Rabu, 09 Agustus 2023

Materi Ajar Rabu 09 Agustus 2023

Hari / Tanggal       : Rabu 09 Agustus  2023

Kelas                       :  1 A

 Mapel                     :  Matematika dan SBDP

Alokasi Waktu       : 1 x Pertemuan
         

1. 💥  Capaian Penbelajaran Matematika

    💫 Peserta didik mampu  menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.
Peserta  didik  menunjukkan  pemahaman  pecahan sebagai  bagian  dari  keseluruhan  melalui  konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak,  pecahan  yang  diperkenalkan  adalah  setengah dan seperempat.

💥Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika

    💫1.1  Peserta didik  dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan menyusun dan mengurai bilangan.

 💫1.2Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

 Capaian Penbelajaran SBDP :

    💫Peserta didik mampu mengamati elemen-elemen rupa di lingkungan kesehariannya dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan menggunakan bentuk-bentuk dasar geometris. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk, memotong, dan merekat.

💥  Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:

    💫 1.1  Peserta dididik dapat menjelaskan macam-macam garis dan bentuk.

💫 1. 2  Menjelaskan cara menempel dan memotong aneka bentuk.

2. . Apersepsi

 Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas  kemarin  yaitu  menceritakan cara membaca permulaan dengan benar dan makna Bilangan 1 sampai dengan 10  .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai  Matematika BAB 1 "  Bilangan ". dan  SBDP Bab 1 tentang " Seni rupa "

3. Materi ajar





 et’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN   

Matematika

"Bab 1 " Bilangan " 


Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN  

Bahaasa Indonesia 

BaB 1 Seni Rupa 



💫Matematika
Bilangan adalah suatu konsep matematika yang digunakan dalam pencacahan dan pengukuran. Simbol ataupun lambang yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan disebut sebagai angka atau lambang bilangan.
Nobie Chunky angka 1-20 :: mainan-kayu.com

Di dalam kehidupan sehari-hari, lambang bilangan atau angka menjadi salah satu simbol untuk menyatakan sesuatu, menghitung, dan lainnya.

Bahkan, lambang bilangan 1 hingga 10 telah digunakan sejak manusia di dalam kandungan, tepatnya saat usia kehamilan.

Terdapat makna-makna filosofi di dalam setiap angka atau lambang bilangan yang perlu diketahui, dengan tujuan edukasi anak.

 💫 SBDP 
 
     Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetik

Berdasarkan fungsinya, seni rupa dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Seni rupa murni, yaitu seni rupa yang mengutamakan cipta, rasa, dan karsa manusia pada sesuatu yang indah untuk mengekspresikan diri. Contoh: lukisan abstrak, patung nonfiguratif, instalasi konseptual, dll.
  • Seni rupa terapan (seni kriya), yaitu seni rupa yang menciptakan karya yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh: batik, anyaman, ukiran kayu, perhiasan emas, dll.

Contoh-Contoh Seni Rupa

Berikut adalah beberapa contoh karya seni rupa dari berbagai jenis dan periode:

  • Seni rupa dua dimensi: Monalisa karya Leonardo da Vinci (seni lukis Renaisans), Guernica karya Pablo Picasso (seni lukis Kubisme), Marilyn Monroe karya Andy Warhol (seni lukis Pop Art), dll.
  • Seni rupa tiga dimensi: Patung Venus dari Milo (seni patung Yunani kuno), Patung David karya Michelangelo (seni patung Renaisans), Patung Liberty karya Frederic Auguste Bartholdi (seni patung Neoklasik), dll.
  • Seni rupa murni: The Starry Night karya Vincent van Gogh (seni lukis Pasca-Impresionisme), The Persistence of Memory karya Salvador Dali (seni lukis Surrealisme), Black Square karya Kazimir Malevich (seni lukis Abstrak), dll.
  • Seni rupa terapan: Batik Megamendung dari Cirebon (seni kriya tekstil Indonesia), Keramik Celadon dari Korea (seni kriya keramik Asia), Tiffany Lamp dari AmerikaAmerika
  • seni kriya kaca Barat), dll.
  • KONSEP SENI RUPA: Struktur Visual Seni Rupa - AKSARA BUDAYA
  • 1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

    Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
    1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

    Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
     
     4, Contoh Soal
     Yukk perhatikan unsur seni membuat gamabr dari huruf B berikut ini ..
     
    1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

    Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS

    1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

    Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
    1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

    Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS

    Yuk, Belajar Menggambar Mudah dengan Huruf Alphabet! 
    Yuk, Belajar Menggambar Mudah dengan Huruf Alphabet!
    5.  Evaluasi
    💫 Kerjakan soal berikut dengan benar!  💫
     
          
       

    6. Penutup

        Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang bilangan 1-20 bahwa dengan mengelompokan jumlah barang yang ada di seitar peserta didik dapat memmahami makna bilangan tersebut dengan baik dan benar .

    Selanjutnya kesimpulan dari materi SBDP yaitu tentang seni rupa dengam menggambarkan unsur unsur seni rupa peserata didik dapat dan mampu memahami makna unsur unsur seni rupa .

     Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami  Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok   10 Agustus   2023 kita yaitu mapel Pendidikan Pancasila dan P5

    Tetap semangat 

    W assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar