Rabu, 20 Maret 2024

Materi Ajar Rabu 20 Maret 2024

 


Terjual Dompet KW SUPER | LEVIS - DUNHILL - HERMES - IMPERIAL HORSE | KASKUS


Hari / Tanggal              =Rabu 20  Maret 2024

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :  Matematika dan SBDP

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan
         

1. 💥  Capaian Penbelajaran Matematika

    💫  peserta didik mampu  menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara).

💥Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika

     💫1.1 Peserta didik dapat menentukan dan menuliskan pola bilangan dengan bantuan gambar atau objek sederhana.

💫2.1 Peserta didik dapat menentukan dan menuliskan pola bilangan dengan bantuan angka sampai 20

 Capaian Penbelajaran SBDP :

    💫Peserta didik mampu mampu mengimitasi bunyi-musik sederhana dengan mengenal unsur-unsur bunyi-musik baik intrinsik maupun ekstrinsik.

💥  Tujuan Pembelajaran (TP) SBDP

   💢Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai suara alat musik, ritmis maupun melodis

2. . Apersepsi

 Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas  kemarin  yaitu  menceritakan cara membaca permulaan dengan benar dan aljabar  .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai  pola bilangan (Aljabar) dan  SBDP  "Dengarkan dan Bunyikan"

3. Materi ajar





Let’s check this video

Video Pembelajaran

Matematika




💫Matematika
           
   Aljabar merupakan ilmu yang mempelajari simbol-simbol matematika dan aturan untuk memanipulasi simbol-simbol ini.. aljabar adalah cabang matematika yang memakai tanda-tanda dan huruf-huruf dalam memberi gambaran mewakili angka-angka

 

macam-macam satuan matematika

satuan panjang

💥Kilometer (km)
💥Hektometer (hm)
💥Dekameter (dam)
💥Meter (m)
💥Desimeter (dm)
💥Centimeter (cm)
💥Milimeter (mm)

contoh satuan tidak baku 

Contoh satuan tidak baku untuk panjang adalah jengkal telapak tangan, jengkal telapak kaki, lengan, hasta, ataupun depa. Satuan baku adalah satuan yang sudah ditetapkan secara internasional. Contoh satuan baku untuk panjang adalah meter (mm, cm, km), inch, mile dll. Contoh satuan tidak baku untuk Luas adalah kedok.





Satuan Luas

💥Kilometer persegi (km²)
💥Hektometer persegi (hm²)
💥Dekameter persegi (dam²)
💥Meter persegi (m²)
💥Desimeter persegi (dm²)
💥Centimeter persegi (cm²)
💥Milimeter persegi (mm²)





 4, Contoh Soal

1.      Kerjakan dengan cara bersususn panjang

a.       36 + 33 =

b.      44+25=

c.       71+ 21=

 

2.      Berikan tanda perbandingan > , < atau  =

a.       81 ... 80

b.      47 .... 58

c.       56 .....56

3.      Ibu mempunyai 36


gelas . Membeli lagi sebnayak 30 buah gelas . Berapa jumlah gelas ibu semunya ...

 

4.      Pukul berapakah yang ditunjukan jam di bawah ini

 

a.        


Pukul

b.     


Pukul  

 

5.     


Bagaimanakah urutan benda mulai dari yang paling ringan



 💫 SBDP 
 Alat musik ritmis adalah yang tidak bernada, namun menghasilkan irama. Sebaliknya, alat musik melodis adalah yang berfungsi memainkan melodi lagu dan memiliki nada



 
 
 
5.  Evaluasi   
💫 Kerjakan soal
un

1.      Sebutkan contoh alat musik ritmis ...

 

2.     


Apa yang dimaksud dengan kostum ...

 

3.     


Perhatikan gambar disamping Cita sedang berkatih menari . Cita mengayunkan tangan dengan pelan. Cita bergerak dengan irama

 

4.      Perhatikan ke 2 gambar berikut ini . Bunyi yang dihasilakn dari alat musik tersebut adalah ..

 

a.      


 Gitar menghasilkan bunyi ..

b.     


 Terompet menghasilakn bunyi ..

 

5.      Percampuran warna berikut akan menghasikan warna ..

a.       Merah dan Kuning menghasilkan warna ....

b.      Biru dan kuning menghasilkan warna ...

c.       Hijau dan merah menghasilkan warna ....

6. Penutup

    Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang

Mengeksploitasi atau mengeksplorasi banyak benda adalah, kegiatan mengelompokan benda berdasarkan suatu kriteria yang di pilih. Dengan pengelompokan benda tersebut kita dapat menyimpulkan benda mana yang paling banyak di sukai atau benda yang paling sedikit peminatnya.

    Selanjutnya kesimpulan dari materi SBDP yaitu Alat musik ritmis adalah yang tidak bernada

, namun menghasilkan irama. Sebaliknya, alat musik melodis adalah yang berfungsi memainkan melodi lagu dan memiliki nada

 Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami  Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 21  Maret 2024 kita yaitu mapel Pendidikan Pancasila dan P5 .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar