Kamis, 23 Oktober 2025

Materi Ajar Kamis, 23 Oktober 2025

 Terjual Dompet KW SUPER | LEVIS - DUNHILL - HERMES - IMPERIAL HORSE | KASKUS

Hari / Tanggal             : Kamis 23  Oktober 2025

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :  P. Pancasila, B. indonesia dan sbdp 

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan

Metode Pembelajaran :Membaca dan menulis permulaan (  MMP) " Bahasa Indonesia 
Diskusi ( Matematika )  dan Latihan soal ( Lkpd) ( Bahasa Indonesia ) 

Media Pembelajaran : Alat Peraga Fisik

·       kartu bergambar benda –benda yang dimiliki suku kata “  ca-ci-cu-ce-co" .  

·       alat tulis dan alat warna, buku-buku bacaan fiksi dan nonfiksi yang bertemsa pancaindra.

Media Digital

·       Video Pembelajaran

·       Video pendek tentang mengenal huruf 

💥Cp Pendidikan Pancasila 

💫Murid mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan dilingkungan keluarga..

💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila

     💫Murid mampu menejelaskan arti aturan

     💫Murid Mengidentifikasi aturan di rumah dan di sekolah

💥  Capaian Penbelajaran Sbdp  

menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.

 💥Tujuan Pembelajaran sbdp 

💥Murid    Menilai karya (gambar, lukisan, kolase) dan penciptaan karya seni rupa (gambar, lukisan, kolase) dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.

·        💥Murid mengamati karya seni rupa sederhana (gambar, lukisan, kolase).

💫1.

💥  Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia 

 Muridmampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.  Murid mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

 💥Tujuan Pembelajaran ( TP) B.Indonesia 

    💫1.1  ·   Murid   dapat  melafalkan huruf, membaca suku kata yang diawali dengan huruf”b”Peserta didik mampu membaca dengan benar berbagai teks.

2.  Materi ajar

Let's Check This Video 

sbdp 




💫sbdp 

🎨 Pengertian Warna:

Warna ada yang utama dan ada yang campuran.

  1. Warna Primer (Utama)
    👉 Warna yang tidak bisa dibuat dari campuran warna lain.
    Contohnya:

  • Merah

  • Kuning

  • Biru

  1. Warna Sekunder (Campuran Dua Warna Primer)
    👉 Warna yang dibuat dengan mencampur dua warna primer.
    Contohnya:

  • Merah + Kuning = Oranye

  • Kuning + Biru = Hijau

  • Biru + Merah = Ungu

  1. Warna Tersier (Campuran Warna Primer dan Sekunder)
    👉 Warna yang dibuat dari campuran satu warna primer dengan satu warna sekunder di sebelahnya.
    Contohnya:

  • Merah + Oranye = Merah-oranye

  • Kuning + Hijau = Kuning-hijau

  • Biru + Ungu = Biru-ungu

✨ Jadi, warna primer adalah warna dasar, sekunder hasil campuran dua warna dasar, dan tersier hasil campuran warna primer dengan sekunder.

🎨 Warna Panas dan Warna Dingin

1. Warna Panas (Hangat)

👉 Warna yang memberi kesan panas, semangat, dan berenergi.
Contohnya:

  • Merah ❤️

  • Oranye 🟠

  • Kuning 💛

✨ Warna ini sering dihubungkan dengan api dan matahari.


2. Warna Dingin

👉 Warna yang memberi kesan sejuk, tenang, dan damai.
Contohnya:

  • Biru 💙

  • Hijau 💚

  • Ungu 💜

✨ Warna ini sering dihubungkan dengan air, langit, dan pepohonan.

💫P. Pancasila 

Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 
Let's Check This Video 

Pendidikan Pancasila 

 



💫Pendidikan Pncasila 

👉 Aturan adalah kesepakatan yang harus kita ikuti supaya kegiatan berjalan dengan baik dan semua merasa nyaman.


Rabu, 22 Oktober 2025

Materi Ajar, Kamis 23 Oktober 2025

  Terjual Dompet KW SUPER | LEVIS - DUNHILL - HERMES - IMPERIAL HORSE | KASKUS

Hari / Tanggal             : Kamis 23  Oktober 2025

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :  P. Pancasila, B. indonesia dan sbdp 

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan

Metode Pembelajaran :Membaca dan menulis permulaan (  MMP) " Bahasa Indonesia 
Diskusi ( Matematika )  dan Latihan soal ( Lkpd) ( Bahasa Indonesia ) 

Media Pembelajaran : Alat Peraga Fisik

·       kartu bergambar benda –benda yang dimiliki suku kata “  ca-ci-cu-ce-co" .  

·       alat tulis dan alat warna, buku-buku bacaan fiksi dan nonfiksi yang bertemsa pancaindra.

Media Digital

·       Video Pembelajaran

·       Video pendek tentang mengenal huruf 

💥Cp Pendidikan Pancasila 

💫Murid mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan dilingkungan keluarga..

💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila

     💫Murid mampu menejelaskan arti aturan

     💫Murid Mengidentifikasi aturan di rumah dan di sekolah

💥  Capaian Penbelajaran Sbdp  

menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.

 💥Tujuan Pembelajaran sbdp 

💥Murid    Menilai karya (gambar, lukisan, kolase) dan penciptaan karya seni rupa (gambar, lukisan, kolase) dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.

·        💥Murid mengamati karya seni rupa sederhana (gambar, lukisan, kolase).

💫1.

💥  Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia 

 Muridmampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.  Murid mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

 💥Tujuan Pembelajaran ( TP) B.Indonesia 

    💫1.1  ·   Murid   dapat  melafalkan huruf, membaca suku kata yang diawali dengan huruf”b”Peserta didik mampu membaca dengan benar berbagai teks.

2.  Materi ajar

Let's Check This Video 

sbdp 




💫sbdp 

🎨 Pengertian Warna:

Warna ada yang utama dan ada yang campuran.

  1. Warna Primer (Utama)
    👉 Warna yang tidak bisa dibuat dari campuran warna lain.
    Contohnya:

  • Merah

  • Kuning

  • Biru

  1. Warna Sekunder (Campuran Dua Warna Primer)
    👉 Warna yang dibuat dengan mencampur dua warna primer.
    Contohnya:

  • Merah + Kuning = Oranye

  • Kuning + Biru = Hijau

  • Biru + Merah = Ungu

  1. Warna Tersier (Campuran Warna Primer dan Sekunder)
    👉 Warna yang dibuat dari campuran satu warna primer dengan satu warna sekunder di sebelahnya.
    Contohnya:

  • Merah + Oranye = Merah-oranye

  • Kuning + Hijau = Kuning-hijau

  • Biru + Ungu = Biru-ungu

✨ Jadi, warna primer adalah warna dasar, sekunder hasil campuran dua warna dasar, dan tersier hasil campuran warna primer dengan sekunder.

🎨 Warna Panas dan Warna Dingin

1. Warna Panas (Hangat)

👉 Warna yang memberi kesan panas, semangat, dan berenergi.
Contohnya:

  • Merah ❤️

  • Oranye 🟠

  • Kuning 💛

✨ Warna ini sering dihubungkan dengan api dan matahari.


2. Warna Dingin

👉 Warna yang memberi kesan sejuk, tenang, dan damai.
Contohnya:

  • Biru 💙

  • Hijau 💚

  • Ungu 💜

✨ Warna ini sering dihubungkan dengan air, langit, dan pepohonan.

💫P. Pancasila 

Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 
Let's Check This Video 

Pendidikan Pancasila 

 



💫Pendidikan Pncasila 

👉 Aturan adalah kesepakatan yang harus kita ikuti supaya kegiatan berjalan dengan baik dan semua merasa nyaman.

Contoh aturan di kelas 1:

  • Masuk kelas tepat waktu.

  • Mengangkat tangan sebelum berbicara.

  • Membuang sampah pada tempatnya.

  • Saling menghormati teman dan guru.

🌟 Pengertian Aturan

Aturan adalah kesepakatan yang harus dipatuhi agar kehidupan menjadi tertib, aman, dan menyenangkan.


                                                

🏠 Contoh Aturan di Rumah

  • Bangun tidur tepat waktu.

  • Makan sambil duduk dengan rapi.

  • Merapikan mainan setelah digunakan.

  • Menghormati orang tua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar