Hari/Tanggal : Rabu, 25 Januari 2023
Kelas : IV
Tema : 6 (Cita-citaku)
Subtema : 3 (Giat Berusaha Meraih Cita-cita)
Pembelajaran : 6
Tujuan Pembelajaran 6:
- Melalui kegiatan membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.
- Melalui kegiatan membuat karya seni mozaik, siswa mampu membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.
Baik anak soleh solehah kelas 4, kemarin kita sudah belajar Tema 6 Subtema 3 pembelajaran 5 tentang membaca teks dan karya seni tempel montase. . Nah hari ini kita akan belajar di pembelajaran 6 tentang memahami isi bacaan dan karya seni tempel mozaik.
Let's check this video
Bacalah teks berikut ini
Melakukan kegiatan seni memang menyenangkan. Kegiatan berkesenian
membantu kita untuk mengekspresikan perasaan terhadap peristiwa di sekitar
kita. Selain seni sastra, seni rupa merupakan salah satu seni yang membantu
kita untuk menuangkan gagasan ke dalam bentuk dan bahan yang berbeda.
Sebelumnya kamu telah mempelajari seni rupa berupa montase dan kolase.
Kini, kamu akan lebih banyak mengetahui tentang mozaik. Mozaik adalah
pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan bahan
dari kepingan-kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong-potong
atau sudah dibentuk potongan. Potongan-potongan tersebut kemudian disusun
dengan cara ditempelkan pada bidang datar menggunakan lem. Kepingan
benda-benda itu, antara lain kepingan pecahan keramik, potongan kaca,
potongan kertas, potongan daun, dan potongan kayu. Untuk membuat garis
yang membatasi ruangan atau bidang digunakan tempelan-tempelan yang
berbeda warna. Mozaik dibuat dari bahan-bahan yang sifatnya lembaran atau
kepingan yang kemudian ditempel pada bidang datar sehingga membentuk
sebuah gambar.
Langkah-langkah membuat mozaik
1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam membuat mozaik.
a. Kertas origami, kertas koran/majalah bekas, dan biji-bijian
b. Lem
c. Pensil
d. Penghapus
e. Kertas gambar A4
f. Gunting/pelubang kertas
2. Buatlah sketsa atau gambar pola pada buku gambar sesuai dengan
keinginan kita, misalnya seperti gambar di bawah ini.
3. Potonglah kertas tersebut menjadi potongan kecil-kecil.
4. Kemudian tempelkan satu persatu potongan kertas yang sudah disiapkan
pada sketsa atau gambar pola yang telah dibuat. Untuk menempelkan
potongan kertas tersebut, kamu dapat menggunakan alat bantu, seperti
jarum atau benda runcing lainnya.
5. Tutupi pola secara menyeluruh dengan kertas warna-warni sesuai dengan
keinginanmu.
Berdasarkan teks " Canho Pasirua" Jawablah pertanyaan berikut?
1.Bakat apa yang dimiliki Canho?
2.Bagaimana usahanya untuk mencapai cita-cita nya?
3. Prestasi apa yang dimiliki Canho?
Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran kita hari ini. Dan berakhir sudah pembelajaran yang ada ditema 6. Dan besok kita kan masuk ke tema 7.
Terimakasih. Dan tetap semangat
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar