Rabu, 06 Oktober 2021

Materi, ajar Rabu, 6 oktober 2021

 Hari/tanggal   : Rabu, 06 Oktober  2021

Kelas                : IV

Tema                : 4 (Berbagai Pekerjaan) 

Sub tema         : 2 (Pekerjaan di sekitarku)

Pembelajaran  : 5 & 6

 Tujuan Pembelajaran :

1.       Dengan menggali informasi tentang pekerjaan dan kegiatan ekonomi, siswa mampu menjelaskan berbagai pekerjaan dan kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar dengan benar.

2.       Setelah membaca teks tentang Taman Yang Hilang, siswa mampu menyajikan pendapat pribadi tentang unsur cerita (pesan moral) dengan percaya diri.

3.       Dengan membaca teks tentang Taman Yang Hilang, siswa mampu membedakan sikap yang baik dan sikap yang tidak baik terkait nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dengan benar.

4.       Dengan memperhatikan video pembelajaran siswa dapat mengerjakan soal latihan tetnang menghitung Luas dan keliling gabungan dari 2 bangun

Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin

 Apakah anak soleh solehah masih ingat pelajaran kemarin di pembelajaran 3 & 4 ? sudahkah kalian mengumpulkan tugas Poster Kesepakatan Kelas kalian masing-masing? Sekarang kita akan memasuki pembelajaran 5 & 6 yaitu tentang cara menghitung luas dan keliling 2 bangun yang digabungkan. Serta pesan moral yang terkandung dalam cerita berikut.

Ringkasan Materi

Pembelajaran 5

Perhatikan Video Pembelajaran berikut ini tentang cara Menghitung luas dan keliling dari 2 bangun gabungan.

 


Ringkasan materi

Paman Udin adalah petani yang rajin. Ketekunannya membuat hasil panen melimpah. Ia sekarang mempunyai sawah yang cukup luas. Berikut adalah gambar petak sawahnya.



Apakah luas semua bangun gabungan tersebut sama? Apakah keliling semua bangun gabungan tersebut sama?
Jadi, luas bangun gabungan dapat dihitung dengan cara menjumlahkan luas bangun pembentuknya. Sementara itu, keliling didapat dengan cara menjumlahkan ukuran sisi terluarnya.
Kalian sudah belajar tentang cara menghitung luas bangun yang digabungkan.
Sekarang coba kalian hitung ya luas sawah Paman Udin!

 


Paman Udin adalah seorang petani. Ia memiliki ladang yang ditanami dengan berbagai jenis tanaman. Salah satunya adalah jagung.
Paman memagari ladang jagungnya menggunakan batang-batang bambu.



Jika 1 mmembutuhkan 5 kantong biji jagung, berapa banyak kantong biji jagung yang diperlukan? Untuk menentukan banyaknya kantong biji jagung yang akan ditanam, kamu harus mengetahui luas ladangnya.
Luas ladang Paman Udin adalah….
Banyak kantong biji jagung yang diperlukan adalah ....

Diketahui:

P= 20 m

l=15 m

Jawab:

L= 20 x 15 = 300 m²

Jadi luas ladang Paman Udin = 300 m²

Banyak kantong biji jagung yang diperlukan adalah .... 300 x 5 = 1.500 kantong.



Pembelajaran 6

Apakah kamu masih ingat tentng cerita “Taman Bermain yang hilang”? silahkan kalian buka buku tema 4 pada halaman 6 di subtema 1 ya


Apakah pada cerita ‘Taman Bermain yang Hilang’ kamu menemukan sikap-sikap yang baik dan sikap yang kurang baik? pahamilah cerita diatas.

Tugas Hari ini

1.      Bacalah kembali cerita ‘Taman Bermain yang Hilang’ temukan sikap-sikap yang baik dan sikap yang kurang baik? Tuliskan pada kolom di bawah ini!

2. Jika setiap persegi pada gambar berikut panjang sisinya adalah 4 cm.

Hitunglah luas dan keliling bangun berikut!


3. Hitunglah luas dan keliling persegi panjang jika lebarnya adalah 8 cm dan panjangnya 10 cm? 

Selamat mengerjakan semoga kalian tetap semangat 😎😎👍👍

Selasa, 05 Oktober 2021

Materi Ajar Selasa 5 Oktober 2021

 Hari/tanggal   : Selasa, 05 Oktober  2021

Kelas                : IV

Tema                : 4 (Berbagai Pekerjaan) 

Sub tema         : 2 (Pekerjaan di sekitarku)

Pembelajaran  : 3 & 4

 Tujuan Pembelajaran :

a)        Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan pentingnya pemanfaatan sampah sebagai upaya pelestarian sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari dengan detail.

b)       Setelah berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan contoh kegiatan pemanfaatan sampah sebagai upaya menjaga kelestarian alam dalam kehidupan sehari-hari dengan detail.

c)        Setelah membaca cerita, siswa mampu menghubungkan sikap tokoh dengan pengamalan sila ketiga Pancasila dengan benar.

d)         Setelah membaca cerita, siswa mampu menceritakan kegiatan yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sesuai sila ketiga pancasila dengan benar

 


Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari pembelajaran 1 & 2 tentang berbagai jenis pekerjaan di lingkungan sekitar mu serta kaitannya dengan sila ke dua Pancasila, dan menghitung luas dan keliling persegi panjang. Hari ini kita akan memasuki pembelajaran 3 & 4 ya yuk persiapkan diri kalian.

Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin

 

Pembelajaran 3

Let's See this video



Bacalah teks dengan membaca senyap!


Pernahkah kamu berpikir bagaimana para pekerja pembuat pensil? Pensil awalnya adalah sebuah alat tulis dan lukis yang terbuat dari grafit murni atau karbon yang berasal dari alam. Sayangnya, grafit murni cenderung rapuh dan mudah patah.
Seiring perkembangan zaman, saat ini dibuat pensil yang merupakan campuran dari grafit dan tanah liat. Proses pencampuran ini dibalut oleh media kertas atau kayu. Cara membuat pensil saat ini adalah dengan menghancurkan grafit dan tanah liat menjadi bentuk bubuk, kemudian dibakar selama kurang lebih 3 hari. Setelah itu, pensil ini dibentuk panjang dan tipis serta dibungkus kayu.
Kayu yang telah ditebang untuk pembuatan pensil berasal dari pohon. Bendabenda lain yang terbuat dari kayu juga berasal dari pohon. Agar terjaga kelestariannya, pohon yang ditebang harus diganti dengan menanam kembali bibit baru dari tanaman sejenis. Selain itu, kita harus menghemat penggunaan pensil sebagai salah satu cara menghargai lingkungan.

Barang-barang yang kita butuhkan merupakan hasil dari suatu pekerjaan.
Beberapa pekerjaan yang menghasilkan barang antara lain petani, peternak, nelayan, dan perajin. Selain pekerjaan yang menghasilkan barang, ada juga pekerjaan yang menghasilkan jasa atau pelayanan, seperti dokter, polisi, guru, dan pemangkas rambut (tukang cukur).
Barang-barang yang dihasilkan dari setiap pekerjaan sangat beragam. Banyak diantaranya yang memanfaatkan sumber daya alam di Indonesia. Sumber daya alam merupakan kekayaan alam yang diciptakan oleh Tuhan untuk kesejahteraan manusia.


Perhatikan tabel di bawah!
Tuliskan jenis barang yang dihasilkan dari setiap pekerjaan dan jenis sumber
daya alam yang digunakan!

Jawaban nya: lihat tabel dibawah ini!


CATATAN: (SILAHKAN DI CATAT ULANG DI BUKU TULIS KALIAN)

 Sumber daya alam adalah semua yang berasal dari Bumi, biosfer, dan atmosfer. Sumber daya alam memiliki peranan penting bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu, sumber daya alam juga penting sebagai tempat tinggal manusia.

Jenis sumber daya alam Jenis sumber daya alam bisa dibedakan berdasarkan sifat, potensi, dan macamnya. Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam terbagi menjadi:

1.       Sumber daya alam yang dapat diperbaharui . Jenis ini adalah sember daya yang bergantung pada manajemennya. Persediaannya bisa menurun atau meningkat. Jika dikelola dengan baik, jenis ini bisa pulih dan regenerasi kembali. Contohnya adalah tanah, hutan, hewan, dan tumbuhan.

 2.       Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Ini merupakan sumber daya yang secara fisik akan habis dan tidak bisa digunakan kembali. Contohnya batu bara, minyak bumi, dan gas alam.

 Sumber daya alam yang tidak habis. Contohnya adalah udara, matahari, dan energi air.

Amatilah tabel mu. Kemudian perhatikan soal dibawah ini.

1. Jenis sumber daya alam apa saja yang kamu manfaatkan?

Jawaban: Hewan dan Tumbuhan

2. Bagaimana kamu menghemat barang-barangmu agar sumber daya alam dapat terjaga keberadaannya?

Jawaban: Kita harus menggunakan barang-barang yang kita miliki dengan bijak, tidak boleh boros, dan sesuai dengan kebutuhan. Jika kita boros menggunakannya maka akan mengancam ketersediaan sumber daya alam karena barang-barang tersebut terbuat dari sumber daya alam.

Pembelajaran 4

 Buka lah buku tema kalian halaman 76 dan bacalah teks berikut ini dalam hati!


Dari Dokter Rana kita belajar bahwa ketika kita bekerja haruslah bermanfaat bagi orang lain.
Menjadi seorang dokter juga harus rendah hati dan menghargai orang lain.

 

Masih ingatkah kamu dengan cerita Dayu yang diejek oleh Dadu?
Apa yang dapat kamu lakukan supaya hal itu tidak terjadi?

Buatlah kesepakatan kelas dengan teman-teman supaya antarteman tidak saling menyakiti.
Tulislah ide-idemu.

Berikut contohnya.


 

 

Tugas Hari Ini

Buatlah Kesepakatan kelas seperti contoh gambar diatas kembangkan lah sesuai dengan ide kalian masing masing. Kesepakatan itu bisa kita gunakan sebagai aturan dikelas agar kelas menjadi tertib dan antar teman tidak saling menyakiti. Buatlah di buku gambar mu kemudian warnailah agar menjadi menarik dan indah.

Tunjukkan gambar Poster Kesepakatan kelas mu kepada guru mu.


Senin, 04 Oktober 2021

Materi Ajar Senin 4 oktober 2021

 


Materi Ajar Tema 4 Subtema 2 (Pekerjaan di sekitarku) PB 1 & 2 

(Senin, 04 Oktober 2021)

 Hari/tanggal   : Senin, 04 Oktober  2021

Kelas                : IV

Tema                : 4 (Berbagai Pekerjaan) 

Sub tema         : 2 (Pekerjaan di sekitarku)

Pembelajaran  : 1 & 2

 Tujuan Pembelajaran :

a)          Setelah mengamati gambar tentang penggunaan teknologi saat menangkap ikan, siswa mampu mengidentifikasi dampak penggunaan teknologi bagi keberadaan sumber daya alam dengan tepat.

b)         Setelah mengamati gambar, siswa mampu menginformasikan perbedaan jenis pekerjaan dalam suatu kegiatan ekonomi dengan rinci

c)          Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila kedua Pancasila dengan benar.

d)         Setelah diberikan masalah, siswa mampu menganalisis masalah yang terkait dengan sila kedua Pancasila dengan terperinci.


 

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari Subtema 1 tentang jenis-jenis pekerjaan dalam tema 4 ini. Dan untuk hari ini kita akan memasuki Subtema 2 ya tentang Pekerjaan di sekitarku. 

Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin

Pembelajaran 1

Let's see this video.


 

Ayah bekerja sebagai seorang nelayan tradisional. Ayah tinggal di kampong nelayan. Ayah pergi melaut pada malam hari. Ayah membawa sampan dan jaring untuk pergi berlayar.
Saat berlayar, Ayah harus menghadapi ombak dan badai di laut. Karena hanya menggunakan sampan, Ayah tidak dapat pergi melaut terlalu jauh. Tangkapan ikan Ayah kadang banyak kadang sedikit. Semua bergantung pada cuaca. Sampan Ayah tidak bermesin. Ayah tidak perlu membeli bahan bakar.

Aku mendengar sekarang ada nelayan yang modern. Kapalnya lebih besar dan menggunakan bantuan mesin sehingga tidak mudah terguncang ombak. Kapal ini menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan bakar. Banyak pemilik kapal tidak memedulikan penggunaan bahan bakar. Ada yang boros sehingga mencemari lingkungan perairan. Mereka bisa berlayar ke laut lepas
sehingga tangkapan ikannya banyak. Alat penangkap ikan mereka berupa jaring dan juga radar yang bisa mendeteksi kumpulan ikan, bahkan ada yang menggunakan bom.

Aku cukup sedih melihat sekarang ini banyak yang menangkap ikan dengan pukat harimau dan bahan peledak.



Pukat harimau adalah jaring sangat besar yang dapat menjaring semua makhluk hidup laut.

Bom ikan adalah bahan peledak untuk menangkap ikan. Cara ini dapat menyebabkan hancurnya terumbu karang dan habitat ikan.


Tahukah kamu bagaimana ikan bisa kita makan?
Amati gambar di samping!


  Hasil tangkapan ikan dijual ke pedagang ikan di pelelangan ikan. Dari tempat pelelangan itulah ikan dikirim ke pasar-pasar untuk dijual ke penjual ikan atau langsung ke konsumen. Penjual ikan dan konsumen wajib menjaga kebersihan pangan dengan cara mencuci ikan hingga bersih. 

 


Kegiatan jual beli ada yang berupa barang dan ada pula yang berupa jasa. Apakah kamu dapat menyebutkan contoh yang kamu temui di sekitarmu kegiatan jual beli yang berkaitan dengan barang dan jasa?

Pekerjaan yang Menghasilkan Barang
Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan yang menghasilkan sesuatu barang yang bisa digunakan oleh orang lain misalnya pembuat makanan, petani, nelayan, peternak, dan perajin.


Pekerjaan yang Menghasilkan jasa
Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah suatu pekerjaan yang pelayanannya bisa dinikmati oleh orang lain. Pekerjaan ini tidak menghasilkan barang, misalnya guru, petugas kebersihan, dokter, tukang cukur rambut, polisi, dan sopir.

Pembelajaran 2


Pak Made adalah seorang pelukis. Lukisannya banyak dijual di galeri. Pak Made
sering mendapatkan pesanan untuk melukis wajah atau bentuk-bentuk lain.
Berbeda dengan Pak Made, Pak Toni adalah penjahit. Pak Toni menerima
pesanan orang-orang yang ingin membuat baju. Meskipun berbeda pekerjaan,
mereka berteman baik. Tidak pernah terpikir oleh Pak Made bahwa pekerjaannya
lebih baik daripada pekerjaan Pak Toni. Begitu pula sebaliknya.
Pekerjaan setiap orang berbeda. Jangan pernah merasa bahwa pekerjaan kita lebih baik daripada pekerjaan orang lain. Setiap pekerjaan sama, yang penting memberikan manfaat bagi orang lain.
Hal ini sesuai dengan makna sila kedua Pancasila. Ayo kita pelajari lebih lanjut.



Berbentuk apakah simbol sila kedua Pancasila?

Jawaban: Simbol sila kedua dari Pancasila adalah mata rantai. Mata rantai berbentuk segiempat melambangkan laki-laki. Mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti rantai.

Apa makna simbol sila kedua Pancasila?

Jawaban: Makna yang terkandung pada rantai yang berbentuk segi empat adalah laki-laki. Sedangkan perempuan dilambangkan sebagai lingkaran. Maksudnya kedua merupakan kombinasi yang saling terkait.

Jelaskan hubungan antara simbol dan dengan makna sila kedua Pancasila!

Jawaban: Mata rantai berbentuk segiempat melambangkan laki-laki. Mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti rantai.

Dayu Tidak Mau Sekolah
Dayu adalah temanku. Ia anak yang ramah. Meskipun lama tinggal di Jakarta, logat bahasa Dayu masih sangat kental dengan logat Bali. Hal itu membuat Dadu sering menertawakan Dayu. Dadu sering mengejek Dayu. Hal itu membuat Dayu sangat sedih. Ia menjadi tidak percaya diri untuk bicara di depan kelas. Ia takut ditertawakan Dadu. Hari ini Dayu tidak mau masuk sekolah karena malu.

Mengejek orang lain artinya menganggap diri kita lebih baik daripada orang lain. Hal itu sangat bertentangan dengan sila kedua Pancasila, bahwa setiap orang setara. Ejekan Dadu sangat tidak beradab. Tindakan Dadu menyakiti perasaan Dayu.

Perhatikan pertanyaan berikut!

Apa yang dilakukan Dadu terhadap Dayu?

Jawaban: Dadu mengejek dan mentertawakan logat Bali Dayu.

Bagimana perasaan Dayu terhadap sikap Dadu?

Jawaban: Dayu merasa sedih karena diejek dan ditertawakan Dadu.

Setujukah kamu dengan apa yang dilakukan Dadu? Jelaskan!

Jawaban: Tidak setuju apa yang dilakukan Dadu. Kita tidak boleh mengejek dan mentertawakan teman lain.

Apakah sikap yang dilakukan Dadu sesuai dengan sila kedua Pancasila?Jelaskan!

Jawaban: Mengejek orang lain artinya menganggap diri kita lebih baik. Menganggap bahwa orang lain lebih buruk. Hal itu sangat bertentangan dengan sila kedua Pancasila, bahwa setiap orang sama. Ejekan Dadu sangat tidak beradab. Itu menyakiti perasaan Dayu.

Matematika

Luas dan Keliling Persegi Panjang.
Sebelumnya kamu telah membuktikan luas dan keliling persegi. Sekarang dengan kelompokmu, diskusikan pembuktian luas dan keliling persegi panjang

 



 Jumlah ukuran sisi yang membatasi sebuah bangun merupakan keliling dari
bangun tersebut. Pada bangun di atas, kelilingnya adalah AB + BC + CD + DA
= 7 satuan + 5 satuan + 7 satuan + 5 satuan = 24 satuan.
Jadi keliling persegi panjang 2 x (ukuran panjang + ukuran lebar)

Tugas Hari ini!!

1.      Apa yang dilakukan Dadu terhadap Dayu?

2.      Berbentuk apakah simbol sila kedua Pancasila?

3.      Apa yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan?

4.      Diketahui persegi panjang dengan panjang 5 cm dan lebar 3 cm.
Hitunglah luas dan kelilingnya!

5.      Sebuah persegi panjang mempunyai keliling 20 cm. Lebar sisinya adalah 2
cm. Hitunglah luasnya.