Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS

Hari / Tanggal : Kamis 22 Mei 2025
Kelas : 1 A
Mapel : P5 dan Pendidikan Pancasila
Alokasi Waktu : 1 x Pertemu
Metode Pembelajaran : Penugassan
Metode Mengajar : Penugasan
Media PB p5: - Palu kayu - tas kain/ baju - tawas -daun segar -bungga segar - plastik
media p.pancasila: : lkpd - vidio pb - buku cetak-
💥 Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila
💥 Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila
💥Peserta didik mampu mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah, sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
💥Peserta didik mampu mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
💥Learning Objectives
Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫1.1Peserta didik dapat menyebutkan denah lingkungan sekitar.
💥 Tema P5 : Gaya Hidup Berkelanjutan
💥 Capaian Penbelajaran P5
- Peserta didik mampu Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya hidup berkelanjutan
- Peserta didik mampu Menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan pelestarian lingkungan
- Peserta didik mampu Mendorong siswa untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan
💥Learning Objectives
Tujuan Pembelajaran
💫1.1 Peserta didik dapat bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas dan kemandirian murid. Selain itu, juga menambah pengetahuan dan pengalaman membuat totebag ecoprint dengan memanfaatkan daun yang ada disekitar lingkungan sekolah / rumah sebagai bahan pewarna alami.
2. . Apersepsi
Good morning atau good afternoon , how are you?who is absent today?
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu Pendidikan Pancasila " " bagian bagian rumah" " dan seni budaya ( sbdp) .Today we will learn about
Pembelajaran P5 Tema : Gaya Hidup Berkelanjutan, Topik : Alam Mendidik Kita Kreatif, Judul : Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint dan Pendidikan Pancasila " " bagian bagian rumah "
3. Materi ajar
" bagian bagian rumah" 💫Pendidikan Pncasila 💥Bagian-bagian rumah umumnya terdiri dari beberapa area utama, yaitu: 1. Bagian Luar Rumah
2. Bagian Dalam Rumah
3. Bagian Tambahan (Opsional)
Arah mata angin adalah arah yang digunakan sebagai panduan dalam navigasi dan penentuan lokasi berdasarkan kompas atau posisi relatif terhadap bumi. Arah mata angin utama terdiri dari:
Selain arah utama, ada juga arah mata angin antara:
|
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
- Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya hidup berkelanjutan
- Menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan pelestarian lingkungan
- Mendorong siswa untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan
Soal 1:
Latihan Pendidikan Pancasila
Mari Mengisi Dengan Jawaban Yang Benar ....
💢 Ananda sholeh sholeha tugas di bawah ini dikerjakan di buku tulis dan untuk soal tidak usah di tulis hanya jawabnya saja ya nak 😉
Soal Pilihan Ganda
1. Arah mata angin yang menunjukkan tempat matahari terbit adalah ...
a. Barat
b. Timur
c. Selatan
Jawaban: b. Timur
2. Arah matahari terbenam adalah ...
a. Utara
b. Timur
c. Barat
Jawaban: c. Barat
3. Lawan dari arah utara adalah ...
a. Timur
b. Selatan
c. Barat
Jawaban: b. Selatan
4. Jika kita menghadap ke timur, maka di belakang kita adalah ...
a. Selatan
b. Barat
c. Utara
Jawaban: b. Barat
5. Kompas digunakan untuk menunjukkan ...
a. Waktu
b. Cuaca
c. Arah
Jawaban: c. Arah
1. Arah mata angin yang menunjukkan tempat matahari terbit adalah ...
a. Barat
b. Timur
c. Selatan
Jawaban: b. Timur
2. Arah matahari terbenam adalah ...
a. Utara
b. Timur
c. Barat
Jawaban: c. Barat
3. Lawan dari arah utara adalah ...
a. Timur
b. Selatan
c. Barat
Jawaban: b. Selatan
4. Jika kita menghadap ke timur, maka di belakang kita adalah ...
a. Selatan
b. Barat
c. Utara
Jawaban: b. Barat
5. Kompas digunakan untuk menunjukkan ...
a. Waktu
b. Cuaca
c. Arah
Jawaban: c. Arah
Soal Isian Singkat
6. Arah mata angin ada ... (berapa) arah utama.
Jawaban: empat
7. Arah di sebelah kanan timur adalah ...
Jawaban: selatan
8. Arah di sebelah kiri barat adalah ...
Jawaban: selatan
9. Arah atas pada kompas menunjukkan ...
Jawaban: utara
10. Arah bawah pada kompas menunjukkan ...
Jawaban: selatan
6. Arah mata angin ada ... (berapa) arah utama.
Jawaban: empat
7. Arah di sebelah kanan timur adalah ...
Jawaban: selatan
8. Arah di sebelah kiri barat adalah ...
Jawaban: selatan
9. Arah atas pada kompas menunjukkan ...
Jawaban: utara
10. Arah bawah pada kompas menunjukkan ...
Jawaban: selatan
Penutup
any question atau is there any question?so today we have learned about.., Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang Arah mata angin adalah arah yang digunakan sebagai panduan dalam navigasi dan penentuan lokasi berdasarkan kompas atau posisi relatif terhadap bumi.ada kesimpulan materi sbdp ialah Dalam seni rupa, pengamatan atau obser. P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.
I think enough for today, thx for your nice attention, Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jan9gan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 23 Mei 2025 kita yaitu mapel p5. .
Wassalamuaalikum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar