Hari / Tanggal = Senin 19 Februari 2024
Kelas : 1 A
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan1. Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia :
💫 Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali nmenggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru,
dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan. Elemen Capaian Pembelajaran
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
💫 2.1 peserta didid dapat Menyimak, Membaca dan Memirsa,
💫2.2 Peserta didik dapat Berbicara dan Mempresentasikan, Menulis
💥 Capaian PenbelajaranPendidikan Pancasila
💫Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, minat dan perilakunya, dan menyebutkan karakteristik fisik dan non-fisik orang dan benda yang ada di rumah dan di sekolah, serta membedakan identitas dirinya dengan teman-temannya di lingkungan rumah dan di sekolah
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫1.1Peserta didik dapat mengidentifikasi dan menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, minat dan perilakunya dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
💫 1.2Peserta didik dapat mengamati dan menjelaskan identitas teman di kelas seusia dengan jenis kelamin, minat dan perilakunya dan menghargai perbedaan
💫Peserta didik dapat mengidentifikasi dan menunjukkan karakteristik fisik dan non-fisik orang dan benda yang ada di rumah an di sekolah dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu pembe;lajaran P5 dengan Tema " Kearifan lokal " .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Bahasa Indonesia "menceritakan cara membaca permulaan dengan benar. dan Pendidikan Pancasila tentang "Aku Suka Bergotong Royong "
3. Materi ajar
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
1. ga: gadis, ganteng, gambar
2. ge: gelas, gemuk, gerak
3. gi: gigi, gitar, gimnastik
4. go: gol, gondok, gorila
5. gu: guru, gula, gulung
💢Tanda baca adalah simbol yang tidak berhubungan dengan fonem atau kata dan frasa pada suatu bahasa, melainkan berperan untuk menunjukkan struktur dan organisasi suatu tulisan, dan juga intonasi serta jeda yang dapat di sewaktu pembacaan
💢Yuk membaca Gunakan intonasi yang benar, ya.
1. Jangan!
2. Apakah kalian mau bermain denganku?
3. Hati-hati!
4. Apakah kamu terluka?
💢 Berikut contoh kalimat perintah !
1. Dilarang Mencoret- coret dinding itu !
2. Tolong ambilkan ambilkan kueitu edo !
💢Berikut contoh kalimat tanya !
1. Edo apakah kamu hari ini membawa buah -buahan ?
2. Lani sudah siapkah kamu mengikuti lomba menghias sepeda ?
💢Menyimak merupakan kegiatan meresepsi, mengolah, serta menginterpretasi suatu permasalahan dengan melibatkanpancaindera seseorang.
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Pendidikan Pancasila
Negara Kesatuan Republik Indonesia
Pendidikan Pancasila Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Gotong royong berasal dari kata gotong yang berarti bekerja dan juga royong yang berarti bersama.
Sehingga gotong royong bisa juga diartikan sebagai tindakan untuk melakukan sebuah pekerjaan secara bersama-sama.
Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gotong royong adalah bekerja bersama-sama.
Jadi gotong royong juga memiliki keterkaitan dengan tolong menolong atau saling membantu yang bisa dilakukan antar anggota
- Kerja Bakti.
- Tanggap Bencana.
- Musyawarah.
- Panen Raya.
- Belajar Bersama.
ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah
- Ruang Keluarga. Bagian rumah selanjutnya yang akan kita bahas adalah ruang keluarga atau ruang tengah. ...
- Ruang Makan. ...
- Dapur Rumah. ...
- Kamar Tidur. ...
- Kamar Mandi. ...
- Ruang Ibadah. ...
- Gudang. ...
- Taman Rumah.
5. Evaluasi
Nama :
Kelas :
Petunjuk !
a. Peserta didik dapat memilih ketua anggota kelompok.
b. Peserta didik membagi tugas pekerjaan yang harus dilakukan oleh masing peserta didik.
c. Peserta didik dapat memulai mewarnai dengan memilih warna yang sesuai.
d. Peserta didik yang mendapatkan tugas mempresentasikan di depan kelas setelah gambar selesai.
Desain pembagian tugas dapat diisi berdasarkan kesepakatan!
Ketua : Anggota I :
Anggota II : Anggota III
💢yuk latihan soal soal berikut ini
1.Apabila Sekolah atau kelas kita kotor, yang harus kita
dilakukan adalah ….
2. Mengerjakan PR atau tugas rumah merupakan …. siswa.
3. Menjaga kebersihan rumah adalah tanggung jawab ….
4. Jika lingkungan sekitar kita bersih maka udara menjadi ...
5. Gotong royong merupakan kegiatan yang harus kita
budayakan sejak ….
6. Ayah bekerja untuk memenuhi kebutuhan ….
7. Bergotong royong membersihkan ruang tamu, termasuk
gotong royong yang dilakukan di lingkungan ….
8. Kamar tidur digunakan untuk ….
9. Rumah yang jarang dibersihkan akan membuat
penghuninya tidak ….
10. Ardhan bertetangga dengan Izzar, sebagai tetangga yang baik ardhan dan izzar harus
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah Gotong royong berasal dari kata gotong yang berarti bekerja dan juga royong yang berarti bersama.Jenis-Jenis Gotong Royong
💢Kerja Bakti.
💢Tanggap Bencana.
💢Musyawarah.
💢Panen Raya.
💢Belajar Bersama.
kelompokan suku kata vokal dan konsosnan pada huruf vokal terdapat 5 huruf yaitu ( : A, I, U ,E dan O ) , Kemudian huruf konsosnan ada 21 huruf yaitu
( B,C,D,F,G,H,J,K,L,M,N,O,P,Q,R,S,T,U,V, X dan Z ),
melafakna suku kata ga gi gu ge go dan memhami tamda baca (Tanda Tanya ? dan Tanda Seru ! ) dengan membuat kalimat perintah dan kalimat tanya dengan baik dan benar
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 20 Februari 2024 kita yaitu mapel Matematik dan Bahasa Indonesia .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar