Jumat, 04 Oktober 2024

Materi Ajar Jumat 04 Oktober 2024


  Terjual Dompet KW SUPER | LEVIS - DUNHILL - HERMES - IMPERIAL HORSE | KASKUS

Hari / Tanggal             : Jumat 04 Oktober 2024 

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :  P5 

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan

💥 Tema P5             :   Kewirausahaan

 💥  Capaian Penbelajaran P5 

  Peserta didik mampu memahami suatu potensi ekonomi dan peluang usaha di sekitar sekolah 

 💥Tujuan Pembelajaran

    💫1.1  Peserta didik  dapat  mengidentifikasi potensi ekonomi dan peluang usaha di sekitar sekolah dengan baik dan benar 

2. . Apersepsi

 Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas  kemarin  yaitu Pendidikan Pancasila " "  dan P5  .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai   Pembelajaran P5 ( Kewirausahaan " Meronce") dan Pendidikan Pancasila 

3. Materi ajar

💫P5
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 

  Let’s check this video

                                  


 
    P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Ini yang terkadang terjadi miskonsepsi dalam penerapan P5 di satuan pendidikan yang hanya berfokus pada hasil ataupun produk akhir dari setiap kegiatan P5 padahal proses setiap peserta didik dalam kegiatan P5 ini yang menjadi sangat penting. Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek adalah hal utamanya.

    P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
 " Meronce   " 
    
    P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentangKewirausahaan Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan dengan 
Tema : Meronce 

 
Meronce adalah kegiatan merangkai benda-benda menjadi satu kesatuan dengan menggunakan tali atau benang. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan berbagai bahan, seperti manik-manik, biji-bijian, dan lainnya. Kerajinan meronce bisa digunakan untuk menghias berbagai benda, seperti tas, gelang, kalung, dan tirai. 
Meronce memiliki beberapa manfaat, di antaranya: 
  • Melatih motorik halus, terutama pada tangan 
  • Melatih koordinasi antara mata dan tangan 
  • Melatih kesabaran dan fokus 
  • Melatih kreativitas 
  • Membantu anak mengenal bentuk, warna, dan ukuran 
  • Membantu anak mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan kerjasama
  •  
 4, Contoh Soal

Yuk kita buat meronce berikut 




1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS

5.  Evaluasi   
💫 Kerjakan soal berikut dengan benar!  💫
 
🌼 Sebutkan bahan bahan membuat manik manik meroce 
 
Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk meronce antara lain: Manik-manik, Biji-bijian, Kertas, Bunga, Kerang. 
Selain bahan-bahan tersebut, Anda juga bisa membeli paket bahan meronce yang sudah lengkap, seperti:
  • Paket meronce full silver + tang 3in1 senar
  • Set pengait besi bonus kotak
  • Set paket meronce anak DIY kit manik mote cincin gelang strap phone
  • Manik bulat pastel kilap mote susu kilap
  • Clay resin karakter Sanrio 
Meronce adalah kegiatan merangkai berbagai bentuk benda dengan menggunakan seutas benang. Hasil dari kegiatan meronce dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti perhiasan, hiasan jendela, dan alat ibadah. 

Meronce dapat melatih koordinasi mata dan tangan, serta mengembangkan aspek fisik motorik.

6. Penutup

    Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran Kesimpulan P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.

 Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami  Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok  07 Oktober 2024 kita yaitu  p5 




Wassalamuaaliakum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar