Jumat, 19 Mei 2023

Review tema 6 IPA

Hari/Tanggal                : Jumat, 19 Mei 2023

Tema                            : 6 ( Cita-citaku)

Pembelajaran              : IPA

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan 

KD IPA

3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.

IPA

Pertumbuhan adalah perubahan bentuk tubuh karena adanya pertamabahan tinggi dan berat badan. Perkembangan adalah proses pematanagn fungsi alat tubuh seperti alat perkembangbiakan, kemampuan gerak, kemampuan berbicara, dan kemampuan berfikir.

Siklus hidup atau daur hidup hewan adalah perubahan bentuk tubuh hewan yang mengalami perubahan pada setiap tahap pertumbuhan. Dalam siklus hidup atau daur hidup ada yang mengalami metamorfosis dan ada yang tidak mengalami metamorfosis. Metamorfosis adalah daur hidup hewan yang mengalami perubahan bentuk.

Contoh hewan yang tidak mengalami metamorfosis antara lain: sapi, kucing, kelinci, tikus dan juga ayam.

Secara umum metamorfosis dibedakan menjadi 2, yakni metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis sempurna adalah daur hidup pada hewan yang mengalami tahap pupa atau kepompong. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, antara lain: lalat, katak, nyamuk dan kupu-kupu.

Berikut ini bentuk daur hidup metamorfosis sempurna, antara lain:
Lalat : telur –> larva/belatung –> kepompong –> lalat.
Nyamuk : telur –> jentik-jentik/tempayak –> pupa –> nyamuk.
Kupu – kupu : telur –> ulat –> kepompong –> kupu – kupu.
Katak : telur –> berudu –> berudu berkaki –> katak

Metamorfosis tak sempurna adalah metamorfosis yang tidak mengalami tahap pupa atau kepompong. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, antara lain: lipas/kecoa, capung, jangkrik, dan belalang. Secara umum urutan daur hidup tidak sempurna, yaitu: telur —> nimfa —> imago (hewan dewasa).


Tahapan pertumbuhan hewan dari kecil sampai dewasa disebut daur hidup hewan. Hewan yang mengalami perubahan bentuk tubuh dalam daur hidupnya dikatakan mengalami proses metamorfosis .

Perbedaaan metamorfosis sempurna dapat dilihat dari proses daur hidup yang dialami pada hewan.
Bentuk Fisiologis yang Berbeda. Metamorfosis sempurna bentuk tubuh hewan tersebut saat lahir atau menetas sangat berbeda dengan bentuk dewasa. Sementara itu, metamorfosis tidak sempurna adalah proses daur hidup hewan yang menyebabkan bentuk tubuh hewan tersebut saat lahir atau menetas tidak mengalami perubahan besar di bentuk dewasa.

Tahapan Metamorfosis. Tahapan metamorfosis sempurna yakni sebagai berikut: Telur --> Larva --> Pupa/Kepompong --> Dewasa. Sementara itu, tahapan metamorfosis tidak sempurna yakni sebagai berikut: Telur --> Nimfa --> Dewasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar