Kamis, 07 Januari 2021

Materi Ajar : 8 Januari 2021

  MATERI

Hari / Tanggal        : Jumat/ 8 Januari 2021
Kelas/Semester      : II (Dua)/ 2
Tema                      : Pengalamanku
Sub Tema               : Pengalamanku dirumah
Pembelajaran         : 5



Morning My beloved students. Are you ready for the awesome day!!
Before we come to our lesson Let's say Basmallah..

BIsmillahirrohmannirrohiim.

Sebelum kita mulai pembelajaran sudahkah anak sholeh dan sholehah melaksanakan sholat dhuha dan murojaah surat surat pendek nya? Jikalau sudah Alhamdulilah..

Sebelum mulai belajar ada baiknya kita melihat video dibawah ini terlebih dahulu. Check it out!


Ringkasan Materi

Perhatikan gurumu membacakan puisi. Puisi

tentang “Burung Kutilang”. Dengarkan dengan penuh konsentrasi!

Burung Kutilang

Di pucuk pohon cemara

Burung kutilang berbunyi

Bersiul-siul sepanjang hari

Dengan tak jemu-jemu

Mengangguk-angguk sambil berseru

Tri-li-li li-li li-li li-li

Sambil berloncat-loncatan

Paruhnya selalu terbuka

Digeleng-gelengkan kepalanya

Menentang langit biru

Tandanya suka ia berseru

Tri-li-li li-li li-li li-li

 

Makna dari kata-kata dalam puisi diatas

1. Cemara: pohon ysng berbatang tinggi lurus, pohonnya menyerupai tiang dan daunnya seperti lidi

 2. Bersiul: menirukan bunyi suling dengan mulut

3. Jemu : bosan

4. Berseru :  menarik perhatian dengan suara nyaring

5. Paruh : mulut burung, ayam dan itik

 

Pahami puisi berikut! Bacalah dengan lafal,

intonasi, dan ekspresi yang tepat!

Burung Berkicau

Karya: Erika Artha Dini, SD Negri Kebumen 1

Di pagi hari

Kulihat engkau berayun-ayun

Sambil berkicau

Kadang kuingin memiliki

Sayap dan suara sepertimu

Suara yang sangat merdu

Kicauan di langit biru

 

Beni mempunyai banyak teman. Beni juga anak yang baik. Beni pandai bergaul. Teman Beni ada  yang menjadi pengurus masjid. Pengurus masjid tiba-tiba ke rumah Beni. Pengurus masjid perlu bantuan. Bantuan untuk korban banjir. Beni memberi sumbangan korban banjir. Beni memberi contoh yang baik. Contoh ini sesuai sila kedua Pancasila. Beni bermain di taman. Beni bermain gantungan di taman. Tangannya kurang kuat memegang gantungan. Tangan kanannya tidak berpegangan lagi. Beni hampir terjatuh.

Ayah melihat Beni hampir terjatuh. Ayah langsung menolong Beni. Beni bersyukur karena ditolong ayahnya. Beni bermain di taman.



















Berdasarkangambar dapat dijabarkan sesuai dengan silanya:

1.       Memberikan sumbangan untuk pembangunan masjid pengamalan sila ke-2

2.       Tidak membeda-bedakan teman pengamalan sila ke -3

3.       Membantu ayah pengamalan sila ke 2

4.       Berdoa sebelum makan pengamalan sila ke-1

5.       Saling menyayangi sesama saudara pengamalan sila ke-2

6.       Membantu ibu pengamalan sila ke-2

 

Sepupu Beni datang dari kampung. Beni senang dikunjungi saudaranya. Beni dan sepupunya saling berkunjung. Beni selalu

menjaga kerukunan antarkeluarga. Sikap ini contoh perilaku sesuai sila ketiga Pancasila.

Tiba-tiba Beni membuka jendela. Ternyata, hari

ini turun hujan. Beni menunggu hujan reda.

Kemudian, Beni nyanyi lagu “Tik Tik Tik Bunyi

Hujan”. Ayo, tirukan bersama!

Tik Tik Tik Bunyi Hujan

(Ciptaan: Ibu Sud)

 

Tik tik tik bunyi hujan

di atas genting

Airnya turun tidak terkira

Cobalah tengok

dahan dan ranting

Pohon dan kebun basah semua

 

Sepupu Beni membaca puisi. Puisi tentang “ Hujan.”

Dengarkan dengan seksama!

Hujan

Hujan, Hujan di mana-mana,

di jalan di halaman semua basah,

hujan, hujan tak henti henti,

hujan hujan lebat sekali.

Hujan, Hujan bukan kepalang

di sana dan di sini air tergenang,

hujan hujan belum berhenti,

hujan hujan sepanjang hari

 

Kamu telah belajar tentang puisi. Sekarang, perhatikan benda di rumahmu. Apakah di rumahmu ada penggaris? Adakah meteran?

Adakah jangka sorong? Adakah mikrometer sekrup?


TUGAS

Membuat video mengukur benda yang ada dirumah dengan menggunakan alat ukur ( penggaris atau meteran).



SELAMAT MENGERJAKAN

TETAP SEMANGAT ANAK SHOLEH SHOLEHAH

WASSALAMUALAIKUM  






Tidak ada komentar:

Posting Komentar