Hari / Tanggal : Selasa 12 September 2023
Kelas : 1 A
Mapel : Bahasa Indonesia dan Matematika
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan1. 💥 Capaian Penbelajaran Matematika
💫 , peserta didik dapat menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20
Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara)
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika
💫1.1 Peserta didik dapat menentukan dan menuliskan pola bilangan dengan bantuan gambar atau objek sederhana.
💫2.1 Peserta didik dapat menentukan dan menuliskan pola bilangan dengan bantuan angka sampai 20
Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia :
💫 Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespon dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang di bacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
💫2..9 Peserta didik dapat Menyebutkan kata yang diawali suku kata ka-, ki-, ku-, ke-, dan ko- dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi
💫2.10 Peserta didik dapat Menyebutkan kata yang diawali suku kata la-, li-, lu-, le-, dan lo- dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu Mengenai lambang lambang Pancasiala dan Membaca Permulaan .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Bahasa Indonesia BAB 2 " Ayo Bermain "menceritakan cara membaca permulaan dengan benar. dan Matematika Bab 1 tentang " Mengubah dan menyusun Bilangan "
3. Materi ajar
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
Bab 2
" Ayo Bermain"
lets check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Matematika
"Bab 2 " Menguraikan dan menyusun bilangan "
Melafalkan huruf, membaca suku kata yang diawali dengan huruf ‘ M ’, dan menulis nama sendiri
Melafalkan huruf, membaca suku kata yang diawali dengan huruf ‘ N ’, dan menulis nama sendiri
Tanda baca adalah simbol yang tidak berhubungan dengan fonem atau kata dan frasa pada suatu bahasa, melainkan berperan untuk menunjukkan struktur dan organisasi suatu tulisan, dan juga intonasi serta jeda yang dapat di sewaktu pembacaan
Tanda tanya dan tanda seru
Tanda seru (!) digunakan dalam kalimat larangan atau
perintah.
Tanda tanya (?) digunakan dalam kalimat tanya.
Cara membacanya berbeda.
💢Yuk membaca Gunakan intonasi yang benar, ya.
1. Jangan!
2. Apakah kalian mau bermain denganku?
3. Hati-hati!
4. Apakah kamu terluka?
💢 Berikut contoh kalimat perintah !
1. Dilarang Mencoret- coret dinding itu !
2. Tolong ambilkan ambilkan kueitu edo !
💢Berikut contoh kalimat tanya !
1. Edo apakah kamu hari ini membawa buah -buahan ?
2. Lani sudah siapkah kamu mengikuti lomba menghias sepeda ?Di dalam kehidupan sehari-hari, lambang bilangan atau angka menjadi salah satu simbol untuk menyatakan sesuatu, menghitung, dan lainnya.
Bahkan, lambang bilangan 1 hingga 10 telah digunakan sejak manusia di dalam kandungan, tepatnya saat usia kehamilan.
Terdapat makna-makna filosofi di dalam setiap angka atau lambang bilangan yang perlu diketahui, dengan tujuan edukasi anak.
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
1. Butlah 1 kalimat tanya
Jawab :💢 Edo apakah kamu sudah mengerjakan Pr matematika ?
💢Lani berapakah umur adikmu ?
2. Buatlah 1 contoh kalimat Prrintah !
Jawab :
💢 Bulan tolong ambilkan buku di meja itu !
💢Kaka tolong bersihkan mejamu !
Hitunglah pengurangan berikut ini !
Hitunglah penjumlahan berikut ini !
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah kelompokan suku kata vokal dan konsosnan pada huruf vokal terdapat 5 huruf yaitu ( : A, I, U ,E dan O ) ,
Kemudian huruf konsosnan ada 21 huruf yaitu ( B,C,D,F,G,H,J,K,L,M,N,O,P,Q,R,S,T,U,V, X dan Z ), melafakna hurf " M dan N " dan memhami tamda baca (Tanda Tanya ? dan Tanda Seru !
Selanjutnya kesimpulan dari materi matematika yaitu tentang bilangan 1-20 bahwa dengan mengelompokan jumlah barang yang ada di seitar peserta didik dapat memmahami makna bilangan tersebut dengan baik dan benar. Dalam operasi Penjumlahan merupakan penambahan sekelompok bilangan atau lebih menjadi suatu bilangan yang disebut jumlah.
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 13 September 2023 kita yaitu mapel, Matematika dan SBDP
Tetap semangat
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar