💫 Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun)dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika
💫1.1 Peserta didik dapat mengenal bilangan dan symbol bilangan sampai dengan 10 berdasarkan kumpulan benda
💫1.2 Peserta didik dapat menghitung, Membaca dan Menulis bilangan dan lambangnya dengan banyak benda 11 – 20
Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia :
💫Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari audio, teks aural ( teks yang di bacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
💫 1.1 Peserta dididik dapat menceritakan cara membaca permulaan dengan benar
💫1.2 Peserta didik dapat menjelaskan sikap menyimak yang baik
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu Mengenai lambang lambang Pancasiala dan Membaca Permulaan .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Bahasa Indonesia BAB 1 " Bunyi ap "menceritakan cara membaca permulaan dengan benar. dan Matematika Bab 1 tentang " Bilangan"
3. Materi Ajar
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
BaB 1 Bunyi Apa ?
et’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Matematika
"Bab 1 " Bilangan "
💫Bahasa Indonesia
Membaca permulaan merupakan tahap awal dalam belajar membaca yang difokuskan kepada mengenal simbol- simbol atau tanda-tanda yang berkaitan dengan hurf-huruf sehingga menjadi pondasi agar anak dapat melanjutkan ketahap membaca permulaan
Lalu, lafalkan huruf yang terdapat pada kata-kata berikut.
bola
bo - la
b - o - l - a
bo - la
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
Matematika
Bilangan adalah suatu konsep matematika yang digunakan dalam pencacahan dan pengukuran. Simbol ataupun lambang yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan disebut sebagai angka atau lambang bilangan.
Di dalam kehidupan sehari-hari, lambang bilangan atau angka menjadi salah satu simbol untuk menyatakan sesuatu, menghitung, dan lainnya.
Bahkan, lambang bilangan 1 hingga 10 telah digunakan sejak manusia di dalam kandungan, tepatnya saat usia kehamilan.
Terdapat makna-makna filosofi di dalam setiap angka atau lambang bilangan yang perlu diketahui, dengan tujuan edukasi anak.
4, Contoh Soal
1 Ada berapkah huruf konsonan ?
Jawab : Ada 21 huruf
2. Lengkapilah bilangan berikut ini !
.
.
5. Evaluasi
💫 Kerjakan soal berikut dengan benar!💫
●Peserta didik secara berpasangan mencari benda yang dia kumpulkan dari sekitar sekolah, selanjutnya menuliskan jumlah benda-benda yang ditemukan tersebut dan diurutkan.
Misal: Daun kering ada . . . . .
Pensil di dalam kelas yang berwarna merah ada . ……
Penghapus di dalam kelas yang berwarna hitam ada ……
Jika dituliskan:
Jika diurutkan dari yang terkecil ke terbesar adalah:
………………. 🡺 …………………. 🡺 ………………..
2. Yukk lengkapi bilangan berikut ini ..
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah kelompokan suku kata vokal dan konsosnan pada huruf vokal terdapat 5 huruf yaitu ( : A, I, U ,E dan O ) ,
Kemudian huruf konsosnan ada 21 huruf yaitu ( B,C,D,F,G,H,J,K,L,M,N,O,P,Q,R,S,T,U,V, X dan Z ) .
Selanjutnya kesimpulan dari materi matematika yaitu tentang bilangan 1-20 bahwa dengan mengelompokan jumlah barang yang ada di seitar peserta didik dapat memmahami makna bilangan tersebut dengan baik dan benar .
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 02 Agustus 2023 kita yaitu mapel, Matematika dan SBDP .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar