Kamis, 11 Januari 2024

Materi Ajar Kamis 11 Januari 2024

Hari / Tanggal              = Kamis 11 Januari 2024

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :   Pendidikan Pancasila dan  P5

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan
        

1. 💥  Capaian PenbelajaranPendidikan Pancasila 

 v  Peserta didik mampu mengenal karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.

💢Peserta didik mampu menyebutkan contoh perilaku dan sikap yang menjaga lingkungan sekitar, serta mempraktikkannya di rumah dan di sekolah.

💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila 

    💫1.1 mengidentifikasikan dan menuliskan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah dan menjaga lingkungannyah. 

 💫 1.2mengidentifikasi dan memehami wilayah NKRI dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa 

💢 Capaian Pemnbelajaran P5 

  Peserta didik mampu mengenal program yang berperan dalam

. Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjuta     

 💥Tujuan Pembelajaran

    💫1.1  Peserta didik  dapat memahami   Kutanam Sayuranku  Melalui tema  Kearifan Lokal , para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat RELEVANSI PROYEK DENGAN TOPIK BAGI SEKOLAH merupakan salah satu sentra pembibitan sayudan tanman hias sehingga perlu untuk dikenalkakepada peserta didik tentang keunggulan atau kearifan lokal yang ada di sekitar SD Al Azhar 3 Bandar Lampung.

2. . Apersepsi

 Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas  kemarin  yaitu  bangun datar dan unsur unsur seni rupa  .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai  pembelajaran Pendidikan Pancasila " Negara kesatuan Republik Indonesia " dan Pembelajaran P5 .

3. Materi ajar









                                                                   Pendidikan Pancasila 

                                Negara Kesatuan Republik Indonesia

        

                                                                                 






💫Pendidikan Pncasila 

Negara kesatuan adalah negara berdaulat yang diselenggarakan sebagai satu kesatuan tunggal, di mana pemerintah pusat adalah yang tertinggi dan satuan-satuan subnasionalnya hanya menjalankan kekuasaan-kekuasaan yang dipilih oleh pemerintah pusat untuk didelegasikan.

 ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah

 


Ciri FisikIalah identitas yang berhubungan dengan sifat- sifat kasat mata yang ditunjukkan oleh ras, sepertibentuk serta warna rambut, warna kulit, bentuk badan badan, wujud serta warna mata, serta lain sebagainya.

KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU  Keragaman berarti bermacam-macam atau berjenis-jenis.  Pada manusia, keragaman yang dimaksud adalah perbedaan yang dimiliki oleh setiap manusia.  Perbedaan pada manusia itu ada karena setiap manusia memiliki ciri khas tersendiri.  Keragaman manusia berarti perbedaan ciri-ciri khusus pada setiap manusia.  Keragaman ciri-ciri manusia dapat berupa keragaman fisik. Keragaman fisik dapat meliputi, warna kulit, jenis rambut, tinggi dan rendah badan serta berat badan.  Selain keragaman fisik, juga terdapat keragaman kegemaran dan keragaman sifat. 








💫P5
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 

  Let’s check this video

                                  


 
    P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Ini yang terkadang terjadi miskonsepsi dalam penerapan P5 di satuan pendidikan yang hanya berfokus pada hasil ataupun produk akhir dari setiap kegiatan P5 padahal proses setiap peserta didik dalam kegiatan P5 ini yang menjadi sangat penting. Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek adalah hal utamanya.

   Yukk kita simak tepuk P5 
Berikut ini 


 
 P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD AL AZHAR 3 yaitu
 " LEKUNG " ( Lele dan Kangkung ).

    P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Kearifan Lokal para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat merupakan salah satu sentra pembibitan sayudan tanman hias sehingga perlu untuk dikenalkakepada peserta didik tentang keunggulan atau kearifan lokal yang ada di sekitar SD Al Azhar 3 Bandar Lampung.
Tema : Kearifan Lokal
Kutanam Sayuranku 




















 
11. Apabila tidak digunakan, keran sebaiknya …. a. dimatikan b. dihidupkan c. dibiarkan saja Jawaban: dimatikan. 12. Ketika teman memperkenalkan diri maka kita harus…. a. bicara sendiri b. mengabaikan c. memperhatikan Jawaban: memperhatikan. 13. Bersalaman dengan guru termasuk sikap yang menunjukan…. a. kesopanan b. keangkuhan c. kemenangan Jawaban: kesopanan. 14. Kita di sekolah dapat bermain dengan …. a. teman seagama saja b. teman sebangku saja c. semua teman Jawaban: semua teman. 15. Berbagi bekal dengan teman saat istirahat, termasuk kebersamaan di lingkungan.... a. keluarga b. sekolah c. rumah Jawaban: sekolah.

Baca selengkapnya di artikel "Soal Pancasila Kelas 1 Semester 2 Kurikulum Merdeka & Jawabannya", https://tirto.id/gCYr
11. Apabila tidak digunakan, keran sebaiknya …. a. dimatikan b. dihidupkan c. dibiarkan saja Jawaban: dimatikan. 12. Ketika teman memperkenalkan diri maka kita harus…. a. bicara sendiri b. mengabaikan c. memperhatikan Jawaban: memperhatikan. 13. Bersalaman dengan guru termasuk sikap yang menunjukan…. a. kesopanan b. keangkuhan c. kemenangan Jawaban: kesopanan. 14. Kita di sekolah dapat bermain dengan …. a. teman seagama saja b. teman sebangku saja c. semua teman Jawaban: semua teman. 15. Berbagi bekal dengan teman saat istirahat, termasuk kebersamaan di lingkungan.... a. keluarga b. sekolah c. rumah Jawaban: sekolah.

Baca selengkapnya di artikel "Soal Pancasila Kelas 1 Semester 2 Kurikulum Merdeka & Jawabannya", https://tirto.id/g
 
 

 
4. Contoh soal 


 


 
 


 
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS

5.  Evaluasi   
💫 Kerjakan soal berikut dengan benar!  💫

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

a. Lihatlah gambar di bawah ini!

b. Peserta didik dapat membuat cerita sesuai perbuatan yang dilakukan pada gambar.

 

 




6. Penutup

    Kesimpulan pembelajaran hari "   Negara Kesatuan Republik Indonesia" adalah Negara kesatuan adalah negara berdaulat yang diselenggarakan sebagai satu kesatuan tunggal, di mana pemerintah pusat adalah yang tertinggi dan satuan-satuan subnasionalnya hanya menjalankan kekuasaan-kekuasaan yang dipilih oleh pemerintah pusat untuk didelegasikan. Dengan ciri fisik di rumah dan di sekolah kiyta mampu saling menghargai dan menghormati satu sama lain karn akita adalah negara kesatuan republik indonesia . 

 Selanjutnya kesimpulan dari materi P5 yaitu tentang  " Kearifan Lokal "  P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Kearifan Lokal para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat merupakan salah satu sentra pembibitan sayudan tanman hias sehingga perlu untuk dikenalkakepada peserta didik tentang keunggulan atau kearifan lokal yang ada di sekitar SD Al Azhar 3 Bandar Lampung.

     Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami  Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok  12 Januari 2024 kita yaitu P5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar