Selasa, 01 Oktober 2024

Materi Ajar Selasa 01 Oktober 2024

     Terjual Dompet KW SUPER | LEVIS - DUNHILL - HERMES - IMPERIAL HORSE | KASKUS 

Hari / Tanggal              = Selasa  01 Oktober  2024

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :   Bahasa Indonesia ,  Matematika  dan  P.Pancasila 

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan
         

1.   Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia :

    💫Peserta didik mampu  menulis suku kata ‘ku-’.

💫  Peserta didik mampu mengenali dan membaca suku kata yang diawali dengan huruf ‘k’;

Peserta didik dapat menulis nama binatang yang diawali dengan huruf ‘k’.


💥  Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:

    💫 1.1  § Peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘k’.

💥Capaian Penbelajaran Matematika

    💫Peserta didik mampu  mampu mengetahui angka yang menyatakan urutan melalui kegiatan menghitung banyaknya benda dan mengurutkan,

💫Peserta didik mampu Menyatakan posisi letak benda dengan menggunakan koskata kanan-kiri, depan belakang, atas-bawah, dan lain-lain

Tujuan Pembelajaran (TP) Matemtika

 💫1.1 Peserta didik dapat Menghitung dan menyatakan angka yang menyatakan jumlah dan angka yang menyatakan urutan dalam kehidupan sehari-hari, serta memahami hubungan antara angka yang menyatakan jumlah dan angka yang menunjukkan urutan.

 💫1.1 Peserta didik dapat  menyatakan posisi letak benda menggunakan kosakata depan-belakang, atas-bawah, kanan-kiri, dan lain-lain.

💥  Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila

    💫  Peserta didik mampu  mengidentifikasi aturan yang ada di rumah dan di sekolah serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru.

    💫   Peserta didik mampu  menceritakan contoh sikap mematuhi dan yang tidak mematuhi aturan yang berlaku di rumah dan di sekolah.


    💫   Peserta didik mampu menyampaikan pendapatnya di kelas sesuai dengan tingkat berfikir dan konteksnya.


                💫Peserta didik mampu mendengarkan ketika temannya berbicara, dan membuat kesepakatan sederhana di
 kelas dengan bimbingan sesuai dengan tingkat berpikir dan konteksnya dengan bimbingan guru.


💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila

    💫1.1  Peserta didik dapat menjadi pribadi yang patuh terhadap aturan.

   💫1. 2Peserta didik dapat menyampaikan pendapatnya di kelas sesuai dengan tingkat berfikir dan konteksnya.

2. . Apersepsi

 Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas  kemarin  yaitu  pembalajaran P5 " Kearifan Lokal (Makanan Tradisional) .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai  Bahasa Indonesia BAB 3 " Awas Kuman!  " dan pembelajara matematika   Bab 3  "Bilangan untuk Menunjukkan Urutan"

3. Materi ajar




Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN  

Bahaasa Indonesia 

BaB 3

" Awas Kuman "



💫Bahasa Indonesia 
    
   Membaca permulaan merupakan tahap awal dalam belajar membaca yang difokuskan kepada mengenal simbol- simbol atau tanda-tanda yang berkaitan dengan hurf-huruf sehingga menjadi pondasi agar anak dapat melanjutkan ketahap membaca permulaan




Empat kata ajaib yang sering digunakan untuk menghargai seseorang adalah: Tolong, Maaf, Permisi, Terima kasih. 
Kata-kata ajaib ini penting untuk diajarkan kepada anak-anak sejak dini agar mereka dapat membentuk kepribadian yang baik dan sopan. 
Berikut penjelasan singkat mengenai masing-masing kata ajaib: 
  • Tolong
    Kata ini digunakan untuk meminta bantuan kepada orang lain. Kata "tolong" dapat membuat kita sadar akan kelemahan dan batasan yang dimiliki dalam melakukan suatu pekerjaan. 
  • Maaf
    Kata ini digunakan untuk mengakui kekalahan dan menunjukkan sikap hormat terhadap norma. 
  • Permisi
    Kata ini digunakan untuk meminta izin sebelum melakukan suatu kegiatan. Kata "permisi" juga sering digunakan sebagai kata pembuka untuk mencari tahu sesuatu. 
  • Terima kasih
    Kata ini diucapkan ketika mendapatkan bantuan, ketika semuanya telah selesai dengan baik, atau ketika orang lain membantu

Yuk kita simak video berikut ini 



💫Matematika 

Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN  

Matematika 

BaB 3 "Bilangan untuk Menunjukkan Urutan"




Bilangan adalah suatu konsep matematika yang digunakan dalam pencacahan dan pengukuran. Simbol ataupun lambang yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan disebut sebagai angka atau lambang bilangan.

Di dalam kehidupan sehari-hari, lambang bilangan atau angka menjadi salah satu simbol untuk menyatakan sesuatu, menghitung, dan lainnya.

Bahkan, lambang bilangan 1 hingga 10 telah digunakan sejak manusia di dalam kandungan, tepatnya saat usia kehamilan.

Terdapat makna-makna filosofi di dalam setiap angka atau lambang bilangan yang perlu diketahui, dengan tujuan edukasi anak.

💥"Bilangan untuk Menunjukkan Urutan"
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy
  • Urutan bilangan adalah pola pengurutan bilangan dari angka yang paling kecil ke angka yang paling besar, atau sebaliknya. 
  •  Pola bilangan adalah susunan atau bentuk yang tetap dalam suatu angka. 
  • Contoh soal urutan bilangan bisa melatih kemampuan mengurutkan bilangan
💫Pendidikan Pncasila 
    💥Peraturan untuk anak kelas 1 SD adalah pedoman atau panduan yang mengatur perilaku siswa agar lebih baik. Aturan ini penting untuk menciptakan ketertiban dan keteraturan di kelas. 
Berikut adalah beberapa contoh peraturan kelas 1 SD:
1. Datang ke sekolah sebelum pembelajaran dimulai 
2. Berbaris dengan rapi di depan kelas sebelum masuk 
3. Berdoa sebelum dan setelah pelajaran
4. Bertanggung jawab atas kebersihan kelas
5. Siswa piket melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik 
6. Berperilaku senyum, salam, sapa, sopan, dan santun 
7. Mendengarkan ketika guru berbicara 
8. Menghargai diri sendiri dan orang lain
9. Mengikuti petunjuk dengan cepat 

💢Aturan bisa berupa petunjuk, perintah, ketentuan, dan patokan yang ditujukan untuk mengatur kehidupan. Aturan bisa berupa aturan tertulis dan aturan tidak tertulis. Aturan tertulis dibuat oleh lembaga atau pejabat yang berwenang dan disahkan dalam bentuk undang-undang atau peraturan
💢Peraturan kelas adalah alat untuk mengatur perilaku siswa di kelas agar menjadi lebih baik. Aturan kelas penting untuk menciptakan ketertiban dan keteraturan di kelas. 
Berikut adalah beberapa contoh peraturan kelas: 
  • Membuang sampah pada tempatnya 
  • Menjaga kebersihan kelas 
  • Mengenakan seragam sesuai ketentuan sekolah 
  • Tidak membawa senjata tajam (gunting/pisau) kecuali dibutuhkan dalam pembelajaran 
  • Tidak memainkan HP saat proses belajar mengajar 
  • Hadir di kelas tepat waktu 
  • Mengikuti pelajaran dengan penuh perhatian 
  • Membawa buku, alat tulis, dan perlengkapan belajar lainnya yang sesuai dengan mata pelajaran 
  • Menghormati guru dan teman sekelas 
Aturan bisa berupa aturan tertulis dan aturan tidak tertulis. Aturan tertulis memiliki sanksi yang tegas dan mengikat, sedangkan aturan tidak tertulis memiliki sanksi yang tidak setegas aturan tertulis. 


 4, Contoh Soal
Berikut Contoh kalimat dari 4 kata ajaib 

  1. Tolong ambilkan air di dapur!
  2. Terima kasih sudah menolongku
  3. Ibu sudah meminta maaf atas kesalahannya
  4. Permisi bisakan kamu tunjukan aku jalan menuju toko kelontong?
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/g
5.  Evaluasi   
💥 Ananda sholeh sholeha mengerjakan latihan soal yang ada di Lks Cerdas 

💥 Ananda sholeh sholeha mengerjakan lkp terkait penerapan pancasila 

6. Penutup

Kesimpulan pembelajaran hari ini adalah tentang Membaca permulaan merupakan tahap awal dalam belajar membaca yang difokuskan kepada mengenal simbol- simbol atau tanda-tanda yang berkaitan dengan hurf-huruf sehingga menjadi pondasi agar anak dapat melanjutkan ketahap membaca permulaan .Empat kata ajaib yang sering digunakan untuk menghargai seseorang adalah: Tolong, Maaf, Permisi, Terima kasih. Kata-kata ajaib ini penting untuk diajarkan kepada anak-anak sejak dini agar mereka dapat membentuk kepribadian yang baik dan sopan. . 

 pada pembelajaran  p. pancasila Aturan bisa berupa aturan tertulis dan aturan tidak tertulis. Aturan tertulis memiliki sanksi yang tegas dan mengikat, sedangkan aturan tidak tertulis memiliki sanksi yang tidak setegas aturan tertulis.

Selanjutnya kesimpulan dari 8materi   Matematika  yaitu 

  • Urutan bilangan adalah pola pengurutan bilangan dari angka yang paling kecil ke angka yang paling besar, atau sebaliknya. 
  •  Pola bilangan adalah susunan atau bentuk yang tetap dalam suatu angka. 
  • Contoh soal urutan bilangan bisa melatih kemampuan mengurutkan bilangan
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gy

Demikian pembelajaran hari 02 Oktober 2024 kita yaitu mapel  SBDP  dan  pendidikan Pancasila  . .










Wassalamuaaliakum ...    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar