MATERI
Kelas/Semester : II (Dua)/ 2
Tema : Pengalamanku
Sub Tema : Pengalamanku dirumah
Pembelajaran : 5
Morning My beloved students. Are you ready for the awesome day!!
Before we come to our lesson Let's say Basmallah..
BIsmillahirrohmannirrohiim.
Sebelum kita mulai pembelajaran sudahkah anak sholeh dan sholehah melaksanakan sholat dhuha dan murojaah surat surat pendek nya? Jikalau sudah Alhamdulilah..
Sebelum mulai belajar ada baiknya kita melihat video dibawah ini terlebih dahulu. Check it out!
Ringkasan Materi
Perhatikan gurumu membacakan puisi. Puisi
tentang “Burung Kutilang”. Dengarkan dengan penuh konsentrasi!
Burung Kutilang
Di pucuk pohon
cemara
Burung kutilang
berbunyi
Bersiul-siul
sepanjang hari
Dengan tak
jemu-jemu
Mengangguk-angguk
sambil berseru
Tri-li-li li-li
li-li li-li
Sambil berloncat-loncatan
Paruhnya selalu
terbuka
Digeleng-gelengkan
kepalanya
Menentang
langit biru
Tandanya suka
ia berseru
Tri-li-li li-li
li-li li-li
Makna dari
kata-kata dalam puisi diatas
1. Cemara:
pohon ysng berbatang tinggi lurus, pohonnya menyerupai tiang dan daunnya
seperti lidi
2. Bersiul: menirukan bunyi suling dengan
mulut
3. Jemu : bosan
4. Berseru
: menarik perhatian dengan suara nyaring
5. Paruh :
mulut burung, ayam dan itik
Pahami puisi
berikut! Bacalah dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi
yang tepat!
Burung Berkicau
Karya: Erika
Artha Dini, SD Negri Kebumen 1
Di pagi hari
Kulihat engkau
berayun-ayun
Sambil berkicau
Kadang kuingin
memiliki
Sayap dan suara
sepertimu
Suara yang
sangat merdu
Kicauan di
langit biru
Beni mempunyai
banyak teman. Beni juga anak yang baik. Beni pandai bergaul. Teman Beni ada yang menjadi pengurus masjid. Pengurus masjid
tiba-tiba ke rumah Beni. Pengurus masjid perlu bantuan. Bantuan untuk korban
banjir. Beni memberi sumbangan korban banjir. Beni memberi contoh yang baik.
Contoh ini sesuai sila kedua Pancasila. Beni bermain di taman. Beni bermain gantungan
di taman. Tangannya kurang kuat memegang gantungan. Tangan kanannya tidak
berpegangan lagi. Beni hampir terjatuh.
Ayah melihat
Beni hampir terjatuh. Ayah langsung menolong Beni. Beni bersyukur karena
ditolong ayahnya. Beni bermain di taman.
Berdasarkangambar
dapat dijabarkan sesuai dengan silanya:
1.
Memberikan sumbangan untuk pembangunan masjid pengamalan sila ke-2
2.
Tidak membeda-bedakan teman pengamalan sila ke -3
3.
Membantu ayah pengamalan sila ke 2
4.
Berdoa sebelum makan pengamalan sila ke-1
5.
Saling menyayangi sesama saudara pengamalan sila ke-2
6.
Membantu ibu pengamalan sila ke-2
Sepupu Beni
datang dari kampung. Beni senang dikunjungi saudaranya. Beni dan sepupunya
saling berkunjung. Beni selalu
menjaga
kerukunan antarkeluarga. Sikap ini contoh perilaku sesuai sila ketiga
Pancasila.
Tiba-tiba Beni
membuka jendela. Ternyata, hari
ini turun
hujan. Beni menunggu hujan reda.
Kemudian, Beni nyanyi
lagu “Tik Tik Tik Bunyi
Hujan”. Ayo,
tirukan bersama!
Tik Tik Tik
Bunyi Hujan
(Ciptaan: Ibu
Sud)
Tik tik tik
bunyi hujan
di atas genting
Airnya turun
tidak terkira
Cobalah tengok
dahan dan
ranting
Pohon dan kebun
basah semua
Sepupu Beni membaca
puisi. Puisi tentang “ Hujan.”
Dengarkan
dengan seksama!
Hujan
Hujan, Hujan di
mana-mana,
di jalan di
halaman semua basah,
hujan, hujan
tak henti henti,
hujan hujan
lebat sekali.
Hujan, Hujan
bukan kepalang
di sana dan di
sini air tergenang,
hujan hujan
belum berhenti,
hujan hujan
sepanjang hari
Kamu telah
belajar tentang puisi. Sekarang, perhatikan benda di rumahmu. Apakah di rumahmu
ada penggaris? Adakah meteran?
Adakah jangka
sorong? Adakah mikrometer sekrup?
TUGAS
Membuat video mengukur benda yang ada dirumah dengan menggunakan alat ukur ( penggaris atau meteran).
SELAMAT MENGERJAKAN
TETAP SEMANGAT ANAK SHOLEH SHOLEHAH
WASSALAMUALAIKUM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar