Selasa, 02 September 2025

Materi Ajar Selasa 2 September 2025

 Terjual Dompet KW SUPER | LEVIS - DUNHILL - HERMES - IMPERIAL HORSE | KASKUS

Hari / Tanggal             : Selasa 02 September 2025

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :  Matematika  dan B.indonesia 

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan

Metode Pembelajaran: Diskusi ( Matematika )  dan Latihan soal ( Lkpd) ( Bahasa Indonesia ) 

Media Pembelajaran : Vidio PB, lKPD, Buku lks cerdas, dan  flashcard
         

 💥  Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia 

 Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.  Murid mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

 💥Tujuan Pembelajaran ( TP) B.Indonesia 

    💫1.1  ·   Murid   dapat  melafalkan huruf, membaca suku kata yang diawali dengan huruf”b”Peserta didik mampu membaca dengan benar berbagai teks.

💥  Capaian Penbelajaran Matematika 

Murid mampu menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. 

 murid mampu mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara)

 💥Tujuan Pembelajaran Matematika 

💫1.1 Murid dapat  Menujukan symbol matematika  matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 10 menggunakan gambar atau benda konkret

2. Materi ajar

gambar atau benda konkret



2. Materi ajar


Let's Check This Video 


Matematika 






💫Matematika 

Penjumlahan adalah menggabungkan dua bilangan atau lebih menjadi satu hasil.


Disebut juga menambah.


Lambangnya adalah “+”.


📌 Contoh:

2 + 3 = 5

(artinya: ada 2 apel ditambah 3 apel, jadi semuanya ada 5 apel).


Pengertian Pengurangan

👉 Pengurangan adalah mengambil sebagian dari suatu bilangan sehingga jumlahnya berkurang.


Disebut juga mengurang.


Lambangnya adalah “−”.



📌 Contoh:

5 − 2 = 3

(artinya: ada 5 kue, dimakan 2, sisanya tinggal 3 kue).




Berikut Simbol Penjumahalan dan Pengurangan 


Penjumlahan ( + )


Pengurangan ( -) 




💥 Jika terdapat soal yang di simbolkan dengan tanda ( + ) maka jumlah angka / barang kita bertamgah 


💥Jika terdapat soal yang di simbolkan dengan tanda ( - ) maka jumlah angka / barang kita berkurang .  



💫Bahasa Indonesia 

Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.


Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,


Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.


Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/ Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.


Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,


Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.


Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.


Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,


Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.


Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/             

  Let’s check this video                 





    👉 Suku kata adalah bagian dari kata yang diucapkan dengan satu hentakan suara.

Satu kata bisa terdiri dari satu, dua, atau lebih suku kata.


Contoh:

Me-ja → terdiri dari 2 suku kata (me / ja)


Bu-ku → terdiri dari 2 suku kata (bu / ku)


Se-pa-tu → terdiri dari 3 suku kata (se / pa / tu)


Rumah → terdiri dari 2 suku kata (ru / mah)


Ibu → terdiri dari 2 suku kata (i / bu)


     


 4.Contoh Soal 

💥Matematika 

Berikut ini contoh soal penjumlahan 1-10 


✅ Soal dan Jawaban Penjumlahan

2 + 3 = 5


4 + 5 = 9


1 + 7 = 8


6 + 2 = 8


3 + 4 = 7


5 + 3 = 8


7 + 2 = 9


8 + 1 = 9


9 + 0 = 9


10 + 0 = 10



💫B.Indonesia 


💥Latihan soal LKS Cerdas dan Menulis Llisba 


1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8


Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8


Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8


Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS


5. Evaluasi   

💫 Kerjakan soal berikut dengan benar! 💫



💫B.Indonesia 










✏️ Soal Suku Kata (Huruf C)

Pisahkan kata berikut menjadi suku kata!


Ceri


Coba


Cucu


Cacing


Hitung ada berapa suku kata pada kata berikut!


Celana = …


Cermin = …


Cinta = …


Cicak = …


Lengkapi kata berikut dengan suku kata yang tepat!


Ca … (ca + ya = …)


Ce … (ce + ri = …)


Ci … (ci + ci = …)


Co … (co + ba = …)


Cu … (cu + cu = …)


6. Kesimpulan

 

Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran matematika ialah Penjumlahan adalah menggabungkan dua bilangan atau lebih menjadi satu hasil.engurangan adalah mengambil sebagian dari suatu bilangan sehingga jumlahnya berkurang. dan kesimpulan bahasa indoneisa adalah Suku kata adalah bagian dari kata yang diucapkan dengan satu hentakan suara.Satu kata bisa terdiri dari satu, dua, atau lebih suku kata.

7. Penutup 


Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 03 September 2025 kita yaitu Pendidikan anti korupsi dan sbdp 





Wassalamuaaliakum ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar