Hari / Tanggal : Rabu 06 September 2023
Kelas : 1 A
Mapel : Matematika dan SBDP
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan1. 💥 Capaian Penbelajaran Matematika
💫Peserta didik dapat menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20
Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara)
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika
💫1.1 Peserta didik dapat menentukan dan menuliskan pola bilangan dengan bantuan gambar atau objek sederhana.
💫2.1 Peserta didik dapat menentukan dan menuliskan pola bilangan dengan bantuan angka sampai 20
Capaian Penbelajaran SBDP :
💫Peserta didik mampu mengamati elemen-elemen rupa di lingkungan kesehariannya dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan menggunakan bentuk-bentuk dasar geometris. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk, memotong, dan merekat.
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
💫 1. 1 Peserta didik dapat menjelaskan macam-macam garis dan bentuk.
💫1. 2 Peserta didik dapat menjelaskan cara menempel dan memotong aneka bentuk.
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu menceritakan cara membaca permulaan dengan benar dan makna Bilangan 1 sampai dengan 10 .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Matematika "Bab 2 " Menguraikan dan menyusun bilangan " ". dan SBDP Bab 1 tentang " Seni rupa "
3. Materi Ajar
VIDEO PEMBELAJARAN
Matematika
"Bab 2 " Menguraikan dan menyusun bilangan "
Let’s check this video
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
BaB 1 Seni Rupa
Di dalam kehidupan sehari-hari, lambang bilangan atau angka menjadi salah satu simbol untuk menyatakan sesuatu, menghitung, dan lainnya.
Bahkan, lambang bilangan 1 hingga 10 telah digunakan sejak manusia di dalam kandungan, tepatnya saat usia kehamilan.
Terdapat makna-makna filosofi di dalam setiap angka atau lambang bilangan yang perlu diketahui, dengan tujuan edukasi anak.
Berdasarkan fungsinya, seni rupa dibedakan menjadi dua, yaitu:
- Seni rupa murni, yaitu seni rupa yang mengutamakan cipta, rasa, dan karsa manusia pada sesuatu yang indah untuk mengekspresikan diri. Contoh: lukisan abstrak, patung nonfiguratif, instalasi konseptual, dll.
- Seni rupa terapan (seni kriya), yaitu seni rupa yang menciptakan karya yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh: batik, anyaman, ukiran kayu, perhiasan emas, dll.
Contoh-Contoh Seni Rupa
Berikut adalah beberapa contoh karya seni rupa dari berbagai jenis dan periode:
- Seni rupa dua dimensi: Monalisa karya Leonardo da Vinci (seni lukis Renaisans), Guernica karya Pablo Picasso (seni lukis Kubisme), Marilyn Monroe karya Andy Warhol (seni lukis Pop Art), dll.
- Seni rupa tiga dimensi: Patung Venus dari Milo (seni patung Yunani kuno), Patung David karya Michelangelo (seni patung Renaisans), Patung Liberty karya Frederic Auguste Bartholdi (seni patung Neoklasik), dll.
- Seni rupa murni: The Starry Night karya Vincent van Gogh (seni lukis Pasca-Impresionisme), The Persistence of Memory karya Salvador Dali (seni lukis Surrealisme), Black Square karya Kazimir Malevich (seni lukis Abstrak), dll.
- Seni rupa terapan: Batik Megamendung dari Cirebon (seni kriya tekstil Indonesia), Keramik Celadon dari Korea (seni kriya keramik Asia), Tiffany Lamp dari Amerika (seni kriya kaca Barat), dll.
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang bilangan 1-20 bahwa dengan mengelompokan jumlah barang yang ada di seitar peserta didik dapat memmahami makna bilangan tersebut dengan baik dan benar dan mampu mengoperasikan hasil dari penjunlahan dan pengurangan . .
Selanjutnya kesimpulan dari materi SBDP yaitu tentang seni rupa dengam menggambarkan unsur unsur seni rupa peserata didik dapat dan mampu memahami makna unsur unsur seni rupa .
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 07 September 2023 kita yaitu mapel Pendidikan Pancasila dan P5 .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar