Kamis, 12 Agustus 2021

Materi Ajar 13 Agustus 2021

 

Materi Ajar, 13 Agustus 2021 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 dan 4

Tema                        : 1

Subtema 3               :  Bersyukur atas Keberagaman

Pembelajaran         :  3 Dan 4

Tanggal                   : 13 Agustus 2021

Muatan Pelajaran  : Bahasa Indonesia, IPA, PPKN, Matematika (Tematik)

 Assalamu'alaikum. Warahmatulohi Wabarakatuh ....Semangat pagi.

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak .



Tujuan Pembelajaran


1.       Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap dengan benar.

2.      Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis.

3.      Setelah menyimak teks permainan tradisional, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraph dari teks tulis dengan mandiri.

4.      Setelah menyimak teks tentang permainan tradisional, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

5. Setelah berdiskusi siswa mampu memberikan nama segitiga berdasarkan sudutnya dengan benar


 Ringkasan Materi 

Mari simak Video pembelajaran 3 dan 4 berikut ini :)

https://www.youtube.com/watch?v=GOZJwdQaJ98





Bahasa Indonesia

Selain permainan Engklek, bangsa Indonesia juga mempunyai banyak permainan yang diwariskan secara turun temurun. Salah satunya adalah budaya Fahombo Batu atau Lompat Batu yang biasa dilakukan oleh masyarakat Nias.

Bacalah teks dibawah ini!




 

Nah kalau sudah dibaca, sudah tahu kan mana gagasan pokoknya dan yang mana gagasan pendukungnya?

 

 

IPA

 



Pernahkah kamu mencoba berteriak di lapangan? Apa yang terjadi?

Bandingkan juga ketika kamu berteriak di kamar mandi. Apa perbedaannya?

 

Pemantulan dan Penyerapan Bunyi

Bunyi dapat dipantulkan dan diserap.

1. Pemantulan Bunyi

Sebuah kelereng yang kita lempar ke dinding yang keras akan mengalami pemantulan, demikian juga dengan bunyi. Bunyi juga dapat memantul, jika dalam perambatannya dihalangi oleh benda yang permukaannya keras, seperti kayu, kaca, dinding, atau besi.

 

2. Penyerapan Bunyi

Bunyi juga dapat diserap. Benda-benda yang dapat menyerap bunyi adalah benda yang permukaannya lunak. Benda yang demikian disebut peredam bunyi, misalnya karpet, goni, kertas, kain, busa, dan wol. Benda-benda tersebut dapat digunakan untuk mencegah terjadinya

gaung atau kerdam. Dinding dan langit-langit gedung pertemuan, studio rekaman, dan gedung bioskop dilapisi dengan bahan-bahan tersebut supaya tidak terjadi gaung atau kerdam.

 

Macam-Macam Bunyi Pantul

1. Gaung atau Kerdam

Gaung atau kerdam terjadi karena bunyi dipantulkan oleh dinding yang jaraknya tidak jauh dari sumber bunyi. Hal itu menyebabkan datangnya bunyi pantul bersamaan dengan bunyi asli yang belum selesai terucapkan. Akibatnya, bunyi pantul mengganggu bunyi asli sehingga suara yang terdengar tidak jelas.

 

2. Gema

Gema terjadi karena bunyi dipantulkan oleh dinding yang jaraknya jauh dari sumber bunyi.

Hal itu menyebabkan datangnya bunyi pantul setelah bunyi asli selesai terucapkan. Jadi, bunyi pantul yang terdengar lengkap sesudah bunyi asli. Gema sering terjadi di gua-gua, lembahlembah, dan bukit-bukit yang jaraknya jauh serta permukaannya keras dan rapat. Selain itu, gema juga dapat dipergunakan untuk mengukur kedalaman jurang atau gua.

PPKN

Siti dan teman-teman selalu mengajarkan kita untuk tetap bekerja sama dalam keberagaman. Mari kita simak cerita berikut ini!

Ayo Berdiskusi!

Meskipun Siti dan teman-temannya berasal dari daerah yang berbeda, mereka tetap bekerja sama membantu sesama. Akhir-akhir ini, Bu Mimin, penjual makanan di kantin SDN 01 Nusantara, sering kali tampak sedih. Siti memberanikan diri bertanya kepada Bu Mimin tentang apa yang sedang terjadi padanya. Bu Mimin bercerita bahwa anaknya sedang sakit di rumah. Permasalahannya, Bu Mimin tidak dapat meninggalkan kantin sekolah. Ia membutuhkan biaya

untuk membayar pengobatan anaknya dengan berjualan makanan. Siti pun menemui teman-temannya dan mengajak mereka berdiskusi untuk membantu memecahkan masalah Bu Mimin. Mereka memutuskan akan bekerja sama membantu Bu Mimin dengan menjaga kantin sekolah pada jam itu.

 

Jika kamu menjadi Siti, apa yang akan kamu lakukan bersama teman-temanmu?

 

Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dapat membantumu.

• Jenis bantuan apa yang dapat kamu dan teman-temanmu berikan?

•Apa yang akan kamu lakukan saat berhadapan dengan para pembeli?

• Apa yang akan kamu lakukan terhadap makanan di kantin Bu Mimin agar disukai pembeli?

• Apa yang akan kamu lakukan terhadap uang hasil penjualannya?

• Sikap apa saja yang dapat kamu praktikkan ketika membantu Bu Mimin menjaga kantinnya?

•• Sikap apa saja yang dapat kamu praktikkan ketika membantu Bu Mimin menjaga kantinnya?


•• Sikap apa saja yang dapat kamu praktikkan ketika membantu Bu Mimin menjaga kantinnya?

Matematika

Kemarin kita sudah belajar sudut pada segi banyak beraturan. Sekarang bagaimana sudut pada segitiga dan segiempat ?

# Semua Segitiga mempunyai jumlah sudut 180°. Besar sudut pada segitiga juga mempengaruhi namanya.

Berikut ini nama segitiga beserta alasannya:

Cara menghitung sudut yang belum di ketahui :



Sudut 3 = 180° -(sudut 1 + sudut 2)

Contoh



Jawab :

Sudut 3 = 180° - (sudut 1 + sudut 2)

                = 180° – (45+45)

                 = 180° - 90

                  = 90 °


Latihan 

Tulislah jawabannya saja di buku latihan tematik :)

jangan Lupa menuliskan Basmallah , Hari/tanggal menggunakan pena dan ditulis dengan tegak bersambung dengan rapi ya nak:) Jangan lupa sertakan garis tutup juga ya nak:)

1. Gaung  atau kerdam terjadi ketika jarak antara sumber bunyi dengan benda penghalangnya berada pada jarak ….

2.      Tuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada paragraph ke 5 yang ada pada wacana Sigap Membantu Sesama!

3. Hitunglah Sudut yang belum diketahui pada gambar berikut!

Selamat mengerjakan anak sholeh dan sholehah,  Semoga selalu sehat semangat Aamiin 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar