Senin, 12 September 2022

Materi Ajar T3 ST 2 PB 1

Hari/tanggal   : Senin, 12 September  2022

Kelas                : IV

Tema                : 3 (Peduli terhadap Makhluk Hidup) 

Sub tema         : 2 (keberagaman Makhluk Hidup di lingkungan ku)

Pembelajaran  : 1 

 Tujuan Pembelajaran :

a)         Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam dengan tepat.

b)        Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu menjelaskan upaya pelestarian hewan sebagai sumber daya alam dengan sistematis.



Assalamu'alaikum

Welcome back to my blog. 

Good morning my students.. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari Subtema 1 tentang Hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku ya di Tema 3 ini, dimana kita sudah berlatih berwawancara, dan juga memahami tentang hak dan kewajiban kita terhadap tumbuhan. 

Dan untuk hari ini kita akan memasuki Subtema 2 ya tentang Keberagaman Makhluk Hidup di lingkunganku.

Let's See this video

Pembelajaran 1

 

 

 

Jawablah pertanyaan berikut! 

1. Jelaskan mengapa burung cenderawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan dilestarikan.

Jawaban:

Burung Cenderawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan dilestarikan karena bulunya yang sangat indah,.

Selain itu, burung cenderawasih merupakan spesies endemik yang hanya terdapat di pulau Papua, dan memiliki peran penting dalam adat budaya suku-suku di Papua.


2. Keberadaan burung cenderawasih kian lama kian terancam. Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Jawaban:

Keberadaan burung cendrawasih semakin terancam karena adanya perburuan liar yang memanfaatkan keindahan bulu burung cendrawasih.

Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cenderawasih?

Jawaban:

Yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung Cendrawasih adalah:

1. Melestarikan habitat burung Cendrawasih.

2. Menindak pelaku perburuan burung Cendrawasih.

3. Melakukan penangkaran burung Cendrawasih.

3. Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cenderawasih? Deskripsikan!

Jawaban:

Burung cenderawasih tidak akan punah jika manusia tidak memburu burung cenderawasih.

Maka, perilaku manusia sangat berkaitan dengan burung cenderawasih. Untuk mempertahankan burung cenderawasih, dibuka suaka margasatwa untuk melindungi hewan-hewan yang punah.

Manusia harus selalu bekerja sama untuk melindungi dan melestarikan hewan-hewan yang punah.






Kamis, 08 September 2022

Materi Ajar T3 ST 1 PB 6

 Hari/ Tanggal : Jumat/ 09 September 2022

Kelas                : IV

Tema                :3 ( Peduli terhadap mahluk hidup) 

Sub tema         : 1 (Hewan dan Tumbuhan di lingkungan rumahku)

Pembelajaran  :  6 


Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran 6

1. Setelah membaca, mencermati langkah-langkah, dan berlatih, siswa mampu menerapkan keterampilan dalam melakukan wawancara dengan tepat. 

2. Dengan melakukan refleksi, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. 


Assalamu'alaikum, 
Welcome to my blog. 
Dan semoga semua dalam keadaan sehat. 

Kemarin kita sudah berdiskusi untuk membahas pertanyaan apa yg cocok diterapkan pada wawancara, macam pertanyaan itu ada adalah, apa, dimana, siapa, mengapa, bagaimana dan kapan, 

Untuk hari ini kita akan membahas tentang hal hal yang harus diperhatikan dalam melakukan wawancara yaitu pada Tema 3 Subtema 1 dan pembelajaran 6


Lets check this video.

Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 6




Ringkasan Materi


Pembelajaran 6

Sebelumnya kamu telah belajar bagaimana membuat pertanyaan yang baik untuk wawancara.
Agar hasil wawancara maksimal, maka pewancara perlu memperhatikan hal-hal penting berikut, baik sebelum melakukan wawancara, ketika melakukan wawancara, maupun setelah melakukan wawancara

Sebelum Melakukan Wawancara 
1. Buat janji dan minta kesediaan narasumber untuk diwawancarai. 
2. Tunjukkan kesan yang baik, misalnya datang tepat waktu. 
3. Berpakaian dengan sopan. 
4. Berbicara dan bersikap santun. 
5. Menyiapkan daftar pertanyaan yang sesuai dengan pokok permasalahan. 
6. Pertanyaan yang baik mengandung unsur ADIK SIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana). 
7. Berlatih agar tidak selalu membaca pertanyaan yang telah disusun.

Ketika Sedang Melakukan Wawancara 
1. Perkenalkan diri sebelum wawancara. 
2. Sampaikan tujuan wawancara. 
3. Mulai wawancara dengan pertanyaan yang ringan. 
4. Cairkan suasana dengan menanyakan tentang kegemaran tokoh. Jika suasana sudah cair, baru hubungkan dengan persoalan yang menjadi topik wawancara. 
5. Sebutkan nama narasumber secara lengkap. 
6. Bawa buku catatan, alat tulis, atau alat perekam saat melakukan wawancara. 
7. Dengarkan pendapat dan informasi dari narasumber secara saksama.
8. Hindari memotong ucapan nara sumber agar keterangan tidak terputus. 
9. Hindari minta pengulangan jawaban dari narasumber. 
10. Hindari pertanyaan yang berbelit-belit. 
11. Hormati petunjuk narasumber. 
12. Hindari pertanyaan yang menyinggung dan menyudutkan narasumber. 
13. Mampu mengambil kesimpulan dan tidak semua jawaban dicatat

Setelah Melakukan Wawancara 
1. Mohon diri. 
2. Ucapkan terima kasih. 
3. Sampaikan permohonan maaf jika selama wawancara ada hal yang kurang berkenan

Materi Ajar T3 ST 1 PB 4 dan 5

Hari/ Tanggal  : Kamis/ 08 September 2022

Kelas                : IV

Tema                :3 ( Peduli terhadap mahluk hidup) 

Sub tema         : 1 (Hewan dan Tumbuhan di lingkungan rumahku) 

Pembelajaran  :  4 dan 5


Tujuan pembelajaran

Pembelajaran 4

1. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan tumbuhan dengan terperinci.

2. Setelah bereksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara melakukan penaksiran bilangan pecahan dan persen dengan benar.

3. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri pertanyaan yang baik dengan benar. 


Pembelajaran 5

1. Dengan mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka. 

2. Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan diberikan panduan pertanyaan, siswa mampu menjelaskan cara mengapresiasi karya seni kolase. 




Assalamu'alaikum, 
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

Masih ingatkah kalian yang sudah kita pelajari kemarin? 
Iya benar sekali kita sudah membahas tentang bagian bagian dari tumbuhan, ada akar, barang, daun, bunga dan buah. 

Untuk hari ini kita akan membahas tentang hak dan kewajiban kita terhadap tumbuhan yang sudah kita bahas kemarin. 

Lets check this video..

Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 4



Ringkasan Materi 
Pembelajaran 4

Selain menggunakan dengan tidak berlebihan. Tanaman juga perlu kita 
rawat. Tanaman yang kita rawat menjadi subur. Ketika tanaman subur kita 
akan mendapatkan manfaat yang lebih baik dari tanaman.

Menurut cerita diatas
1. Siapakah yang bersikap lebih bijak terhadap tanaman? 
Lani lebih bijak terhadap tanaman dibandikan adik nya. Karena Lani merawat tanaman dengan bersungguh sungguh

2. Ketika adik Lani lupa menyiram tanaman apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? Adil Lani tidak melaksanakan kewajibannya menyiram tanaman. 

3. Mengapa memperoleh hak untuk mendapatkan tanaman subur itu penting? 
Karena tanaman yang subur memiliki banyak manfaat untuk kita semua.

Dibawah ini adalah kriteria dalam memilih dan mengelompokkan pertanyaan dalam melakukan wawancara



Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 5 


Pembelajaran 5

Dipembelajaran sebelumnya kita sudah belajar tentang padi. Perhatikan gambar berikut.



Dari teks diatas bisa kita simpulkan bahwa Kondisi dan karakteristik alam yang berbeda mempengaruhi jenis tumbuhan yang hidup di sekitar wilayah tersebut.

Tumbuhan di sekitar kita memberi banyak manfaat bagi manusia. Selain untuk makanan, tumbuhan juga dapat dimanfaatkan untuk karya seni, seperti karya seni kolase yang telah kamu buat.
Karya seni kolase itu bisa dipresiasikan. Apresiasi seni merupakan suatu penilaian terhadap suatu karya seni, mulai dari mengenali, menilai, dan menghargai makna atau nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni tersebut. Hasil karya seni kolase yang telah kalian buat menurut Miss sudah sangat bagus, ada yang membuat kolase ikan, bunga, tumbuhan, burung merak,dan lain lain. Miss harapkan kedepannya kalian bisa membuat kolase dengan lebih baik lagi. 



Rabu, 07 September 2022

Materi Ajar T3 ST1 PB 3

Hari/ Tanggal  : Rabu/ 07 September 2022

Kelas                : IV

Tema                :3 ( Peduli terhadap mahluk hidup) 

Sub tema         : 1 (Hewan dan Tumbuhan di lingkungan rumahku)

Pembelajaran  :  3


Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mengamati, siswa mampu mengidentifikasi bagian-bagian tumbuh tumbuhan dan fungsinya.

2. Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan tepat. 


Assalamu'alaikum, 
Good morning sholeh dan sholehah. Welcome to my blog. How are you this morning? I hope you are in a good condition.. 

Kemarin kita sudah membahas tentang tumbuhan padi dan berapa lama proses dalam pertumbuhan tanaman padi tersebut. Dan ingat juga tentang hal dan kewajiban kita terhadap makanan ya anak sholeh dan sholehah. 

Banyak macam tumbuhan yang bermanfaat untuk kehidupan sehari hari dan salah satunya adalah sebagai sumber energi kita. Maka sari itu ada baiknya kita juga mengetahui bagian bagian dari tumbuhan tersebut pada pembelajaran hari ini yaitu pembelajaran 3.

Lets check this video..

Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 



Ringkasan Materi

Pembelajaran 3

Lingkungan yang hijau berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Hal ini salah satunya karena manusia menghirup oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan. Tumbuhan hijau membuat segar udara karena menghasilkan oksigen. Sekarang mari kita mengenali bagian-bagian tumbuhan. Bacalah keterangan di bawah ini dengan saksama.




Tahukah kamu bahwa beberapa dari bagian tumbuhan tersebut berfungsi 
untuk membuat tumbuhan tersebut tetap lestari dan seimbang di alam? 
contoh bagian tumbuhan tersebut adalah biji. Biji merupakan cikal bakal bagi 
sebagian tumbuhan untuk terus bertahan sehingga terjaga kelestariannya.

Berikut adalah teks tentang upaya manusia dalam menjaga kelestarian lingkungan. 

1. Apakah kewajibanmu terhadap tumbuhan yang ada disekitar? 
Kewajibanku adalah merawat, meyiram dan memberi pupuk tanaman yang ada di sekitar. 

2. Manfaat apa yg bisa diperoleh dari bunga? 
Bunga bisa membuat lingkungan menjadi indah

3. Apabila tumbuhan berbunga wangi apa yang sebaiknya kamu lakukan? 
Akan merawat dengan baik dan memindahkan kedalam ruangan agar tetap wangi. 

Selasa, 06 September 2022

Materi Ajar T3 ST 1 PB 2

Hari/Tanggal     : Selasa/ 6 September 2022

Kelas                : IV

Tema                :3 ( Peduli terhadap mahluk hidup) 

Sub tema         : 1 (Hewan dan Tumbuhan di lingkungan sekitar mu) 

Pembelajaran  : 2 


Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran 2

1. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam memanfaatkan tumbuhan dengan benar.

2. Setelah bereksplorasi, siswa mampu menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran bilangan desimal dengan benar.

3. Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat kolase dari bahan alam dengan teknik yang kreatif. 

 

Assalamu'alaikum, 
Good morning everybody.. Welcome back to my blog. 
Semoga semua dalam keadaan sehat dan selalu semangat ya. 

Bagamana dengan praktek wawancara yang sudah kita lakukan kemarin, dan masih ingatkah kalian apa fungsi dari wawancara.. 
Iya benar sekali, wawancara fungsinya adalah untuk menggali informasi lebih terperinci atas sesuatu yang ingin kita ketahui. 

Untuk hari ini kita akan masuk ke pembelajaran 2 

Lets check this video.

Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2


 

Setiap hari Beni, Adik, dan kedua orang tuanya selalu makan malam bersama. Di keluarga Beni semua orang diberi kesempatan untuk mengambil nasi sendiri. Ibu Beni selalu berpesan, ambil secukupnya. Adik Beni, sering tidak menghabiskan nasinya. Alasannya karena ia sudah kenyang. Sering kali Ibu mengingatkannya. Namun, adik Beni belum juga mau menghabiskannya. Berbeda dengan adiknya, Beni selalu menghabiskan makanannya. Dia selalu mengambil secukupnya

 

Dari wacana diatas bisa kita simpilkan bahwa adik Beni tidak bijak terhadap makanan dikarenakan dia sering tidak menghabiskan makanan dikarenakan adik Beni sering mengambil nasi secara berlebihan. Dengan begitu tidak hanya ayah dan ibu saja yang dirugikan karena sudah bersusah payah dalam mecari uang untuk membeli beras, tetapi juga tanaman padi juga dirugikan karena tidak digunakan secara bijak.

 

Tanaman mempunyai banyak manfaat untuk manusia. Selain untuk makanan, tanaman juga menghasilkan oksigen. Kita berhak menikmati manfaat dari tanaman. Namun, kita juga wajib untuk bijak menggunakannya. Salah satu cara bijak dalam menikmati manfaat dari tanaman adalah dengan tidak membuang-buang makanan.

 Bagaimana dengan kalian apakah sudah memanfaatkan makanan dengan baik?

 

Banyak sekali tumbuhan yang bisa kita manfaatkan secara bijak untuk kebutuhan sehari hari.Salah satunya adalah tumbuh tumbuhan bisa kita buat menjadi hiasan yang menarik.Untuk hari ini mari kita berkreasi membuat kolase dari bahan alami yang ada disekitar kita.

 Apa itu kolase? Kolase merupakan karya seni tempel pada permukaan gambar. Amatilah kolase berikut.















































\frac{2}{100} = 0,02

\frac{1}{10} = 0,1 ; \frac{1}{100} = 0,01 ; \frac{1}{1000} = 0,001 ; \frac{1}{10000} = 0,0001



Minggu, 04 September 2022

Materi Ajar T3 ST 1 PB 1

 Hari/ Tanggal  : Senin/ 05 September 2022

Kelas                : IV

Tema                :3 ( Peduli terhadap mahluk hidup) 

Sub tema         : 1 (Hewan dan Tumbuhan di lingkungan rumahku)

Pembelajaran  : 1 


Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara dengan benar.

2. Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi masalah-masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.

3. Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.


Assalamu'alaikum, 
Good morning everyone.. Welcome back to my blog. 

Dan semoga semua dalam keadaan sehat. 
Bagaimana dengan pembelajaran energi yg sudah kita pelajari semoga dengan menghemat energi kita bisa menjaga sumber energi agar tidak habis dan juga kita bisa menggunakan energi alternatif disekitar kita untuk menjaga sumber energi. 

Dan sekarang kita masuk ke pembelajaran tema 3 subtema 1 pembelajaran 1 tentang mahluk hidup

Lets check this video..

Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 



Ringkasan Materi

Pembelajaran 1

Sebagian masyarakat Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Nasi berasal dari beras dan beras berasal dari padi. Mari kita mengenal padi.



Berdasarkan wacana diatas kita dapat menjawab pertanyaan berikut

1.Berikut adalah beberapa cara untuk mempertahankan padi tetap dapat dinikmati masyarakat Indonesia.

1. Menjaga bibit agar dapat ditanam kembali.

2. Menjaga lahan pertanian. Jangan sampai lahan digunakan untuk kebutuhan lainnya, misalnya dijadikan untuk mendirikan bangunan.

3. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Sampah akan menyebabkan banjir. Apabila terjadi banjir, maka tanaman padi tidak akan tumbuh.

4. Saluran air dijaga agar tetap mengalir.

5. Penggunaan beras yang tidak berlebihan.

Jumlah penduduk yang meningkat akan meningkatkan kebutuhan yang besar terhadap padi. Penggunaan beras sesuai kebutuhan akan sangat membantu

 Bisakah kalian membuat pertanyaan dari pernytaan diatas?

Contoh :

Mengapa penggunaan beras tidak boleh berlebihan?

Apakah banjir berdampak pada pertumbuhan tanaman padi?

 Perhatikan Gambar berikut