Rabu, 22 September 2021

Materi Ajar Rabu 22 September 2021

 Hari/Tanggal                           : Rabu, 22 September 2021

Kelas                                       : IV
Tema                                       : 3 (Peduli Terhadap Makhluk Hidup)

Subtema                                  : 3  Ayo Cinta Lingkungan

Pembelajaran                           : 5 dan 6

Alat peraga                              : Video dan gambar

 

Tujuan Pembelajaran

 

  1. siswa mampu menyelesaikan masalah yang terkait dengan  penaksiran operasi persen  dengan benar.
  2. siswa menyebutkan contoh sikap dalam melestarikan lingkungan sebagai bentuk kewajiban warga negara dengan benar

 

Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. 

Bismillahirrahmanirrahim. 

 Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari pembelajaran 3 & 4 tentang mengetahui memanfaatkan lahan kosong dengan dengan cara membuat apotek hidup dan mengetahui taksiran operasi bilangan desimal , Dan untuk hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran 5 & 6 ya tentang peduli terhadap lingkungan  disekitar serta belajar memahami contoh soal tentang  taksiran persen.

Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin


Ringkasan Materi

Matematika

 

Taksiran Persen

Perlu diingat,

# jika bilangan ke dua adalah 1, 2, 3, 4 maka bilangan pertama tetap dan bilangan di belakangnya dirubah menjadi 0.

#jika bilangan ke dua adalah 5, 6, 7, 8 dan 9  maka bilangan pertama di tambah 1 dan bilangan di belakangnya dirubah menjadi 0.

Contoh :

25,2 % dari 37500 = .....

Jawab : kita taksir 25,2 % = 25 %

37200 -> Kita taksir menjadi 40000

Jadi 25 % dari 40000

=25/100x 40000 = 10.000

Untul lebih jelasnya ananda dapat melihat video penjelasan berikut ini :



IPS

Menjaga  keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam merupakan tugas kita bersama. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan, dimulai dari hal yang kecil hingga yang besar. Tuhan menciptakan sumber daya alam untuk dapat dimanfaatkan oleh

manusia. Pemanfaatan sumber daya alam secara bijak adalah hal yang sangat penting untuk keseimbangan dan kelestarian alam. Sikap bijak tersebut merupakan wujud kecintaan terhadap lingkungan.


 

1.Apa saja yang dapat kita lakukan untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan?

2. Sikap apa yang mencerminkan tidak mencintai lingkungan?

3. Apa ciri-ciri warga yang mencintai lingkungan?

berikut ini adalah jawaban latihan di atas dengan menggunakan diagram Frayer:

 


Tugas  hari ini:

Membuat Video dengan menjawab pertanyaan berikut ini :

  1. Hal-hal penting apa saja yang kamu pelajari dalam Tema 3 ini ?
  2. Apa manfaat pelajaran tersebut untuk dirimu, orang lain dan lingkungan?
  3. Nilai –nilai apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari

Selasa, 21 September 2021

Materi Ajar Selasa 21 September 2021

Hari/Tanggal                           : Selasa , 21 September 2021

Kelas                                       : IV

Tema                                       : 3 (Peduli Terhadap Makhluk Hidup)

Subtema                                  : 3  Ayo Cinta Lingkungan

Pembelajaran                           : 3 dan 4

Alat peraga                              : Video dan gambar

 

Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa mampu menjelaskan penting  penghijauan sebagai salah satu upaya pelestarian sumber daya alam dengan lengkap.
  2. Siswa mampu melakukan praktek nyata untuk melestarikan sumber daya alam dan lingkungan mandiri
  3. Siswa mampu menjelaskan dampak dari melalaikan kewajiban menjaga lingkungan dengan terperinci.
  4. Siswa mampu menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah  maupun pecahan dan desimal.

 Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson, let’s say Basmallah. 

Bismillahirrahmanirrahim. 

 Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari Tema 3 Subtema 3 tentang Ayo Cinta Lingkungan Pembelajaran 1 dan 2 . Dan untuk hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran 3& 4 di Tema 3 Subtema 3 ya tentang Ayo Cinta Lingkungan. 

Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin

Oya anak sholeh dan sholehah , minggu lalu Miss Eva menyampaikan Materi Taksiran Pecahan ( Penjumlahan, Pengurangan dan perkalian Pecahan , Nah sebelum masuk ke pembelajaran 3 dan 4 bu guru akan menyampaikan Materi Tentang Taksiran Operasi Bilangan Desimal , Perhatian baik-baik ya nak 🙂

Let’s check this video.


Ringkasan Materi

Pembelajaran 3

 

IPA

Pemanfaatan lahan kosong di perkarangan sekolah atau rumah merupakan cara penghijauan sebagai wujud  perilaku peduli terhadap lingkungan.  Menanam tanaman pada lahan yang sudah lama tak terawat akan menyegarkan kembali lahan / tanah itu.  Salah satu  cara menghijaukan lahan dengan menanam tumbuhan yang bermanfaat bagi kita, misalnya tanaman obat (seperti kencur, jahe dan kunnyit) atau Apotek Hidup

Simaklah informasi berikut !



Contoh Apotek Hidup yang dapat kita buat, guna memanfaatkan lahan kosong yang ada di lingkungan pekarangan sekolah atau rumah.


PKN

Dari cerita di atas dapat kita simpulkan bahwa kita harus menyadari pentingnya merawat dan melestarikan hewan dan tumbuhan. Sikap tersebut merupakan sikap peduli kita terhadap lingkungan

Ringkasan Materi

Pembelajaran 4

PKN

 

Kita mempunyai kewajiban menjaga lingkungan. Contoh yang dapat kita lakukan yaitu dengan cara tidak menebang pohon sembarangan, tidak membuang sampah di sungai, tidak memburu hewan liar atau perilaku lainnya yang dapat merusak lingkungan. Kegiatan merusak lingkungan dapat menyebabkan kebanjiran, kebakaran hutan, tanah longsor dan banjir.


Latihan

1. Bagaimana cara mewujudkan sikap peduli lingkungan disekitar lingkungan sekolah atau rumah? 

2. Sebutkan beberapa tumbuhan yang termasuk apotek hidup? 

3. Hal Apa yang menyebabkan banjir dan apa dampaknya bagi masyarakat? 

Taksirlah hitungan bilangan dibawah ini

4. 2,7 + 7,1 =

5. 4,8 X 8,9 =


Senin, 20 September 2021

Materi Ajar Senin 20 September 2021

 Hari/Tanggal                           : Senin , 20 September 2021

Kelas                                       : IV
Tema                                       : 3 (Peduli Terhadap Makhluk Hidup)

Subtema                                  : 3  Ayo Cinta Lingkungan

Pembelajaran                           : 1 dan 2

Alat peraga                              : Video dan gambar

 

 

 

Tujuan Pembelajaran

1.      1.Siswa mampu mengidentifikasi pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.

2.      Siswa mampu menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dengan tepat

3.      Siswa mampu menganalisis hak dan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan dengan terperinci.

4.      Siswa mampu membuat montase dari bahan bekas dengan kreatif 

Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. 

Bismillahirrahmanirrahim. 

 Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari  Tema 3 Subtema 2 tentang Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku . Dan untuk hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran 1 & 2 di Tema 3 Subtema 3 ya tentang Ayo Cinta Lingkungan.

Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin

Let’s check this video.

VIDEO PEMBELAJARAN 1



 Ringkasan Pembelajaran 1 


IPS

Pemanfaatn sumber daya alam hayati

Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Sumber daya alam hayati meliputi hewan dan tumbuhan. Sebagai sumber daya alam, hewan dan tumbuhan di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Bentuk pemanfaatn sumber daya alam hayati sebagai berikut :

a.       Pertanian

Dalam bidang pertanian meliputi tanaman pangan seperti padi, jangung, ketela pohon dan ubi.

b.      Perkebunan

Tanaman yang yang diusahakan dalam kegiatan perkebunan antara lain tebu, tembakau, teh, kopi, kelapa sawit dan karet.

 

c.       Kehutanan

Kegiatan ini melestarikan hutan untuk kepentiangan manusia. Hasil dari kehutanan antara lain kayu, getah, obat-obatan  dan madu

d.      Peternakan

Kegiatan ini mengembangbiakkan hewan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat. Peternakan dibagi menjadi 3 yaitu peternakan besar meliputi, sapi, kerbau dan kuda. Peternakan kecil, meliputi kambing dan domba. Dan peternakan unggas antara lain, ayam, itik dan burung.

e.       Perikanan

Kegiatan ini menafaatkan sumber daya hayati perairan. Perikanan dibedakan menjadi 2 yaitu perikanan budidaya dan perikanan tangkap. Perikanan budidaya dilakukan dengan cara memelihara seperti nila, lele, udang, bandeng, kerang dan rumput laut. Sedangkan perikanan tangkap dilakukan dengan cara mengambil langsung dari alam misalnya dengan cara memancing, menjaringg dan menjala.

 

 IPA 




Dari gambar di atas ada hewan dan tumbuhan yang terawat dan tidak terawat. Si kap atau upaya yag dapat kita lakukan terhadap hewan dan tumbuhan tersebut yaitu dengan cara merawat hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah cara merawat hewan sebagai berikut :

a.       Menempatkan hewan di dalam kandang yang sesuai.

b.      Memberi makan dan minum secukupnya.

c.       Menempatkan kandang di tempat yang cukup sinar matahari.

d.      Membersihkan kandang setiap hari

e.       Mengobati hewan jika sakit.

Selain hewan peliharaan dan hewan ternak yang kita rawat dan jaga, hewan liar juga perlu dijaga dengan cara tidak melakukan perburuan liar. Karena perburuan liar dapat menyebabkan hewan liar berkurang dan punah.

Selanjutnya cara merawat tumbuhan sebagai berikut :

1.      Menyirami dengan air secara teratur.

2.      Memberikan pupuk tanaman yang sesuai.

3.      Menyingai rumput yang tumbuh di sekitarnya.

4.      Memangkas tanaman yang sudah besar dan lebat.

5.      Melindungi dari serangan hama dan penyakit.

.

Let’s check this video.

VIDEO PEMBELAJARAN 2

PKn

Sebagai warga negara, kita berkewajiban ikut menjaga dan melestarikan lingkungan alam agar terjaga kelestariannya. Caranya dengan membiasakan diri bersikap peduli terhadap lingkungan.

Berikut ini adalah contoh sikap peduli untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang dapat kita lakukan :

1.      Tidak berburu hewan secara liar dan tidak menebang pohon sembarangan.

2.      Melakukan tebang pilih (menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan)

3.      Melakukan reboisisasi (penghijauan kembali)

4.      Melakukan peremajaan tanaman

5.      Melaporkan kepada pihak berwenang jika mengetahui orang yang melakukan tindakan mengancam kelestarian tumbuhan dan hewan

Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)



 

Karya montase dihasilkan dari menggabungkan beberapa gambar yang sudah jadi. Gambar-gambar tersebut dipadukan hingga menghasilkan satu gambar baru.

Perbedaan antara montase dan mozaik, yaitu montase adalah menyusun ulang sesuatu (gambar) yang sudah ada dengan sesuatu (gambar) lainnya. Sedangkan mozaik itu membuat gambar dengan cara membentuk potongan – potongan kecil sehingga menjadi suatu gambar.   

Cara Membuat Montase

1.      Alat : gunting

2.      Bahan-bahan : majalah, koran , gambar-gambar yang akan dijadikan montase , kertas HVS atau karton dan lem.

3.      Langkah –langkah

a.      Potonglah gambar-gambar yang akan dijadikan montase, misalkan badan dan kepala berbeda.

b.      Guntinglah gambar tersebut yang dirasakan sudah cocok.

c.   Tempelkan gambar pada buku gambar yang sudah disiapkan dengan menggunakan lem.

d.      Lihat hasil montase yang dibuat

Latihan

a.      Mengerjakan Latihan di Modul tematik halaman 65-66 (bagian PKN, B. Indonesia, IPA, IPS dan SBdP saja ya nak )

b.      Tugas Portopolio

Membuat Montase dengan tema “ Cintai Lingkungan ’’ seperti contoh di buku Tema 3 Halaman 106

Dikumpulkan di hari Selasa ya nak 

 

Jumat, 17 September 2021

Materi Ajar Jumat 17 September 2021

 Hari/tanggal   : Jum'at, 17 September  2021

Kelas                : IV

Tema                : 3 (Peduli terhadap Makhluk Hidup) 

Sub tema         : 2 (keberagaman Makhluk Hidup di lingkungan ku)

Pembelajaran  : PENILAIAN HARIAN SUBTEMA 1 & 2

 Tujuan Pembelajaran :

 A) setelah mempelajari Tema 3 sub tema 1 siswa dapat mengerjakan soal penilaian harian 

B) setelah mempelajari tema 3 sub tema 2 siswa dapat mengerjakan soal penilaian harian

 

Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. 

Bismillahirrahmanirrahim. 

 Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari tema 3 sub tema 1 & 2 tentang keberagaman makhluk hidup di lingkungan sekitar rumah mu. Dan untuk hari kalian akan mengerjakan soal penilaian harian nya untuk mengukur seberapa paham kalian pada materi di sub tema 1 & 2 ini ya. 

Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin

Let’s CLICK this Link

Penilaian harian Tema 3 Sub tema 1 & 2

Selamat mengerjakan dan tetap semangat ya anak soleh dan solehah🥰🥰🥰🥰

 

Rabu, 15 September 2021

Materi Ajar Rabu 15 September 2021

 Hari/tanggal   : Rabu, 15 September  2021

Kelas                : IV

Tema                : 3 (Peduli terhadap Makhluk Hidup) 

Sub tema         : 2 (keberagaman Makhluk Hidup di lingkungan ku)

Pembelajaran  : 5 & 6

 Tujuan Pembelajaran :

 a)      Dengan mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan informasi tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka dengan terperinci.

b)      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan diberikan panduan pertanyaan, siswa mampu mengapresiasi hasil karya seni mozaik dengan rasa percaya diri yang tinggi.

c)      Setelah membaca, mencermati langkah-langkah dan berlatih, siswa mampu menjelaskan cara menulis laporan hasil wawancara dengan baik.

d)      Setelah memahami siswa dapat mengerjakan soal tentang taksiran pecahan

 

Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. 

Bismillahirrahmanirrahim. 

 Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari pembelajaran 3 & 4 tentang mengetahui hak dan kewajiban kita dalam merawat hewan peliharaan serta bagian bagian tubuh hewan tersebut ya di Tema 3 ini, Dan untuk hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran 5 & 6 ya tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan Sumber daya alam di lingkungan sekitar serta mengerjakan soal taksiran pecahan.

Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin

Let’s check this video.

VIDEO PEMBELAJARAN 5


 

RINGKASAN MATERI  PEMBELAJARAN 5

Hewan merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Tahukah kamu, bahwa Tuhan menciptakan hewan dengan bentuk dan jenis yang berbeda-beda. Setiap jenis hewan memiliki tempat hidup dengan karakteristik masing-masing. Tempat hidup tergantung kepada ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh hewan tersebut. Ciri-ciri khusus hewan
mempunyai hubungan yang erat dengan karakteristik tempat hidupnya.



Kondisi dan karakteristik alam yang berbeda mempengaruhi jenis hewan yang hidup di sekitar wilayah tersebut.
Ayo, cari tahu tentang kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitarmu (iklim, lapisan tanah, dan bentuk muka bumi).
Hewan apa saja yang cocok hidup di wilayah tersebut?
Kelompokkan hewan tersebut berdasarkan karakteristik tempat hidupnya.
Kamu dapat menggali informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, internet, atau narasumber).

Ringkasan Materi Pembelajaran 6

Setelah kalian melakukan wawancara pada subtema 1 kemarin bersama narasumbernya, berikut adalah contoh menulis laporan hasil wawancara. (bisa dibuka di buku tema 3 kalian halaman 90)


MATEMATIKA

Taksiran Pecahan

Bagaimana menaksirkan hasil perkalian pecahan?
Masih ingatkan kamu dengan pecahan acuan? Pecahan acuan adalah 0, ½ , 1.
 agar lebih paham perhatikan video pembelajaran berikut tentang taksiran Pecahan (penjumlahan, Pengurangan, serta perkalian pecahan)


 

TUGAS HARI INI

Taksirlah soal pecahan berikut ini!

Unduh 77 Gambar Animasi Bergerak Semangat HD Paling Keren - Gambar Animasi