Hari / Tanggal =Rabu 28 Februari 2024
Kelas : 1 A
Mapel : Matematika dan SBDP
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan1. 💥 Capaian Penbelajaran Matematika
💫 peserta didik mampu menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara).
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika
💫1.1 Peserta didik dapat menentukan dan menuliskan pola bilangan dengan bantuan gambar atau objek sederhana.
💫2.1 Peserta didik dapat menentukan dan menuliskan pola bilangan dengan bantuan angka sampai 20
Capaian Penbelajaran SBDP :
💫Peserta didik mampu mampu mengimitasi bunyi-musik sederhana dengan mengenal unsur-unsur bunyi-musik baik intrinsik maupun ekstrinsik.
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) SBDP
💢Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai suara alat musik, ritmis maupun melodis
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu menceritakan cara membaca permulaan dengan benar dan aljabar .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai pola bilangan (Aljabar) dan SBDP "Dengarkan dan Bunyikan"
3. Materi ajar
Let’s check this video
Video Pembelajaran
Matematika
💥Kilometer (km)
💥Hektometer (hm)
💥Dekameter (dam)
💥Meter (m)
💥Desimeter (dm)
💥Centimeter (cm)
💥Milimeter (mm)
💥Kilometer persegi (km²)
💥Hektometer persegi (hm²)
💥Dekameter persegi (dam²)
💥Meter persegi (m²)
💥Desimeter persegi (dm²)
💥Centimeter persegi (cm²)
💥Milimeter persegi (mm²)
Satuan luas untuk wilayah yang besar
- Pikiran luas bujur sangkar dengan sisi 1 m.
a. Luas bujursangkar dengan sisi 1 m2
b. Luas bujursangkar dengan sisi 10 m2
c. Luas bujursangkar dengan sisi 100 m2
(b) Bujur sangkar dengan sisi 1 m
10 x 10 = 100 (petak)
1a = 100 m2
(c) Bujur sangkar dengan sisi 1 m
100 x 100 = 100000 (petak)
1 ha = 10.000 m2
1 ha = 100 a
1. Tunjukkan satuan dalam ( ) luas berikut.
① 300 m2 (a) ② 1.000 m2 (a)
③ 100 m2 (a) ④ 7a (m2)
[① 3a ② 10a ③ 1a ④ 700 m2]
1. Tunjukkanlah dalam satuan dalam ( ) luas berikut.
① 70000 m2 (ha) ② 90000 m2 (ha)
③ 6ha (m2) ④ 10 ha (m2)
[① 7ha ② 9ha ③ 60000 m2 ④ 100000 m2]
1. Ketukan atau ayunan secara berulang-ulang yang datang secara teratur dan dalam waktu yang sama disebut....
a. irama
b. birama
c. nada
Jawaban: B
2. Lagu dengan jumlah hitungan dua ketukan setiap ruas biramanya disebut lagu berbirama....
a. birama 2/4
b. birama 3/4
c. birama 4/4
Jawaban: A
3. Contoh lagu yang berbirama 2/4 adalah....
a. Pergi Belajar
b. Kunang-Kunang
c. Burung Tantina
Jawaban: A
4. Lagu dengan jumlah hitungan tiga ketukan setiap ruas biramanya disebut lagi berbirama....
a. birama 2/4
b. birama 3/4
c. birama 4/4
Jawaban: B
5. Contoh lagu yang berbirama 3/4 adalah....
a. Naik Delman
b. Tik tik Bunyi Hujan
c. Terimakasihku
Jawaban: C
6. Lagu dengan jumlah hitungan empat ketikan setiap ruas biramanya disebut lagu berbirama....
a. birama 2/4
b. birama 3/4
c. birama 4/4
Jawaban: C
7. Contoh lagu yang berbirama 4/4 adalah....
a. Naik Delman
b. Ambilkan Bulan Bu
c. Terimakasihku
Jawaban: B
8. Lagu Manuk Dadali berasal dari daerah....
a. Aceh
b. Riau
c. Jawa Barat
Jawaban: C
9. Lagu Potong Bebek Angsa berasal dari daerah....
a. Aceh
b. Riau
c. Nusa Tenggara
Jawaban: C
10. Lagu Ampar-ampar pisang berasal dari daerah....
a. Aceh
b. Riau
c. Kalimantan Selatan
Jawaban: C
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang
Mengeksploitasi atau mengeksplorasi banyak benda adalah, kegiatan mengelompokan benda berdasarkan suatu kriteria yang di pilih. Dengan pengelompokan benda tersebut kita dapat menyimpulkan benda mana yang paling banyak di sukai atau benda yang paling sedikit peminatnya.
Selanjutnya kesimpulan dari materi SBDP yaitu Alat musik ritmis adalah yang tidak bernada
, namun menghasilkan irama. Sebaliknya, alat musik melodis adalah yang berfungsi memainkan melodi lagu dan memiliki nada
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 29 Februari 2024 kita yaitu mapel Pendidikan Pancasila dan P5 .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar