💫Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah.
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫1.1Mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.
💫1.2Mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
💫1.3 Menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta
mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah
💢 Capaian Pemnbelajaran P5
Peserta didik mampu mengenal program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjuta
💥Tujuan Pembelajaran
💫1.1 Peserta didik dapat memahami kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan.Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan.
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu bangun datar dan unsur unsur seni rupa .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai pembelajaran Pendidikan Pancasila " Negara kesatuan Republik Indonesia " dan Pembelajaran P5 .
3. Materi ajar
Pendidikan Pancasila
Negara Kesatuan Republik Indonesia
💫Pendidikan Pncasila
hak adalah kuasa menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan oleh pihak tertentu. Sementara
kewajiban adalah sebuah beban memberikan suatu hal yang sudah semestinya diberikan oleh pihak tertentu.
💢Beberapa contoh hak dan kewajiban yang saling berkaitan, antara lain:
Seorang anak wajib menjaga nama baik keluarga. ...
Seorang anak wajib berbakti dan mematuhi orang tua. ...
Seorang anak wajib menghargai semua anggota keluarga. ...
Seorang anak wajib membantu kedua orang tua. ...
Seorang anak wajib belajar di rumah.
💫P5
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
💫Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah.
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫1.1Mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.
💫1.2Mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
💫1.3 Menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta
mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah
💢 Capaian Pemnbelajaran P5
Peserta didik mampu mengenal program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjuta
💥Tujuan Pembelajaran
💫1.1 Peserta didik dapat memahami kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan.Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan.
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu bangun datar dan unsur unsur seni rupa .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai pembelajaran Pendidikan Pancasila " Negara kesatuan Republik Indonesia " dan Pembelajaran P5 .
3. Materi ajar
Pendidikan Pancasila
Negara Kesatuan Republik Indonesia
💫Pendidikan Pncasila
hak adalah kuasa menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan oleh pihak tertentu. Sementara
kewajiban adalah sebuah beban memberikan suatu hal yang sudah semestinya diberikan oleh pihak tertentu.
💢Beberapa contoh hak dan kewajiban yang saling berkaitan, antara lain:
Seorang anak wajib menjaga nama baik keluarga. ...
Seorang anak wajib berbakti dan mematuhi orang tua. ...
Seorang anak wajib menghargai semua anggota keluarga. ...
Seorang anak wajib membantu kedua orang tua. ...
Seorang anak wajib belajar di rumah.
💫P5
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
Let’s check this video
P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Ini yang terkadang terjadi miskonsepsi dalam penerapan P5 di satuan pendidikan yang hanya berfokus pada hasil ataupun produk akhir dari setiap kegiatan P5 padahal proses setiap peserta didik dalam kegiatan P5 ini yang menjadi sangat penting. Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek adalah hal utamanya.
Yukk kita simak tepuk P5
Berikut ini
P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD AL AZHAR 3 yaitu
" LEKUNG " ( Lele dan Kangkung ).
P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan dengan
Tema :Hidup Berkelanjutan Lele Kangkung ( Lekung )
Penanaman Bibit kangung
4, Contoh Soal
11. Apabila tidak digunakan, keran sebaiknya …. a. dimatikan b. dihidupkan c. dibiarkan saja Jawaban: dimatikan. 12. Ketika teman memperkenalkan diri maka kita harus…. a. bicara sendiri b. mengabaikan c. memperhatikan Jawaban: memperhatikan. 13. Bersalaman dengan guru termasuk sikap yang menunjukan…. a. kesopanan b. keangkuhan c. kemenangan Jawaban: kesopanan. 14. Kita di sekolah dapat bermain dengan …. a. teman seagama saja b. teman sebangku saja c. semua teman Jawaban: semua teman. 15. Berbagi bekal dengan teman saat istirahat, termasuk kebersamaan di lingkungan.... a. keluarga b. sekolah c. rumah Jawaban: sekolah.
Baca selengkapnya di artikel "Soal Pancasila Kelas 1 Semester 2 Kurikulum Merdeka & Jawabannya", https://tirto.id/gCYr
11. Apabila tidak digunakan, keran sebaiknya …. a. dimatikan b. dihidupkan c. dibiarkan saja Jawaban: dimatikan. 12. Ketika teman memperkenalkan diri maka kita harus…. a. bicara sendiri b. mengabaikan c. memperhatikan Jawaban: memperhatikan. 13. Bersalaman dengan guru termasuk sikap yang menunjukan…. a. kesopanan b. keangkuhan c. kemenangan Jawaban: kesopanan. 14. Kita di sekolah dapat bermain dengan …. a. teman seagama saja b. teman sebangku saja c. semua teman Jawaban: semua teman. 15. Berbagi bekal dengan teman saat istirahat, termasuk kebersamaan di lingkungan.... a. keluarga b. sekolah c. rumah Jawaban: sekolah.
Baca selengkapnya di artikel "Soal Pancasila Kelas 1 Semester 2 Kurikulum Merdeka & Jawabannya", https://tirto.id/g
4. Contoh soal
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
5. Evaluasi
💫 Kerjakan soal berikut dengan benar!💫
💥Mengamati contoh hak dan kewajiban
1. Lingkungan Sekolah
2. Lingkungan rumah atau masyarakat
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang " Aku anak yang patuh aturan " peraturan adalah ketentuan yang dengan sendirinya memiliki suatu makna normatif; ketentuan yang menyatakan bahwa sesuatu harus (tidak harus) dilakukan, atau boleh (tidak boleh) dilakukan.
hak adalah kuasa menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan oleh pihak tertentu. Sementara
kewajiban adalah sebuah beban memberikan suatu hal yang sudah semestinya diberikan oleh pihak tertentu.
Selanjutnya kesimpulan dari materi P5 yaitu tentang " Hidup Berkelanjutan " dengam menggambarkan dan meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan dengan Tema :Hidup Berkelanjutan Lele Kangkung ( Lekung )
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 24 November 2023 kita yaitu P5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar