Jumat, 27 September 2024

Materi Ajar Jumat 27 September 2024


       Terjual Dompet KW SUPER | LEVIS - DUNHILL - HERMES - IMPERIAL HORSE | KASKUS

Hari / Tanggal             : Jumat  27 September  2024

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :  P5 

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan
         

 💥 Tema P5             :   Hidup Berkelanjutan

 💥  Capaian Penbelajaran P5 

  Peserta didik mampu memahami bahwa makanan merupaka hal tersekat yang ada dalam kehidupan anak anak .  Melalui makanan tradisional anak anak diperkenalkan dengan budaya asli dari daerah mereka tinggal. 

 💥Tujuan Pembelajaran

    💫1.1  Peserta didik  dapat memahami bahwa pada tema kearifan loka dengan mengacu pada dimensi profil pelajar pancasila . Projrk makananku budayaku ini disusun dengan tujuan menguatkan profil pelajar pancasila melalui pemahaman nilai kearifan lokal pada makan tradisional .

   

2. . Apersepsi

 Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas  kemarin  yaitu Pendidikan Pancasila " Aku Cinta Pancasila"  dan P5  .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai   Pembelajaran P5 ( Gaya Hidup Berkelanjutan)

3. Materi ajar

            

 💥P5

                

                                    

   Let’s check this video 
  


 
💫P5
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 

  Let’s check this video

                                  


 
    P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Ini yang terkadang terjadi miskonsepsi dalam penerapan P5 di satuan pendidikan yang hanya berfokus pada hasil ataupun produk akhir dari setiap kegiatan P5 padahal proses setiap peserta didik dalam kegiatan P5 ini yang menjadi sangat penting. Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek adalah hal utamanya.

    P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
 " Makanan Sehat  " 
    
    P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan dengan 
Tema : Makananku Budayaku
 

 
 
Berikut beberapa jenis makanan sehat yang bisa jadi pilihan dan baik untuk dikonsumsi setiap hari:
  • – Sayur-sayuran.
  • – Brokoli.
  • – Kale.
  • – Sayuran Berdaun Hijau.
  • – Buah-buahan.
  • – Dagin, Ikan dan Telur.
  • – Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian.
  • – Ikan dan Makanan Laut Lainnya
4.Contoh Soal
  Apa yang Dimaksud dengan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna?

A. Nasi, tempe, daging, sayur, dan susu

B. Nasi, ikan, telur, sayur, dan buah

C. Nasi, tahu, sayur, buah, dan susu

D. Nasi, telur, sayur, ikan, buah, dan daging

yukk kitasimak vidio berikut ini pembuatan salad buah




5.  Evaluasi   
💫 Kerjakan soal berikut dengan benar!  💫


Peserta didik diberkan sebuah MemoStick yangsudah berisikan tugas latihan soal terkaita makanan sehat ( Makanan Tradisional dan makanan modern )



Yukk mari kita mewarnai makanan tradisonal berikut ini 


Yukk kita mewarnai jajanan modern berikut ini.

1. Apa fungsi makanan tradisonal ?
jawab :
menjalin ikatan sosial, kerukunan antar warga, mempererat persaudaraan, termasuk untuk penanaman nilai-nilai spiritual .

2. Mengap makanan tradisional perlun di lestarikan ?
jawab:supaya budaya yang tidak ternilai harganya tidak hilang lenyap karena masuknya budaya asing.

3. Makanan tradisional memiliki beberapa ciri-ciri, di antaranya:?
jawab :  
💥Menggunakan bahan baku lokal yang unik dan khas setempat 
💥Menggunakan banyak rempah 
💥Memiliki cita rasa gurih 
💥Menggunakan alat masak tradisional 
💥Resep dan teknik memasaknya turun temurun 
💥Diolah dari bahan segar dan alami 

6. Penutup

    Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran pendidikan pancasila ialah P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam 

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami  Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok   September 30  2024 kita yaitu  Matematika dan Bahasa Indonesia .

Wassalamualaikum 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar