Hari / Tanggal : Selasa 22 Juli 2024
Kelas : 1 A
Mapel : Pendidikan Pancasila dan B.indonesia
💥 Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukan minat pada tuturan yang di dengar yang penuh perhatian.
Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
💥Tujuan Pembelajaran ( TP) B.Indonesia
💫1.1 Peserta didik dapat Menyimpulkan informasi dalam teks cerita gambar
💥 Capaian Penbelajaran Matematika
peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan
💥Tujuan Pembelajaran Matematika
💫1.1 Menghitung banyak benda sampai 10.
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang kegiatan pembelajaran di hari senin kemarin ananda sholeh sholeha, kemarain kita sudah belajar tentang mata pelajaran P. pancasila ( lambang pancasila dan sila- sila pancasila) dan Mata pelajaran B.Indonesia ( membaca permulaan ) .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Pembelajaran Matematika ( Bilangan 1-10) dan B.Indonesia ( membaca permulaan)
3. Materi ajar
Let's Check This Video
Matematika
Bilangan adalah angka yang kita gunakan untuk menghitung benda.
Contohnya:
1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya.
Kita bisa menggunakan bilangan untuk:
Menghitung pensil: "Ada 3 pensil."
Menyebut urutan: "Saya duduk di bangku nomor 2."
Menunjukkan umur: "Umur saya 6 tahun."
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Melafalkan huruf, membaca suku kata yang diawali dengan huruf ‘b’, dan menulis nama sendiri
Yuuk kita simakk
Diskusikan gambar di atas dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.
- Pernahkah kalian mendengar suara “Duk! Duk!”?
- Biasanya, apa yang berbunyi “Duk! Duk!”?
- Apa yang kalian lihat pada gambar di atas?
- Menurut kalian, apa isi ceritanya?
Menyimak
Duk! Duk! Duk!
Itu bola Boni
Bola Boni biru.
Duk duk duk
Bola kena batu.
Aduh! Bola jadi basah.
Wah, ada yang bermain dengan bola Boni!
Di mana bola Boni kini?
Membaca
Huruf apa ini?
Bagaimana bunyinya?
Bacalah bersama teman-teman.
Huruf kapital dan huruf kecil berbeda bentuknya.
Membaca
Lafalkan huruf ini: B b
Lalu, lafalkan huruf yang terdapat pada kata-kata berikut
Baju
ba - ju
b - a-j-u
✅ A. Pilihan Ganda
1. Angka setelah 4 adalah ...
a. 3
b. 5
c. 2
Jawaban: b. 5
2. Bilangan yang lebih besar dari 7 adalah ...
a. 5
b. 6
c. 8
Jawaban: c. 8
3. Perhatikan gambar berikut:
🍎🍎🍎🍎
Ada berapa buah apel di atas?
a. 3
b. 4
c. 5
Jawaban: b. 4
4. Bilangan genap di bawah ini adalah ...
a. 1
b. 2
c. 3
Jawaban: b. 2
✅ B. Isian Singkat
1. Tuliskan angka setelah 9!
Jawaban: 10
2. Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil: 7, 3, 5
Jawaban: 3, 5, 7
3. Tulis lambang bilangan dari: Lima
Jawaban: 5
4. 2 + 3 = ...
Jawaban: 5
5. Bilangan sebelum 6 adalah ...
Jawaban: 5
💫B.Indonesia
Gambar: 🐱 (Gambar kucing)
Kalimat: "Ini kucing Ani."
Pertanyaan:
Siapa yang punya kucing?
a. Budi
b. Ani
c. Ibu
Jawaban: b. Ani
✅ 2. Soal Bergambar – Isian Singkat
Gambar: 🍎🍎🍎 (Gambar 3 apel)
Kalimat: "Sinta punya ... apel."
Jawaban: tiga
✅ 3. Soal Bergambar – Menyusun Kata
Gambar: 👧🍚 (Gambar anak perempuan dan nasi)
Kata-kata: makan – Siti – nasi
Pertanyaan:
Susunlah kata-kata menjadi kalimat yang benar!
Jawaban: Siti makan nasi
✅ 4. Soal Bergambar – Kalimat Benar/Salah
Gambar: 👦🚲 (Gambar anak laki-laki naik sepeda)
Kalimat: "Budi naik sepeda."
Pertanyaan:
Kalimat di atas benar atau salah?
Jawaban: Benar
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran matematika ialahBilangan adalah angka yang kita gunakan untuk menghitung benda. dan kesimpulan pembelajaran b.indonesia Membaca permulaan merupakan tahap awal dalam belajar membaca yang difokuskan kepada mengenal simbol- simbol atau tanda-tanda yang berkaitan dengan hurf-huruf sehingga menjadi pondasi agar anak dapat melanjutkan ketahap membaca permulaan
7. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 23 Juli 2025 kita yaitu Pendidikan anti korupsi dan sbdp
Tidak ada komentar:
Posting Komentar