Selasa, 22 Februari 2022

Materi ajar Senin 22 Februari 2022

 Hari/Tanggal   : Senin /22 Februari 2022

Tema 8            : Daerah tempat Tinggal ku

Subtema 2      : Keunikan daerah tempat tinggalku

Pembelajaran : 1 & 2

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Tujuan Pembelajaran 1 :

KD 3.9 Bahasa Indonesia (Menuliskan tokoh dalam cerita fiksi)

1. Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh dalam cerita fiksi


KD 3.4  IPA (percobaan hubungan antara gaya dan gerak)

2. Dengan kegiatan mengamati gambar orang mendorong dan menarik gerobak, siswa dapat menyebutkan beragam gaya yang terdapat di lingkungan sekitar.


Tujuan Pembelajaran 2 :

KD 3.2  SBDP (Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada)

1. Dengan kegiatan mencari tahu tentang tari daerah, siswa dapat mengetahui berbagai ragam tari daerah di Indonesia.

KD 3.9 Bahasa Indonesia (Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi)

2. Dengan kegiatan menulis cerita fiksi, siswa dapat menuliskan tokoh protagonis dan tokoh antagonis dalam cerita fiksi.

KD 3.4 IPA (melakukan percobaan praktik mengayuh sepeda dan pengaruhnya.)

3. Dengan kegiatan mencoba praktik mengayuh sepeda dengan kecepatan lambat dan cepat., siswa dapat menjelaskan berbagai contoh pengaruh gaya terhadap gerakan benda di lingkungan sekitar. 


Assalamu'alaikum wr wb

Bismillahirrahmanirrahim

Good morning my lovely students?? 

How are you this morning? 

Hopely you are always in good condition 😇😇

Semoga di pagi yang cerah ini kalian selalu siap menerima materi pelajaran yang akan ibu guru berikan yaa. 

Dan sebelum kita memulai pelajaran. Sebaiknya ananda semua sudah melaksanakan solat dhuha dan tak lupa pula selalu murojaah surat surat pendek ya agar kalian dapat mengikuti mukammal di bulan Maret nanti👍👍 kemudian dengarkan tausiah hari ini terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran. 

Baik anak soleh solehah kelas 4. Sebelumnya kita sudah membahas tentang tema 8 subtema 2 pembelajaran 1 dan 2 tentang keunikan daerah tempat tinggal mu.Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 8 subtema 2 pembelajaran 1 dan 2 

Yuk simak materi berikut ini🤓🤓🤓

Pembelajaran 1





gambar diatas adalah salah satu contoh keunikan daerah tempat tinggal. Salah satu tempat wisata yang memiliki keunikan adalah candi Prambanan. Candi Prambanan terletak di perbatasan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Asal usul terjadinya candi Prambanan diceritakan dalam sebuah cerita rakyat yang populer di Yogyakarta. Bagaimana isi cerita tersebut? silahkan kalian baca di buku tematik kalian cerita RORO JONGGRANG pada halaman 62 & 63.


Perhatikan gambar di atas. Ingatkah kamu tentang gaya? Menurutmu, apakah petugas kebersihan pada gambar melakukan gaya? Jelaskan! 

Gerakan mendorong atau menarik yang menyebabkan benda bergerak disebut gaya. 

Gaya dapat memengaruhi gerakan benda. 

Berikut beberapa macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda. 

1. Gaya dapat memengaruhi benda diam menjadi bergerak. 

2. Gaya dapat memengaruhi benda bergerak menjadi diam.

3. Gaya dapat memengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat.

4. Gaya dapat memengaruhi arah gerak suatu benda.


Pembelajaran 2

Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang tersebar di berbagai daerah. Setiap daerah memiliki jenis tarian dengan keunikan tersendiri. Misalnya, keunikan tari dari Bali di antaranya dalam penampilannya gerakgerak tarinya dilakukan dengan enerjik dan dinamis. 

berikut dibawah ini adalah jenis tarian dari berbagai daerah.


Ada 2 jenis karya tari yaitu tari tradisional dan tari kreasi baru.Tari tradisional adalah tarian yang telah mengalami perjalanan sejarah cukup lama. Contoh tari tradisional yaitu tari Srimpi Sangopati dan tari Gambyong dari Jawa Tengah.

Tari kreasi baru sering disebut tari modern. Tari kreasi baru merupakan karya tari garapan baru. Contoh tari kreasi baru yaitu tari Manuk Rawe, Garuda Wisnu, dan Belibis dari Bali.


perhatikan gambar dayu bersepeda diatas.

Dayu selesai berlatih tari. Dayu pulang dengan mengendarai sepeda. Mulanya, Dayu mengayuh sepeda perlahan. Kemudian, Dayu mengayuh sepeda semakin cepat. Sepeda Dayu mengalami perubahan kecepatan dari lambat menjadi cepat. Dayu mengayuh sepeda, berarti Dayu melakukan gaya otot. Jadi, dapat disimpulkan bahwa gaya dapat mengubah kecepatan gerak benda.

masih ingatkah kalian penjelasan pembelajaran lalu tentang pengaruh gaya terhadap gerakan benda. jika masih, silahkan kerjakan tugas hari ini dengan petunjuk dibawah ini

TUGAS HARI INI

1. Carilah gambar peristiwa gerakan benda, misalnya seorang bapak sedang mendorong mobil, motor, dan gerobak, anak sedang memantulkan bola, dan anak sedang mengayuh sepeda.

 2. Tempelkan gambar yang telah kamu peroleh pada kotak dalam tabel berikut ( seperti pada kolom yang ada di halaman 82.) Berilah keterangan mengenai pengaruh gaya terhadap gerakan bendanya.

Kemudian setelah kalian memberikan penjelasan nya, kalian harus mempresentasikannya/membacakannya dalam bentuk video lalu kirimkan ke ibu guru nya ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar