Hari / Tanggal : Senin 25 September 2023
Kelas : 1 A
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan1. Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia :
💫Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari audio, teks aural ( teks yang di bacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
💫 2.1 Peserta didik dapat Membaca dengan benar berbagai teks
💫2.2 Peserta didik dapat Mengidentifikasi huruf vokal dan konsonan dalam kata
💫2.3 Peserta didik dapat Mempraktikan membaca dan menulis dengan cara yang benar
💥 Capaian PenbelajaranPendidikan Pancasila
💫Peserta didik mampu. menjelaskan arti aturan,,engidentifikasi aturan di rumah dan di sekolah , mengindentifikasi aturan saat makan dan bermain bersama tema menerapkan sikap mematuhi aturan di rumah
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫2.2 Peserta didik dapat Mengidentifikasi aturan di rumah dan di sekolah
💫3.2 Peserta didik dapat Menjelaskan keragaman di sekitarnya
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu pembe;lajaran P5 dan Pendidikan Pncasila .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Bahasa Indonesia BAB 2 " Ayo Bermain "menceritakan cara membaca permulaan dengan benar. dan Pendidikan Pancasila Bab 2 tentang "Aku Anak Yang Patuh Aturan"
3. Materi ajar
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
BaB2 Ayo bermain ?
et’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Pendidikan Pancasila
"Bab 2 Aku Anak Yang Patuh Peraturan "
Melafalkan huruf, membaca suku kata yang diawali dengan huruf ‘K, dan menulis nama sendiri
Kata-kata apa lagi yang dimulai dengan suku kata" k "
Mengenal hurufj K
Tanda baca adalah simbol yang tidak berhubungan dengan fonem atau kata dan frasa pada suatu bahasa, melainkan berperan untuk menunjukkan struktur dan organisasi suatu tulisan, dan juga intonasi serta jeda yang dapat di sewaktu pembacaan
Tanda tanya dan tanda seru
Tanda seru (!) digunakan dalam kalimat larangan atau
perintah.
Tanda tanya (?) digunakan dalam kalimat tanya.
Cara membacanya berbeda.
💢Yuk membaca Gunakan intonasi yang benar, ya.
1. Jangan!
2. Apakah kalian mau bermain denganku?
3. Hati-hati!
4. Apakah kamu terluka?
💢 Berikut contoh kalimat perintah !
1. Dilarang Mencoret- coret dinding itu !
2. Tolong ambilkan ambilkan kueitu edo !
💢Berikut contoh kalimat tanya !
1. Edo apakah kamu hari ini membawa buah -buahan ?
2. Lani sudah siapkah kamu mengikuti lomba menghias sepeda ?
Disiplin merupakan suatu sikap taat dan patuh terhadap peraturan yang berlaku, sering kali disebut sebagai tantangan diri sendiri dan sulit untuk dilakukan. Tidak semua orang bisa disiplin, karena itu sikap disiplin harus dilatih atau ditanamkan sejak dini agar terbiasa untuk melakukan sesuatu secara disiplin,
Kepatuhan merupakan sikap disiplin atau perilaku taat terhadap suatu perintah maupun aturan yang ditetapkan, dengan penuh kesadaran. Kepatuhan sebagai perilaku positif dinilai sebagai sebuah pilihan. Artinya, individu memilih untuk melakukan, mematuhi, merespon secara kritis terhadap aturan, hukum, norma sosial, permintaan maupun keinginan dari seseorang yang memegang otoritas ataupun peran penting. Kepatuhan dapat terjadi dalam bentuk apapun, selama individu tersebut melakukan perilaku taat terhadap sesuatu atau seseorang
Contoh Aturan di Rumah
- Tidak menonton televisi sampai larut malam
- Minta izin atau berpamitan jika ingin bepergian
- Menghormati orang tua
- Meletakkan sepatu di rak sepatu
- Membantu orang tua
- Sopan dalam bertutur kata
- Patuh kepada orang tua
Contoh Aturan di Sekolah
- Tidak terlambat
- Memakai seragam sekolah
- Tidak membuat kegaduhan
- Tidak mencoret-coret meja dan kursi
- Melaksanakan piket
- Mengikuti upacara bendera
- Meminta izin jika keluar kelas
Keragaman Suku
Keragaman Bahasa Daerah
Keragaman Agama
Keragaman Kepercayaan
Manfaat Keragaman yang Ada di Masyarakat
- Keragaman dalam masyarakat memberikan kita banyak wawasan mengenai agama, suku, adat istiadat, bahasa daerah, dan sebagainya.
- Mempererat rasa persaudaraan masyarakat Indonesia walaupun memiliki perbedaan.
- Indonesia memiliki kekayaan berupa budaya yang berbeda dengan bangsa lain.
- Kadal.
- Kakak Tua.
- Kaki Seribu.
- Kalajengking.
- Kalkun.
- Kalong.
- Kambing.
- Kancil.
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah kelompokan suku kata vokal dan konsosnan pada huruf vokal terdapat 5 huruf yaitu ( : A, I, U ,E dan O ) ,
Kemudian huruf konsosnan ada 21 huruf yaitu ( B,C,D,F,G,H,J,K,L,M,N,O,P,Q,R,S,T,U,V, X dan Z ), melafakna hurf "H " dan memhami tamda baca (Tanda Tanya ? dan Tanda Seru ! )
Selanjutnya kesimpulan dari materi tentang " Aku anak yang patuh aturan" sikap taat dan patuh terhadap peraturan yang berlaku, sering kali disebut sebagai tantangan diri sendiri dan sulit untuk dilakukan maka dari itu ananda sholeh sholeha harus memiliki sikap patuh terhadap aturan .Keberagaman adalah suatu kondisi dimana masyarakat dapat memahami dan menghormati perbedaan dari segala aspek yang dapat menyatukan negara ...
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 26 September 2023 kita yaitu mapel Matematik dan Bahasa Indonesia .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar