Selasa, 31 Januari 2023

Materi Ajar T7 ST1 PB 5

Hari/Tanggal : Rabu/1 Februari 2023

Tema : 7 Indahnya Keragaman Negeriku

Subtema : 1 ( Keragaman Suku Bangsa dan agama di negriku) 

Pembelajaran : 5 

Tujuan Pembelajaran 5 :

1. Setelah mencermati notasi dan syair sebuah lagu, siswa mampu mengetahui tempo serta tinggi rendah nada dalam lagu tersebut dengan tepat.

2. Setelah permainan alat musik, siswa mampu menyanyikan lagu sesuai dengan nada yang benar dengan percaya diri. 

3. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi keragaman agama di Indonesia dengan benar. 

Baik anak soleh solehah kelas 4. Sebelumnya kita sudah mempelajari tema 7 subtema 1 pembelajaran 4 tentang bahasa daerah di seluruh Indonesia..Pada pertemuan hari ini miss akan menyampaikan materi tema 7 subtema 1 pembelajaran 5 


Pembelajaran 5 ;


Meskipun beragam suku bangsa dan bahasa,tetapi seluruh penduduk Indonesia merupakansatu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.Hal itu juga tertuang dalam lagu berikut ini.
















Perhatikan notasi lagu “Satu Nusa Satu Bangsa" Di bagian kiri atas lagui tu terdapat tulisan “Tempo = lambat.” Tanda tempo adalah tanda yang digunakan untuk menunjukkan cepat atau lambatnya sebuah lagu yang harus dinyanyikan. Secara umum lagu dinyanyikan dalam tiga tempo, yaitu: cepat,sedang, dan lambat. Berikut istilah tanda tempo




Bacalah teks berikut ini

Keragaman Agama di Indonesia

Letak geografis Indonesia di antara dua samudera dan dua benua menjadikan Indonesia sebagai pusat lalu lintas perdagangan internasional.Salah satu akibatnya, terjadilah persebaran agama dari para pedagang asing yan berdagang dan singgah di Indonesia. Pada awalnya masuk agama Hindu dan Buddha yang dibawa bangsa India. Selanjutnya, datang bangsa Gujarat membawa ajaran agama Islam, bangsa Eropa membawa ajaran agama Katolik dan Kristen, serta bangsa Cina membawa ajaran agama Konghucu. Jadi,keragaman agama telah ada sejak zaman dahulu. Dalam suasana keragamanberagama itu, setiap warga negara Indonesia di jamin haknya untuk memeluk keyakinan atau kepercayaan masing-masing. Di Indonesia terdapat enam agama yang diakui negara. Keenam agama/kepercayaan itu yaitu Islam,Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Pemeluk agama diwajibkan menjalankan ajaran agama masing-masing. Setiap agama memiliki tata cara beribadah, kitab suci, dan tempat ibadah yang berbeda. Negara memberikan kebebasan bagi semua pemeluk agama untuk menjalankan ibadah sesuai ajarannya masing-masing.

Tugas

1. Bangsa Apakah yang membawa ajaran agama Islam? 

2. Bangsa Eropa membawa ajaran agama apa? 

3. Nada sedang disebut juga dengan? 

Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran kita hari ini. Besok kita akan bertemu lagi pada pembelajaran tema 7 subtema 1 pembelajaran 6.

Terimakasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar