Selasa, 14 September 2021

Materi Ajar Selasa 14 September 2021

 Hari/tanggal    : Selasa, 14 September  2021

Kelas                : IV

Tema                : 3 (Peduli terhadap Makhluk Hidup) 

Sub tema         : 2 (keberagaman Makhluk Hidup di lingkungan ku)

Pembelajaran  : 3 & 4

 Tujuan Pembelajaran :

a)      Setelah mengamati, siswa mampu mengidentifikasi bagian-bagian hewan dan fungsinya dengan benar.

b)      Setelah mengamati, siswa mampu membuat laporan tentang bagian-bagian hewan dalam bentuk diagram venn.

c)      Setelah mengamati gambar, siswa mampu memberikan pendapat tentang kegiatan manusia terhadap hewan dengan terperinci.

d)     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan yang baik dengan benar.

e)      Setelah berdiskusi, siswa mampu mengelompokkan pertanyaan berdasarkan ciri-ciri pertanyaan yang baik dengan benar

 

Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari pembelajaran 1 & 2 tentang Sumber daya alam hewan yang harus dilestarikan serta mengetahui hak dan kewajiban kita dalam memelihara hewan peliharaan. Untuk hari ini kita akan memasuki pembelajaran 3 & 4 ya tentang karakteristik bagian-bagian hewan serta fungsinya dengan benar.

Yuk kita simak video pembelajaran berikut ini.

Pembelajaran 1


Rumah Edo banyak ditumbuhi beraneka ragam pohon. Banyak serangga dan burung yang berdatangan. Hari ini Edo menuju halaman untuk mengamati burung. Suatu hari, ketika Edo sedang asyik melihat burung-burung tersebut, tiba-tiba Edo dikagetkan oleh suara seekor burung yang terjatuh tidak jauh dari pohon. Edo menghampirinya. Ternyata burung itu adalah burung merpati yang mengalami luka pada sayapnya. Edo menduga burung merpati itu terkena tembakan pemburu. Edo merawatnya dengan kasih sayang. Sambil merawat, Edo mengamati bagian-bagian tubuh burung yang terluka.

Bantulah Edo menuliskan bagian-bagian tubuh burung merpati dan lengkapi tabel di bawahnya.


 Jawaban:

1. Bagian Tubuh: Paruh
Fungsi: Paruh burung berfungsi untuk mengambil makanan. Paruh burung sesuai dengan jenis makanannya.

2. Bagian Tubuh: Sayap
Fungsi: Sayap burung berfungsi untuk bergerak (terbang). Burung terbang dengan cara mengepakkan sayapnya.

3. Bagian Tubuh: Ekor
Fungsi: Ekor burung berfungsi menjaga keseimbangan burung saat terbang.

4. Bagian Tubuh: Cakar
Fungsi: Cakar burung berfungsi untuk mencengkeram mangsanya (burung elang) dan untuk bertengger di dahan pohoh (burung pipit).

5. Bagian Tubuh: Mata
Fungsi: Mata burung berfungsi untuk melihat benda-benda di sekitarnya

Amatilah hewan laba-laba dan serangga. Jika sulit menemukannya, kamu dapat menggunakan gambar atau video. Temukan perbedaan antara labalaba dan kumbang dengan melengkapi gambar dan tabel di bawah ini.

Jawaban:

Laba-laba

Jumlah Kaki: 8
Jumlah Sayap: Tidak ada

Jumlah Mata: 2
Ciri-ciri lain:

– Membutuhkan makanan
– Berkembang biak dengan bertelur
– Memiliki mata sederhana
– Memiliki rahang penusuk
– Tidak bisa terbang
– Tidak memiliki antena

Serangga (Kumbang)

Jumlah Kaki: 6
Jumlah Sayap: 2
Jumlah Mata: 2
Ciri-ciri lain:

– Membutuhkan makanan
– Berkembang biak dengan bertelur
– Memiliki mata majemuk
– Memiliki rahang pengunyah
– Bisa terbang
– Memiliki antena

Lengkapi diagram berikut untuk menampilkan persamaan dan perbedaan antara laba-laba dan kumbang.

  Jawaban:



 Pembelajaran 4

Let’s see this video:

 

TUGAS HARI INI


Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa yang dilakukan warga terhadap hutan?
Jawaban:

2. Apa yang terjadi dengan harimau?
Jawaban:

3. Apa yang terjadi dengan penduduk desa ketika harimau masuk ke desa?
Jawaban:

4. Mengapa harimau masuk ke desa?
Jawaban:

5. Setujukah kamu dengan warga yang menebang kayu di hutan? Mengapa?
Jawaban:

6. Apakah yang dilakukan warga melanggar hak-hak hewan? Jelaskan?
Jawaban:

7. Apakah yang dilakukan penebang pohon juga melanggar hak-hak masyarakat sekitar? Jelaskan?
Jawaban:

8. Jika kamu menjadi warga tersebut apa yang akan kamu lakukan?
Jawaban:

9. Apa kewajiban yang seharusnya dilakukan oleh warga?
Jawaban: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar