Hari / Tanggal : Rabu 22 Januari 2025
Kelas : 1 A
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Sbdp
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan1. Capaian Penbelajaran Sbdp
💫 Peserta didik mampu mendiskusikan bagaimana keindahan kota mempengaruhi kebahagiaann mereka.
💫 Peserta didik mampu membuat model tata letak kota sederhana dengan menggunakan model bangunan yang telah dibuat sebelumnya
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Sbdp
- Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk alami/natural dan bentuk buatan manusia.
- Peserta didik dapat memahami bahwa dirinya dapat berperan merancang, merawat dan mengembangkan lingkungannya.
- Peserta didik dapat mampu mengatur model-model 3 dimensional sebuah bangunan menjadi model sebuah lingkungan kota.
💥 Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila
1. Peserta didik mampu diajak untuk mengamati bagaimana setiap benda memiliki tekstur yang berbeda
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫1.1 Peserta didik dapat mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Tekstur, Kasar, Halus, Bergerigi, Berbulu, Licin.
💫Peserta didik dapat mampu mengenali dan menggunakan tekstur yang didapat dari lingkungan sekitar ke dalam karyanya2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu pembelajaran bahasa indonesia suku kata " L" dan matematika mengeksplorasi banyak benda . untuk pertemuan kali ini mengenai sbdp " Tekstur dan Pola" dan pendidikan pancasila " identitas diri dan oranglain " .
3. Materi ajar
" Identitas diri sendiri dan orang lain"
- Gerak-gerik anggota tubuh
- Nada suara
- Perilaku budaya
- Cara berpidato dan menyampaikan pendapat
- Warna pakaian
- Model rambut
- Lulus sekolah
- Wisuda
- Mendapat gelar sarjana
- Mengubah gaya hidup
- Berpindah agama
- Pernikahan dan perceraian
- Status pekerjaan
- Status pendidikan
💫Sbdp
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
"Tekstur dan Pola"
Tekstur dan pola adalah dua konsep yang sering digunakan dalam desain, seni, dan bidang visual lainnya untuk menciptakan kesan dan pengalaman yang lebih mendalam.
Tekstur merujuk pada sifat permukaan suatu objek yang dapat dirasakan secara fisik atau visual. Dalam seni dan desain, tekstur dapat digambarkan sebagai kesan kasar, halus, licin, berbulu, atau berbintik, yang memberi dimensi pada permukaan suatu objek. Tekstur juga bisa dibedakan antara tekstur nyata (yang dapat dirasakan dengan sentuhan) dan tekstur yang hanya terlihat (visual texture).
Pola adalah susunan atau pengulangan elemen-elemen desain seperti bentuk, garis, warna, atau gambar dalam suatu urutan tertentu. Pola sering kali digunakan untuk menciptakan ritme, keseimbangan, dan kesatuan dalam desain. Pola dapat berupa simetris atau asimetris, teratur atau acak, dan bisa muncul dalam berbagai ukuran atau orientasi.
Kedua elemen ini bekerja bersama untuk memberi karakter, kedalaman, dan daya tarik visual pada sebuah karya seni atau desain.
Nama :
Kelas :
Petunjuk!
Apakah kamu dapat menebak tekstur benda-benda berikut ini?
Benda apa yang permukaannya terasa kasar?
Benda apa yang permukaannya terasa halus?
Coba raba benda-benda di sekitarmu.
Bagaimana tekstur mereka?
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang Identitas diri adalah ciri-ciri atau keadaan seseorang yang berbeda dengan orang lain. Identitas diri dapat terbentuk di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Identitas diri seseorang dan kesimpulan pada seni rupa Perbedaan antara bentuk alami dan bentuk buatan manusia . Tekstur dan pola adalah dua konsep yang sering digunakan dalam desain, seni, dan bidang visual lainnya untuk menciptakan kesan dan pengalaman yang lebih mendalam.
7. Kesimpulan pembelajara
Amdulillah pada kegiatan Refleksi pembelajaran di Semester 1 ananda sholeh sholeha merasa sangat sennang dan sangat gembira karna pemeblajaran sambil bermain, harapan di semster 2 ananada sholeh sholeha dapat giat belajar membaca dan menulis.
💥untuk kesimpulan pembelajaran hari inisebagian besar sudah ketercapian pembelajaran hari ini sudah mencapai target capaian sebagian besar peserta didik sudah memahami materi identitas diri dan orang lain ada 3 peserta didik yang masih belum memahami terkait pembelajaran matematika deng Materi "model kota " .Guru memberikan bimbingan kembali terhadap ke3 peserta didiik tersebut agar tujuan pembelajaran dapat tercapai oleh peserta didik
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jan9gan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 23 Januari 2024 kita yaitu mapel pendidikan Pancasila dan P5 . .
Wassalamuaaliakum ... |
Senin, 20 Januari 2025
Materi Ajar, Selasa 21 Januari 2025
Hari / Tanggal = Selasa 21 Januari 2025
Kelas : 1 A
Mapel : Bahasa Indonesia , Matematika
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan1. Capaian Penbelajaran Matematika :
💫· Peserta didik dapat memiliki perhatian terhadap bilangan dengan mengamati menu makan siang sekolah.
💫· Peserta didik dapat mengatur dokumen atau data agar mudah💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika :
💫1.3.1 Peserta didik mampu Peserta didik mampu memiliki perhatian terhadap bilangan dengan mengamati menu makan siang sekolah.
💫Peserta didik mamapu mengatur dokumen atau data agar mudah dilihat.💥Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesi
💫 Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.Peserta didik mampu memaknai kosakata baru Capaian Pembelajaran.dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Idonesia
💫 Peserta didik dapat menyebutkan kata yang diawali suku kata la-, li-, lu-, le-, dan lo- dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi
💫 Peserta didik dapat menyebutkan kata yang diawali suku kata la-, li-, lu-, le-, dan lo- dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas di hari senin yaitu pembelajaran bahasa indonesia dan matematika . untuk pertemuan kali ini mengenai Bahasa Indonesia bab 6 " Membaca dan Menuis ( suku kata huruf " L " dan pembelajara matematika bab 9"mengeksplorasi banyak benda ada ( bilangan )" .
3. Materi ajar
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
BaB 6
" Berbeda itu tak apa"
- MembacaKemampuan memahami dan menafsirkan bahasa tertulis. Membaca merupakan proses perubahan lambang-tanda tulisan menjadi bunyi yang bermakna.
- MenulisKemampuan menyampaikan pikiran, gagasan, dan informasi melalui bahasa tulis. Menulis adalah kegiatan menuangkan ide si penulis ke dalam bentuk tulisan
💫Matematika
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Matematika
① Kamu membeli kek stroberi 7 buah dan kek melon 2 buah. Kalau kek tersebut digabungkan jumlahnya jadi berapa buah? (soal penggabungan)
(7 + 2 = 9 jawaban 9 buah)
② Ada 2 anak perempuan dan 4 anak laki-laki sedang bermain lompat tali di lapangan sekolah. Semuanya jadi berapa orang? (soal penggabungan)
(2 + 4 = 6 jawaban 6 orang)
③ 4 ekor ikan mas sedang berenang di dalam akuarium. Lalu, ketika pergi ke sebuah festival kamu mendapat 5 ekor ikan mas di stand memancing . Sekarang ikan masmu ada berapa? (soal pertambahan)
(4 + 5 = 9 jawaban 9 ekor)
④ Tadashi bermain lempar gelang. Pada lemparan pertama dia mendapat 0 poin. Lalu, pada lemparan ke-2 dia mendapat 5 poin. Berapakah semua poin yang diperoleh Tadashi? (soal penggabungan (perhitungan dengan angka 0))
(0 + 5 = 5 jawaban 5 poin)
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/g
latihan soal matematika
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Nama :
Kelas :
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang Mengeksploitasi atau mengeksplorasi banyak benda adalah, kegiatan mengelompokan benda berdasarkan suatu kriteria yang di pilih. Dengan pengelompokan benda tersebut kita dapat menyimpulkan benda mana yang paling banyak di sukai atau benda yang paling sedikit peminatnya... dan untuk kesimpulan mapel bahasa indonesia ialah Membaca dan menulis adalah keterampilan dasar yang saling berkaitan dan penting untuk perkembangan intelektual dan kehidupan sehari-hari .
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy.Demikian pembelajaran hari 29 Oktober 2024 kita yaitu mapel Bahasa Indonesia dan Matematika
Kesimpulan pembelajara
Amdulillah pada kegiatan Refleksi pembelajaran di Semester 1 ananda sholeh sholeha merasa sangat sennang dan sangat gembira karna pemeblajaran sambil bermain, harapan di semster 2 ananada sholeh sholeha dapat giat belajar membaca dan menulis.
💫Amdulillah sebagian besar peserta didik sudah memahami materi suku ada 3 peserta didik yang masih belum memahami terkait pembelajaran matematika deng Materi " mengeksplorasi banyak benda" .Guru memberikan bimbingan kembali terhadap ke3 peserta didiik tersebut agar tujuan pembelajaran dapat tercapai oleh peserta didik
Demikian pembelajaran hari 22 Januari 2025 kita yaitu mapel sbdp dan pendidikan pancasila
Wassalamuaaliakum ... | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar