Kamis, 09 Maret 2023

Materi Ajar T8 ST 3 PB 2

Hari/Tanggal   : Jumat/ 10 Maret 2023

Tema 8            : Daerah tempat Tinggal ku

Subtema 3      : Bangga terhadap Daerah Tempat Tinggalku

Pembelajaran : 2

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran 2:

KD 3.1 SBDP (Mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi.

Dengan kegiatan membaca karya seni tiga dimensi, siswa dapat memahami pengertian karya seni tiga dimensi.

Baik anak solehah, pada hari kemarin kita telah mempelajari Pembelajaran 1  tentang gaya tarikan dan gaya dorongan

Pembelajaran 2

Mari Kita simak video berikut ini ya nak:)




SBdP
perhatikan gambar diatas yang merupakan gambar benda tiga dimensi. Apakah yang dimaksud dengan gambar tiga dimensi? gambar  tiga dimensidalah karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume. Unsur  volume inilah yang menjadi pembeda antara benda dua dimensi dan benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi misalnya benda hias dan benda  yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas  bunga, meja, kursi, lemari, dan lampu hias. Berdasarkan pengertian karya seni  tiga dimensi di atas, dapat kamu pahami adanya ciri-ciri tiga dimensi sebagai berikut.
1. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
2. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
3. Memiliki volume.

Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tiga jenis benda yang dimaksud sebagai berikut.
1. Benda Kubistis
Benda kubistis adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai bangunan  kubus atau balok. Contohnya kotak pensil, kotak tisu, meja, kursi, lemari, bak sampah, dan kulkas.  

2. Benda Silindris
Benda silindris adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai silinder  (elips). Contohnya botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan guci.

3. Benda Bebas 
 Benda Bebas adalah benda-benda yang bentuknya tidak beraturan. Contohnya buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan benda alam lain. 

Tugas. 
1. Sebutkan ciri ciri benda 3 dimensi? 
2. Sebutkan contoh benda kubistis? 
3. Sebutkan contoh benda silindris? 

Baiklah anak. Sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran kita hari ini dan besok kita akan bertemu lagi pada tema 8 subtema 2 pembelajaran 3.

Terimakasih
Wassalamualaikum warohmatulohi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar