Hari / Tanggal = Selasa 05 Maret 2024
Kelas : 1 A
Mapel : Bahasa Indonesia dan Matematika
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan1. 💥 Capaian Penbelajaran Matematika
💫 peserta didik mampu menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara).
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika
💫1.1 Siswa dapat memahami dan menguasai keterampilan menjumlahkan bilangan 1 digit yang hasilnya di atas angka 11.
💫12. Siswa dapat memformulasikan situasi penjumlahan ke dalam operasi hitung dan bisa membaca operasi hitung.
Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia :
💫 Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali nmenggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru,dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
💫 2.1 peserta didid dapat Menyimak, Membaca dan Memirsa,
💫2.2 Peserta didik dapat Berbicara dan Mempresentasikan, Menulis
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu aku cinta lingkungan sekitar dan menyimak dan memirisa .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Bahasa Indonesia "huruf vokal konsosnan dan Matematika " Aljabar "
3. Materi ajar
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
💢Tanda baca adalah simbol yang tidak berhubungan dengan fonem atau kata dan frasa pada suatu bahasa, melainkan berperan untuk menunjukkan struktur dan organisasi suatu tulisan, dan juga intonasi serta jeda yang dapat di sewaktu pembacaan
Tanda tanya dan tanda seru
Tanda seru (!) digunakan dalam kalimat larangan atau
perintah.
Tanda tanya (?) digunakan dalam kalimat tanya.
Cara membacanya berbeda.
💢Yuk membaca Gunakan intonasi yang benar, ya.
1. Jangan!
2. Apakah kalian mau bermain denganku?
3. Hati-hati!
4. Apakah kamu terluka?
💢 Berikut contoh kalimat perintah !
1. Dilarang Mencoret- coret dinding itu !
2. Tolong ambilkan ambilkan kueitu edo !
💢Berikut contoh kalimat tanya !
1. Edo apakah kamu hari ini membawa buah -buahan ?
2. Lani sudah siapkah kamu mengikuti lomba menghias sepeda ?
Mengamati
Yuk sama sama kita simak dan mengamati 2 jenis uang berikut ini
Uang adalah alat tukar atau standar pengukur nilai
lets check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Matematika
💥Kilometer (km)
💥Hektometer (hm)
💥Dekameter (dam)
💥Meter (m)
💥Desimeter (dm)
💥Centimeter (cm)
💥Milimeter (mm)
💥Kilometer persegi (km²)
💥Hektometer persegi (hm²)
💥Dekameter persegi (dam²)
💥Meter persegi (m²)
💥Desimeter persegi (dm²)
💥Centimeter persegi (cm²)
💥Milimeter persegi (mm²)
Satuan luas untuk wilayah yang besar
- Pikiran luas bujur sangkar dengan sisi 1 m.
a. Luas bujursangkar dengan sisi 1 m2
b. Luas bujursangkar dengan sisi 10 m2
c. Luas bujursangkar dengan sisi 100 m2
(b) Bujur sangkar dengan sisi 1 m
10 x 10 = 100 (petak)
1a = 100 m2
(c) Bujur sangkar dengan sisi 1 m
100 x 100 = 100000 (petak)
1 ha = 10.000 m2
1 ha = 100 a
1. Tunjukkan satuan dalam ( ) luas berikut.
① 300 m2 (a) ② 1.000 m2 (a)
③ 100 m2 (a) ④ 7a (m2)
[① 3a ② 10a ③ 1a ④ 700 m2]
1. Tunjukkanlah dalam satuan dalam ( ) luas berikut.
① 70000 m2 (ha) ② 90000 m2 (ha)
③ 6ha (m2) ④ 10 ha (m2)
[① 7ha ② 9ha ③ 60000 m2 ④ 100000 m2]
Celengan Ruru
Pada siang itu, sepulang dari sekolah Ruru berencana memecahkan celengannya.
Tadi di sekolah Ruru mendengar Piko, sahabatnya, terpeleset dan patah kakinya. Piko belum bisa sekolah. Piko harus istirahat.
Ruru hendak menjenguk Piko. Dia memecahkan celengannya dan membelikannya madu kesukaannya.
Piko sangat gembira, dipeluknya Ruru lalu Piko mencicipi madu pemberian Ruru.
pada sore harinya, Ibu Ruru masuk ke kamar Ruru.
Ibu Ruru mengajaknya pergi ke pasar swalayan.
Ruru baru ingat. Sore ini dia bersama ibunya akan pergi membeli baju baru dengan uang celengannya.
Ruru menjelaskan kepada ibunya bahwa ia tidak jadi membeli baju baru karena uang celengannya habis untuk menjenguk sahabatnya.
Ibu Ruru memujinya karena Ruru berusaha menghibur sahabatnya walaupun mengorbankan tabungannya.
Akhirnya atas kebaikan Ruru, Ibu membelikannya baju baru.
1. . Nama sahabat Ruru adalah....
Jawaban: Piko
2 Saat Ruru menjenguk Piko, ia membawakan....
Jawaban: madu
3. Ibu Ruru mengajak Ruru pergi ke....
Jawaban: pasar swalayan
4. Ruru berencana menggunakan uang celengannya untuk membeli....
Jawaban: baju
5. Ibu Ruru memujinya karena Ruru bersikap baik kepada....
Jawaban: sahabatnya
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah kelompokan suku kata vokal dan konsosnan pada huruf vokal terdapat 5 huruf yaitu ( : A, I, U ,E dn O ) ,
Kemudian huruf konsosnan ada 21 huruf yaitu ( B,C,D,F,G,H,J,K,L,M,N,O,P,Q,R,S,T,U,V, X dan Z )
, melafakna hurf " g " dalam suku kata ga gi gu ge go dan memhami tamda baca (Tanda Tanya ? dan Tanda Seru !
Selanjutnya kesimpulan dari materi matematika yaitu tentang Aljabar merupakan ilmu yang mempelajari simbol-simbol matematika dan aturan untuk memanipulasi simbol-simbol ini dan memformulasikan situasi penjumlahan ke dalam operasi hitung dan bisa membaca operasi hitung..
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 06 Maret 2024 kita yaitu mapel, p5 dan pendidikan pancasila .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar