikut
1.Berikut adalah beberapa cara untuk mempertahankan padi tetap dapat dinikmati masyarakat Indonesia.
1. Menjaga bibit agar dapat ditanam kembali.
2. Menjaga lahan pertanian. Jangan sampai lahan digunakan untuk kebutuhan lainnya, misalnya dijadikan untuk mendirikan bangunan.
3. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Sampah akan menyebabkan banjir. Apabila terjadi banjir, maka tanaman padi tidak akan tumbuh.
4. Saluran air dijaga agar tetap mengalir.
5. Penggunaan beras yang tidak berlebihan.
Jumlah penduduk yang meningkat akan meningkatkan kebutuhan yang besar terhadap padi. Penggunaan beras sesuai kebutuhan akan sangat membantu
Bisakah kalian membuat pertanyaan dari pernytaan diatas?
Contoh :
Mengapa penggunaan beras tidak boleh berlebihan?
Apakah banjir berdampak pada pertumbuhan tanaman padi?
Perhatikan Gambar berikut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar