Hari / Tanggal = Selasa 01 Oktober 2024
Kelas : 1 A
Mapel : Bahasa Indonesia , Matematika dan P.Pancasila
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan1. Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia :
💫Peserta didik mampu menulis suku kata ‘ku-’.
💫 Peserta didik mampu mengenali dan membaca suku kata yang diawali dengan huruf ‘k’;
💥 Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
💫 1.1 § Peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘k’.
💥Capaian Penbelajaran Matematika
💫Peserta didik mampu mampu mengetahui angka yang menyatakan urutan melalui kegiatan menghitung banyaknya benda dan mengurutkan,
💫Peserta didik mampu Menyatakan posisi letak benda dengan menggunakan koskata kanan-kiri, depan belakang, atas-bawah, dan lain-lainTujuan Pembelajaran (TP) Matemtika
💫1.1 Peserta didik dapat Menghitung dan menyatakan angka yang menyatakan jumlah dan angka yang menyatakan urutan dalam kehidupan sehari-hari, serta memahami hubungan antara angka yang menyatakan jumlah dan angka yang menunjukkan urutan.
💫1.1 Peserta didik dapat menyatakan posisi letak benda menggunakan kosakata depan-belakang, atas-bawah, kanan-kiri, dan lain-lain.💥 Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila
💫 Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan yang ada di rumah dan di sekolah serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru.
💫 Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan yang tidak mematuhi aturan yang berlaku di rumah dan di sekolah.
💫 Peserta didik mampu menyampaikan pendapatnya di kelas sesuai dengan tingkat berfikir dan konteksnya.
💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila
💫1.1 Peserta didik dapat menjadi pribadi yang patuh terhadap aturan.
💫1. 2Peserta didik dapat menyampaikan pendapatnya di kelas sesuai dengan tingkat berfikir dan konteksnya.
2. . Apersepsi
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu pembalajaran P5 " Kearifan Lokal (Makanan Tradisional) .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai Bahasa Indonesia BAB 3 " Awas Kuman! " dan pembelajara matematika Bab 3 "Bilangan untuk Menunjukkan Urutan"
3. Materi ajar
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Bahaasa Indonesia
BaB 3
" Awas Kuman "
- TolongKata ini digunakan untuk meminta bantuan kepada orang lain. Kata "tolong" dapat membuat kita sadar akan kelemahan dan batasan yang dimiliki dalam melakukan suatu pekerjaan.
- MaafKata ini digunakan untuk mengakui kekalahan dan menunjukkan sikap hormat terhadap norma.
- PermisiKata ini digunakan untuk meminta izin sebelum melakukan suatu kegiatan. Kata "permisi" juga sering digunakan sebagai kata pembuka untuk mencari tahu sesuatu.
- Terima kasihKata ini diucapkan ketika mendapatkan bantuan, ketika semuanya telah selesai dengan baik, atau ketika orang lain membantu
💫Matematika
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Matematika
BaB 3 "Bilangan untuk Menunjukkan Urutan"
Di dalam kehidupan sehari-hari, lambang bilangan atau angka menjadi salah satu simbol untuk menyatakan sesuatu, menghitung, dan lainnya.
Bahkan, lambang bilangan 1 hingga 10 telah digunakan sejak manusia di dalam kandungan, tepatnya saat usia kehamilan.
Terdapat makna-makna filosofi di dalam setiap angka atau lambang bilangan yang perlu diketahui, dengan tujuan edukasi anak.
💥"Bilangan untuk Menunjukkan Urutan"Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
- Urutan bilangan adalah pola pengurutan bilangan dari angka yang paling kecil ke angka yang paling besar, atau sebaliknya.
- Pola bilangan adalah susunan atau bentuk yang tetap dalam suatu angka.
- Contoh soal urutan bilangan bisa melatih kemampuan mengurutkan bilangan
- Membuang sampah pada tempatnya
- Menjaga kebersihan kelas
- Mengenakan seragam sesuai ketentuan sekolah
- Tidak membawa senjata tajam (gunting/pisau) kecuali dibutuhkan dalam pembelajaran
- Tidak memainkan HP saat proses belajar mengajar
- Hadir di kelas tepat waktu
- Mengikuti pelajaran dengan penuh perhatian
- Membawa buku, alat tulis, dan perlengkapan belajar lainnya yang sesuai dengan mata pelajaran
- Menghormati guru dan teman sekelas
- Tolong ambilkan air di dapur!
- Terima kasih sudah menolongku
- Ibu sudah meminta maaf atas kesalahannya
- Permisi bisakan kamu tunjukan aku jalan menuju toko kelontong?
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/g
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang Membaca permulaan merupakan tahap awal dalam belajar membaca yang difokuskan kepada mengenal simbol- simbol atau tanda-tanda yang berkaitan dengan hurf-huruf sehingga menjadi pondasi agar anak dapat melanjutkan ketahap membaca permulaan .Empat kata ajaib yang sering digunakan untuk menghargai seseorang adalah: Tolong, Maaf, Permisi, Terima kasih. Kata-kata ajaib ini penting untuk diajarkan kepada anak-anak sejak dini agar mereka dapat membentuk kepribadian yang baik dan sopan. .
pada pembelajaran p. pancasila Aturan bisa berupa aturan tertulis dan aturan tidak tertulis. Aturan tertulis memiliki sanksi yang tegas dan mengikat, sedangkan aturan tidak tertulis memiliki sanksi yang tidak setegas aturan tertulis.
Selanjutnya kesimpulan dari 8materi Matematika yaitu
- Urutan bilangan adalah pola pengurutan bilangan dari angka yang paling kecil ke angka yang paling besar, atau sebaliknya.
- Pola bilangan adalah susunan atau bentuk yang tetap dalam suatu angka.
- Contoh soal urutan bilangan bisa melatih kemampuan mengurutkan bilangan
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
Demikian pembelajaran hari 02 Oktober 2024 kita yaitu mapel SBDP dan pendidikan Pancasila . .
Wassalamuaaliakum ... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar