Kamis, 22 Februari 2024

Materi Ajar Kamis 22 Februari 2024


Hari / Tanggal              = Kamis 22 Februari 2024

Kelas                            :  1 A

 Mapel                        :   Pendidikan Pancasila dan  P5

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan
        

1.  v  Capaian PenbelajaranPendidikan Pancasila 

 💫Peserta didik mampu Peserta didik dapat menyebutkan dan mempraktikan contoh perilaku dan sikap menjaga lingkungan di rumahnya serta menampilkan sikap kerja sama dalam menjaga lingkungan sekitar rumahnya

💥Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila 

   💢 1.1 Menunjukkan sikap menerima terhadap kondisi diri sendiri dan orang lain sebagai tanda syukur kepada Tuhan YME.

   💢1.2  Menunjukkan sikap menerima dan berempati terhadap kondisi orang lain.

    💢1.3 Mengidentifikasi peran pribadi dan orang lain sebagai bentuk kontribusi gotong royong.

💢 Capaian Pemnbelajaran P5 

  Peserta didik mampu mengenal program yang berperan dalam

. Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjuta     

 💥Tujuan Pembelajaran

    💫1.1  Peserta didik  dapat memahami   Kutanam Sayuranku  Melalui tema  Kearifan Lokal , para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat RELEVANSI PROYEK DENGAN TOPIK BAGI SEKOLAH merupakan salah satu sentra pembibitan sayudan tanman hias sehingga perlu untuk dikenalkakepada peserta didik tentang keunggulan atau kearifan lokal yang ada di sekitar SD Al Azhar 3 Bandar Lampung.

2. . Apersepsi

 Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas  kemarin  yaitu aljabar  dan jeneis jenis alat musik ( melodis, ritmis dan harmonis)  .Untuk hari ini kita akan membahas mengenai  pembelajaran Pendidikan Pancasila " aku suka bergotong royom=ng  " dan Pembelajaran P5 .

3. Materi ajar









                                                                   Pendidikan Pancasila 

                                Negara Kesatuan Republik Indonesia

        

                                                                                 




💫Pendidikan Pncasila 
Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika

Aku Suka Bergotong Royong

Gotong royong berasal dari kata gotong yang berarti bekerja dan juga royong yang berarti bersama.

Sehingga gotong royong bisa juga diartikan sebagai tindakan untuk melakukan sebuah pekerjaan secara bersama-sama.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gotong royong adalah bekerja bersama-sama.

Jadi gotong royong juga memiliki keterkaitan dengan tolong menolong atau saling membantu yang bisa dilakukan antar anggota

Jenis-Jenis Gotong Royong
  • Kerja Bakti.
  • Tanggap Bencana.
  • Musyawarah.
  • Panen Raya.
  • .


💫P5
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 

  Let’s check this video

                                  


 
    P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Ini yang terkadang terjadi miskonsepsi dalam penerapan P5 di satuan pendidikan yang hanya berfokus pada hasil ataupun produk akhir dari setiap kegiatan P5 padahal proses setiap peserta didik dalam kegiatan P5 ini yang menjadi sangat penting. Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek adalah hal utamanya.

   Yukk kita simak tepuk P5 
Berikut ini 


 
 P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD AL AZHAR 3 yaitu
 " LEKUNG " ( Lele dan Kangkung ).

    P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Kearifan Lokal para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat merupakan salah satu sentra pembibitan sayudan tanman hias sehingga perlu untuk dikenalkakepada peserta didik tentang keunggulan atau kearifan lokal yang ada di sekitar SD Al Azhar 3 Bandar Lampung.

Tema : Kearifan Lokal
Kutanam Sayuranku 


Macam macam jenis jenis tumbuhan 
tanaman obat obatan
Tanaman Hias

4. Contoh Soal

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

a. Peserta didik dapat memperhatikan gambar.

b. Peserta didik identifikasi aktivitas gotong royong pada gambar.

c. Peserta didik dapat menuliskan aktivitas pada gambar.





Tuliskn Aktivitas pada Gambar Di Atas



1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS

5.  Evaluasi   
💫 Kerjakan soal berikut dengan benar!  💫


                    1.    Sebutkan 2 kewajibanmu dirumah !

 

2.    Apa bukti bahwa kita mencintalingkungan sekitar !

 

3.    Sebutkan manfaat apabila lingkungan sekitar kita bersih !

 

4.    Sebutkan 2 contoh kegiatan bergotong royong dirumah !

 

5.    Sebutkan 2 manfaabergotong royong !

 

💢Mengamati  untuk kegiatan P5

1. Ananda sholeh sholeha merawat tanaman yang sudah di bawa di lingkungan sekitar sekolah 

6. Penutup

    Kesimpulan pembelajaran hari "Gotong royong  berasal dari kata gotong yang berarti bekerja dan juga royong yang berarti bersama.

Sehingga gotong royong bisa juga diartikan sebagai tindakan untuk melakukan sebuah pekerjaan secara bersama-sama.  . 

Se kesimpulan dari materi P5 yaitu tentang  " Kearifan Lokal "  P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentang pentingnya hidup berkelanjutan. Melalui tema Kearifan Lokal para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat merupakan salah satu sentra pembibitan sayudan tanman hias sehingga perlu untuk dikenalkakepada peserta didik tentang keunggulan atau kearifan lokal yang ada di sekitar SD Al Azhar 3 Bandar Lampung.

     Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami  Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 23 Februari 2024 kita yaitu P5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar